Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gerakan Yoga Beserta Manfaatnya sebagai Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil

Gerakan Yoga Beserta Manfaatnya sebagai Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil - Yoga merupakan olahraga yang baik dan dianjurkan untuk ibu hamil, lantaran bisa membuat tubuh lebih fit dan melenturkan otot-otot yang mengencang selama kehamilan. Sering kali, kekakuan otot ini terjadi karena perubahan hormon yang tidak seimbang selama kondisi hamil. Selain itu, yoga ini juga dapat melenturkan otot-otot yang berada di area panggul dan vagina ibu hamil. Gunanya adalah untuk melancarkan proses kelahiran calon bayi agar lebih cepat dan mengurangi rasa sakit yang muncul. Nah berikut ini beberapa gerakan yoga yang tepat untuk ibu hamil dan bisa dicoba melalui bantuan instruktur.

olahraga yang sehat untuk ibu hamil

Gerakan Yoga sebagai Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil

Gerakan Butterfly akan membantu mempercepat proses pembukaan

Gerakan dari pose yoga ini bisa dikatakan sebagai posisi terbaik dari semua pose yoga, di mana gerakannya mampu melatih kelenturan otot bagian panggul maupun paha dalam. Sehingga melakukannya selama hamil dipercayai bisa membantu dalam mengarahkan posisi kepala bayi agar berada di bawah dekat panggul. Maka tak heran jika gerakan olahraga yang sehat untuk ibu hamil ini sangat dianjurkan, terlebih jika calon bayi mungkin masih ada di posisi sungsang yang bisa mempersulit jalannya persalinan. Tujuannya adalah supaya bayi dapat lebih terarah ke bagian panggul.

Cat cow untuk mengurangi rasa pegal

Pose yoga ini cocok bagi ibu yang sering mengeluh nyeri punggung, terlebih jika perut sudah semakin membesar dan mengharuskan tulang punggung untuk menopangnya. Kondisi berat perut yang lebih besar inilah yang menyebabkan munculnya rasa pegal dan nyeri. Dengan melakukan pose yoga yang satu ini, diharapkan ibu bisa melenturkan otot-otot punggung yang kemungkinan menjadi tegang. Anda bisa melakukan gerakan menekuk dan merenggang agar otot jadi lebih lemas, lalu lakukan hingga 6 set yang masing-masingnya 8 kali.

Warrior II bisa dilakukan untuk menguatkan otot kaki dan paham

Olahraga yang sehat untuk ibu hamil melalui yoga selanjutnya yaitu melakukan gerakan Warrior ll. Gerakan ini sangatlah baik untuk menguatkan otot kaki serta paha bagian dalam dan bisa anda lakukan dengan merenggangkan kaki, lalu bagian tangan ke arah depan dan belakang. Tariklah kaki kiri Anda dan tekuk kaki kanan, gunakan hingga 8 hitungan dan ganti kaki yang lain. Anda perlu menarik nafas dalam-dalam ketika melakukan peregangan, agar badan ibu tetap dalam kondisi yang rileks.

Bridge berperan untuk melatih otot vagina, paha, dan lutut

Posisi yoga Bridge bisa dilakukan pada usia kehamilan berapapun, lantaran bermanfaat dalam melatih otot bagian vagina, paha, dan juga lutut. Cara melakukannya adalah dengan tidur terlentang, tekuklah kedua kaki dengan kedua tangan berada tepat di samping badan dalam posisi telungkup. Lalu angkat pinggul sejauh mungkin hinggaa yang bisa anda lakukan. Lakukan dengan menghitung hingga 8 kali hitungan, kemudian ulangi kembali hingga 6 set.

King pigeon melenturkan otot panggul

Saat hamil, biasanya para calon ibu akan kerap merasakan pegal di bagian punggung dan pinggang. Sehingga bagi calon ibu disarankan untuk melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil, salah satunya dengan menjajal gerakan atau pose King pigeon agar otot-otot tersebut lebih lentur.

Kondisi ini tentu akan memudahkan ibu dalam menjalani proses persalinan. Melakukan aktifitas olahraga yang sehat untuk ibu hamil melalui yoga, memang menjadi alternatif tepat selama masa kehamilan. Namun jangan lupa juga untuk tetap konsumsi air ketika tengah melakukan olahraga tersebut, supaya ibu tidak mengalami dehidrasi.


Post a comment for "Gerakan Yoga Beserta Manfaatnya sebagai Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil"