Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Frequently Asked Questions (FAQ) Tentang Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

Frequently Asked Questions (FAQ) Tentang Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil. Banyak ibu-ibu baru atau bahkan yang sudah berpengalaman mungkin masih ragu dengan olahraga yang dilakukan selama kehamilan. Untuk itu kami mencoba merangkum beberapa pertanyaan berikut supaya bisa meringankan keraguan Anda. Terutama untuk Anda yang gemar berolahraga sebelum kehamilan. Pertanyaan yang sering diajukan berikut ini meliputi olahraga apa yang harus Anda coba atau hindari selama kehamilan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca ulasan berikut.

olahraga sehat untuk ibu hamil

FAQ Tentang Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

Apakah aman untuk berolahraga selama kehamilan?

Banyak bentuk olahraga benar-benar aman selama kehamilan dan bermanfaat bagi kesehatan Anda dan bayi Anda. Jika Anda sudah berolahraga secara teratur sebelumnya, maka Anda bisa meneruskannya, meskipun Anda mungkin perlu mengubah rutinitas tersebut. Sementara jika Anda jarang berolahraga, maka Anda harus mulai dengan aktivitas aerobik yang mudah selama 5 menit per hari. Lalu selanjutnya Anda bisa meningkatkan ini menjadi 30 menit per hari.

Olahraga apa yang harus Anda lakukan selama kehamilan?

Jenis olahraga sehat untuk ibu hamil yang terbukti aman dan banyak direkomendasikan para ahli yaitu olahraga yang berdampak rendah. Contohnya seperti: berjalan, bersepeda, atau renang. Beberapa kelas kebugaran seperti yoga dan pilates juga cukup aman dilakukan. Ini bahkan bisa membuat tubuh Anda lebih fleksibel. Selanjutnya yakni pelatihan kekuatan dengan bobot ringan hingga sedang, ini bisa menguatkan otot tubuh Anda. Lalu olahraga lari, ini bisa diteruskan jika sebelumnya Anda memang gemar berlari atau merupakan seorang atlet lari.

Olahraga apa yang harus Anda hindari saat hamil?

Anda harus menahan diri dari aktivitas yang memiliki risiko jatuh atau cedera, terutama olahraga yang berdampak tinggi dan memiliki kontak fisik. Contoh olahraga yang berisiko membuat jatuh seperti: bermain seluncur, olahraga senam, tenis, menunggang kuda, dan angkat beban berat. Sementara untuk olahraga yang memerlukan kontak fisik yang harus dihindari meliputi: sepak bola, basket, voli, dan sebagainya. Olahraga lari juga mungkin harus dihindari, terutama untuk Anda yang masih pemula.

Apakah kehamilan bisa memengaruhi kemampuan untuk berolahraga?

Selama kehamilan, tubuh Anda cenderung melepaskan hormon yang dapat melonggarkan ligamen. Ini mungkin bermanfaat untuk mengembangkan panggul Anda, namun ini juga memengaruhi mobilitas persendian yang lain. Untuk itulah sangat penting menghindari olahraga sehat untuk ibu hamil dengan dampak yang tinggi. Karena ini akan menempatkan Anda pada risiko cedera yang lebih tinggi.

Sementara itu, perut Anda yang semakin besar juga bisa menyebabkan pusat gravitasi Anda bergeser ke depan. Untuk itu, hindari aktivitas yang membutuhkan perubahan arah dengan cepat, karena ini memungkinkan Anda terjatuh. Selain itu, Anda mungkin mengalami lebih banyak ketegangan otot dan sakit punggung akibat stres membawa beban ekstra. Jadi jangan terlalu memaksakan untuk latihan beban yang terlalu berat. Terakhir, Anda mungkin butuh lebih banyak cairan untuk menghindari panas berlebih dan dehidrasi selama kehamilan.

Apa manfaat berolahraga selama kehamilan?

Dokter menyarankan olahraga sehat untuk ibu hamil, setidaknya 30 menit setiap hari. Ini memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, termasuk dapat meningkatkan mood dan memperbaiki siklus tidur. Olahraga juga dapat meningkatkan energi, sehingga Anda tidak gampang lelah. Ini juga dapat menjaga postur tubuh Anda tetap baik sehingga bisa mengurangi nyeri sendi dan otot. Olahraga juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mencegah dan mengobati diabetes, serta mengurangi gejala kehamilan yang tidak menyenangkan.

Umumnya olahraga sehat untuk ibu hamil itu tidak dilarang. Ini malah direkomendasikan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar selama kehamilan. Sementara itu, beberapa kondisi kehamilan mungkin akan memengaruhi aktivitas olahraga Anda. Untuk itu pastikan Anda melakukan olahraga tersebut dengan aman, dan berhentilah ketika Anda merasa tidak nyaman.

Post a comment for "Frequently Asked Questions (FAQ) Tentang Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil"