Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Imbangi Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda dengan Konsumsi Nutrisi Penting Ini

Imbangi olahraga sehat untuk ibu hamil muda dengan konsumsi nutrisi penting ini. Olahraga adalah hal yang penting bagi ibu hamil. Namun yang tidak boleh terlewat, ibu hamil muda juga wajib memenuhi nutrisi untuk tumbuh kembang si janin dalam kandungan. Karena nutrisi inilah yang kemudian dapat menjadi bahan bakar untuk ibu hamil melakukan segala aktivitas termasuk berolahraga.

Hal ini meskipun olahraga dapat membantu percepat kematangan sel otak si janin. Tubuh tetap memerlukan nutrisi untuk kelangsungan hidup ibu hamil dan bayinya. Sebab jika asupan nutrisinya kurang akan membuat mengganggu pertumbuhan si janin, seperti kurangnya berat badan ketika lahir, hambatan tumbuh-kembang, hingga menyebabkan cacat bawaan lahir.

olahraga sehat untuk ibu hamil muda 

Nutrisi penting yang imbangi olahraga sehat untuk ibu hamil muda

Nutrisi apa sih yang diperlukan ibu hamil? Berikut ini adalah nutrisi penting yang imbangi olahraga sehat untuk ibu hamil muda.

Karbohidrat

Ibu hamil sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dari zat tepung seperti nasi dan roti. Selain itu, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi buah yang mengandung karbohidrat tinggi. Karbohidrat inilah yang kemudian akan diubah menjadi energi bagi ibu dan pertumbuhan si janin. Kekurangan karbohidrat atau sengaja mengurangi asupan karbohidrat ketika hamil dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat.

Protein

Selain karbohidrat, nutrisi pendukung olahraga sehat untuk ibu hamil muda lainnya yakni protein. Ibu hamil memerlukan setidak-tidaknya 40 hingga 70 gram protein setiap harinya. Kebutuhan ini dapat ibu hamil penuhi dengan mengonsumsi makanan kaya protein. Protein dari bahan nabati bisa ditemukan dari kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang hijau. Sedangkan protein hewani bisa diperoleh dari telur dan daging.

Zat besi

Kebutuhan nutrisi tubuh berikutnya yakni zat besi. Nutrisi ini berfungsi sebagai pembentuk Hb yang berperan sebagai pembawa O2 ke seluruh tubuh, termasuk mentransfernya pada janin melalui sel darah merah. Pemenuhan zat besi ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi ikan, daging tanpa lemak, tahu, dan beberapa makanan lainnya. banyak studi mengungkapkan bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan risiko bayi lahir secara prematur.

Serat dan vitamin

Kebutuhan nutrisi tubuh berikutnya yakni serat dan vitamin. Pemenuhan nutrisi ini dapat menghindarkan ibu hamil mengalami sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Di antara sayur dan buah yang kaya serat dan vitamin adalah pir, melon, apel, dan mangga. Selain itu, untuk mencegah sembelit dapat dilakukan dengan rutin menjalankan olahraga sehat untuk ibu hamil muda.

Kalsium

Kalsium adalah nutrisi harian yang harus ibu hamil lakukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si janin dalam kandungan. Nutrisi ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi tiga gelas susu setiap harinya. Jika ibu hamil tidak menyukai susu sapi, maka asupan kalsium ini dapat diganti dengan pengonsumsian tiga gelas susu kedelai murni setiap harinya.

Dokter kandungan tentunya sangat menganjurkan supaya ibu hamil mencukupi kebutuhan nutrisi bagi ibu dan si janin. Selain itu, dokter juga akan menganjurkan untuk melakukan beberapa olahraga sehat untuk ibu hamil muda yang ringan dan aman bagi kandungan. Di antara olahraga-olahraga tersebut yakni jalan pagi, bersepeda, yoga, pilates, dan lain sebagainya.

Masing-masing individu memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Ini dapat tergantung pada berat badan, usia ibu hamil, usia kandungan, maupun aktivitas fisik yang dilakukan oleh ibu hamil. Karena itulah, sangat dianjurkan untuk ibu hamil mengonsultasikan asupan makanan dan olahraga sehat untuk ibu hamil muda yang bisa dilakukan dan aman bagi kandungannya.

Post a comment for "Imbangi Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda dengan Konsumsi Nutrisi Penting Ini"