Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Tahu Manfaat Olahraga Saat Mengandung? Ini Dia Manfaat Olahraga yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Ingin Tahu Manfaat Olahraga Saat Mengandung? Ini Dia Manfaat Olahraga yang Sehat Untuk Ibu Hamil - Ketahuilah bahwa melakukan olahraga untuk ibu hamil akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan ibu maupun calon bayi. Namun manfaat olahraga ini tentu akan didapatkan jika melakukannya secara teratur dan disesuaikan dengan kondisi tubuh maupun kehamilan.

Lantaran beberapa Ibu memiliki resiko kehamilan atau riwayat kesehatan yang kurang mendukung untuk aktivitas olahraga tertentu. Itulah sebabnya sangat penting melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga saat tengah mengandung. Nah, supaya lebih jelasnya Anda bisa memperhatikan beberapa manfaat dari olahraga berikut ini.

olahraga yang sehat untuk ibu hamil

Manfaat Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil

Mengurangi resiko komplikasi kehamilan

Beberapa pakar ahli menyatakan bahwa melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil bisa mengurangi resiko komplikasi saat hamil maupun melahirkan. Beberapa komplikasi tersebut antara lain seperti diabetes gestasional dan resiko operasi cesar yang tidak direncanakan terlebih dahulu.

Kelainan atau gangguan kesehatan pada bayi baru lahir

Kondisi kesehatan disebabkan lantaran olahraga bisa menurunkan resiko kenaikan berat badan berlebih, sehingga memberikan resiko bayi makrosomia atau berukuran besar. Selain itu ada beberapa gangguan kesehatan lain dan juga beresiko dialami calon bayi jika Ibu memiliki kondisi kurang baik selama kehamilan.

Meningkatkan suasana hati

Ibu hamil lebih rentan mengalami depresi atau kecemasan, sehingga sangat diperlukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil. Ketahuilah bahwa dengan olahraga, tubuh ibu akan menghasilkan hormon endorfin yang lebih tinggi sehingga meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres selama kehamilan.

Menurunkan tekanan darah

Tahukah Anda jika adanya riwayat penyakit seperti tekanan darah selama kehamilan bisa meningkatkan resiko kesehatan yang kurang baik bagi ibu dan calon bayi? Ketahuilah bahwa kondisi kesehatan ini bisa menyebabkan ibu mengalami preeklamsia atau kejang akibat tekanan darah yang terlalu tinggi. Untuk menurunkan tekanan darah tersebut ada baiknya ibu melakukan olahraga secara teratur selama masa kehamilan.

Meringankan sakit pinggang dan panggul

Ibu hamil sangat identik dengan perut yang semakin membesar seiring dengan usia kehamilan yang makin bertambah. Sehingga sangat wajar jika ibu hamil mengalami banyak tekanan pada tubuh bagian bawah yang mengakibatkan munculnya rasa nyeri pada pinggang maupun panggul. Untuk mengatasi masalah dan gangguan tersebut, calon ibu sangat disarankan melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil secara rutin dan bertahap.

Mengurangi rasa lelah

Beberapa ibu hamil seringkali menganggap bahwa melakukan olahraga selama kehamilan beresiko meningkatkan kelelahan. Padahal latihan pergerakan ini justru mengurangi dan meminimalisir rasa lelah yang muncul akibat beban tubuh yang semakin berat. Penyebabnya adalah ibu sudah terbiasa untuk melakukan aktivitas yang sedikit lebih berat, sehingga tidak akan merasa terbebani dengan ukuran perut yang semakin membesar.

Memperbaiki kualitas tidur

Kesulitan tidur menjadi salah satu keluhan yang sering diderita ibu hamil, terutama bagi ibu yang sedang berada di trimester pertama. Untuk mengatasi keluhan ini, lakukanlah olahraga yang sehat untuk ibu hamil secara konsisten demi peningkatan kualitas tidur yang makin baik. Dengan begini andapun bisa terbangun dengan perasaan yang lebih bahagia dan terhindar dari rasa ngantuk setelah tidur semalaman.

Manfaat dari melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil secara teratur memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh ibu dan calon bayi. Namun hal penting yang harus diingat yaitu selalu melakukan olahraga sesuai kemampuan dan jangan terlalu memaksakan untuk melakukan olahraga berat.


Post a comment for "Ingin Tahu Manfaat Olahraga Saat Mengandung? Ini Dia Manfaat Olahraga yang Sehat Untuk Ibu Hamil"