Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hindari Olahraga Ini, Pilih Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda Saja!

Hindari olahraga ini, pilih olahraga sehat untuk ibu hamil muda saja. Banyak manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil dengan menjalankan hidup sehat. di antaranya yakni dilakukan dengan menerapkan pola makan sehat, tidur cukup, dan rutin berolahraga. Meski begitu, tidak sembarang olahraga bisa dilakukan bagi ibu hamil.

Ini karena sebaiknya olahraga yang dipilih adalah olahraga ringan yang aman bagi kehamilan. Dengan kata lain, beberapa jenis olahraga memang tidak disarankan dan sebaiknya dihindari bagi ibu hamil. Di antara kriteria olahraga yang harus dihindari yakni olahraga kontak, dan olah raga yang melibatkan unsur ketinggian, kedalaman, keseimbangan, dan lain sebagainya.

olahraga sehat untuk ibu hamil muda 

Hindari Olahraga yang Berbahaya Bagi Usia Kandungan di Trisemester Pertama Ini

Beberapa olahraga ini adalah olahraga yang sehat jika dilakukan sebelum masa kehamilan. Namun mengikuti kondisi tubuh ketika trisemester awal kehamilan, sebaiknya hindari beberapa olahraga di bawah ini dan ganti dengan olahraga sehat untuk ibu hamil muda saja.

Sit up

Sit up umumnya identik dijadikan sebagai olahraga yang dapat membentuk otot perut dengan cepat. Akan tetapi, bagi ibu hamil dianjurkan untuk tidak melakukan olahraga yang satu ini, terutama pasa usia kehamilan trisemester pertama. Ini karena olahraga ini akan menekan perut dan menyebabkan oksigen terhambat. Efek yang terburuk melakukan olahraga ini selama hamil muda yakni dapat menyebabkan keguguran.

Running

Berlari atau running adalah olahraga murah meriah yang memungkinkan anda dapat menggerakkan seluruh tubuh. Meski begitu, anda disarankan untuk mengurangi kebiasaan yang meski positif ini. Hal ini karena running dapat berisiko membuat janin dalam kandungan tidak kuat dan menjadi sebab keguguran. Karena itu, ibu hamil dapat memilih olahraga sehat untuk ibu hamil muda lainnya saja, salah satunya adalah jalan pagi.

Bersepeda

Salah satu kriteria jenis olahraga yang harus dihindari ketika sedang hamil adalah olahraga yang melibatkan keseimbangan. Tentu salah satunya adalah bersepeda. Hal ini karena bersepeda di luar ruangan selain berisiko mengalami kecelakan, bersepeda juga tidak bisa dilepaskan dari risiko cedera. Meski begitu, ada alternatif bagi ibu hamil yang ingin bersepeda yakni dengan menggunakan sepeda statis.

Aerobic

Aerobic merupakan jenis olahraga yang menggabungkan unsur musik dan gerakan. Olahraga ini menjadi olahraga yang paling diminati oleh para wanita karena secara efektif bisa cepat membakar kalori. Akan tetapi, sangat disarankan bagi anda menghindari olahraga ini ketika hamil. Sebab otot-otot yang kaku akan membuat tubuh ibu hamil mudah cedera. Oleh karena itu, disarankan bagi ibu hamil untuk memilih olahraga sehat untuk ibu hamil muda yang lebih aman lainnya.

Lompat tali

Selain aerobic, lompat tali adalah olahraga yang banyak dilakukan karena dapat membakar kalori dengan cepat. Namun bagi ibu hamil muda, disarankan untuk memilih olahraga sehat untuk ibu hamil muda yang lain saja, sebab lompatan setinggi tali yang dilakukan ibu berisiko menyebabkan keguguran pada janin.

Basket

Olahraga kontak atau contact sport seperti basket, misalnya, merupakan olahraga yang sebaiknya tidak dilakukan ketika sedang hamil muda. Ini karena olahaga ini mengharuskan anda untuk berlari, menghentak-hentakkan kaki, hingga melakukan lompatan. Seperti juga lompat tali, getaran-getaran ini dapat membuat stress pada janin. Karena itu, sangat disarankan untuk menghindari olahraga ini dan menggantinya dengan olahraga sehat untuk ibu hamil muda.

Olahraga memang memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, termasuk bagi ibu hamil. Olahraga sehat untuk ibu hamil muda yang dilakukan secara rutin bahkan dapat berdampak positif pada lancarnya proses persalinan yang akan dilakukannya nanti. Namun dengan catatan bahwa olahraga yang dipilih adalah olahraga yang aman bagi kehamilan dan dilakukan dengan cara yang benar.

 

Post a comment for "Hindari Olahraga Ini, Pilih Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda Saja!"