Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Aman Diet Untuk Penderita Vertigo Agar Tidak Mudah Kambuh

Qsehat.com - Vertigo adalah gejala pusing yang dialami penderita pada kasus yang sudah parah, karena merasa seolah tubuh berputar-putar. Tingkatan vertigo setiap orang berbeda, tergantung pada kondisi setiap individu. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu caranya dengan menjalani diet untuk penderita vertigo agar dapat mengurangi nyeri.

Vertigo jika tidak segera ditangani tentu akan menganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu penting dalam mencari tips agar vertigo tidak kambuh lagi. Penyakit satu ini tidak bisa dianggap remeh, karena dikhawatirkan akan berakibat fatal. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan melakukan diet. Berikut cara diet yang tepat.

diet untuk penderita vertigo
diet untuk penderita vertigo

Cara Aman Diet Untuk Penderita Vertigo


Bagi Anda penderita vertigo, bisa melaksanakan beberapa aturan diet sehat berikut ini:

1. Makan Buah

Menjaga asupan makanan adalah hal penting dalam menerapkan pola hidup sehat. Dengan melakukan diet untuk penderita vertigo, maka akan meminimalisir penyakit vertigo kambuh lagi. Apapun yang masuk ke dalam tubuh sangat berpengaruh untuk kondisi tubuh, penting untuk selalu menjaga asupan makanan yang bergizi.

Buah lemon mengandung vitamin C, yang mana penting kandungan vitamin untuk penderita vertigo. Vitamin C dapat memperkuat imunitas tubuh, sehingga vertigo tidak mudah kambuh. Buah lemon dapat dikonsumsi dengan cara mengambil sari lemonnya, kemudian dicampur dengan air hangat. Minum secara rutin dua kali sehari.

Buah alpukat salah satu rekomendasi diet untuk penderita vertigo. Alpukat mengandung vitamin B6 merupakan lemak tak jenuh yang cocok untuk menjaga vertigo tidak kambuh. Cara mengonsumsi buah alpukat dengan cara dimakan secara langsung atau buah alpukat dijadikan jus buah. Tentu hal ini akan disukai penderita vertigo.

Dengan makan banyak buahan untuk vertigo menjadikan tubuh kembali sehat dan segar. Kandungan buah didalamnya mampu menghambat nyeri di kepala hadir. Sehingga mampu untuk beraktifitas secara maksimal.

2. Makan Sayur
 

Sayur-sayuran memiliki kandungan vitamin dan berbagai kandungan lainnya seperti serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Makan sayur sebagai bentuk diet untuk penderita vertigo. Vertigo jika segera ditangani dengan menjaga pola makan sehat tidak akan berkibat fatal. Untuk itu setiap apa yang masuk ke dalam tubuh harus diperhatikan.

Vertigo akan mudah ditangani dan mudah menghilangkan vertigo selamanya jika ada keinginan kuat dari penderita. Sayuran seperti bayam dapat menjadi salah satu rekomendasi. Bayam mengandung vitamin E yang berfungsi melancarkan aliran darah dan kandungan serat di dalam bayam mampu untuk melancarkan pencernaan.

3. Istirahat Cukup

Banyak orang yang mengabaikan jam istirahatnya, padahal dengan istirahat sejenak, mampu
menyegarkan kembali pikiran. Salah satu diet untuk penderita vertigo adalah mengetahui kondisi tubuh diri sendiri saat mulai lelah. Jika lelah mulai terasa, maka harus istirahat sejenak. Rasa lelah yang berkempanjangan sebagai pemicu vertigo.

Cara tidur orang vertigo yang benar adalah dengan cara mencari posisi nyaman saat tidur. Pertama, hindari posisi tidur miring pada sisi kepala yang terasa nyeri akibat vertigo. Kedua, beri penerangan yang cukup untuk bangun di malam hari agar pusing tidak melanda kembali. Ketiga, posisikan kepala lebih atas dibanding tubuh penderita.

4. Susu dan Kopi Anti Vertigo

Susu dan kopi adalah penambah asupan diet untuk penderita vertigo. Kandungan didalam susu, mengandung vitamin B6 seperti halnya buah alpukat. Dengan memperbanyak asupan tambahan yang bergizi, akan memaksimalkan tubuh untuk memproduksi imunitas. Imunitas tersebut menjadikan tidak mudah gampang sakit.

Kopi sebagai obat vertigo yang ampuh menghilangkan rasa nyeri. Hal ini menjadi bahasan pro dan kontra, karena ada yang berpendapat kafein dapat memicu sakit kepala. Di sisi lain kandungan kafein dalam kopi juga mampu sebagai obat rasa nyeri. Dalam hal ini yang terpenting, meminumnya tidak terlalu besar dan sesuai kebutuhan.

Mengetahui Penyebab Vertigo

Mencari tahu penyebab vertigo adalah cara jitu agar dapat meminimalisir kambuh kembali. Meskipun cara diet untuk penderita vertigo telah dilakukan, namun jika melakukan pantangannya, tentu hasil diet akan sia-sia.

Selain menjaga pola makan, yang tak kalah penting mengetahui penyebab vertigo kambuh, diantaranya makan makanan tinggi lemak dan gorengan. Dua makanan ini memicu asam lambung menjadi naik yang menjadikan vertigo kambuh lagi. Akan maksimal jika menjaga pola hidup sehat dengan cara yang maksimal.

Demikian tips diet untuk penderita vertigo yang dapat dilakukan di rumah. Dengan konsisten menerapkan tips tersebut, tubuh sehat akan dirasakan. Semoga tips tersebut bermanfaat dan menjadikan aktivitas lebih maksimal dengan tubuh yang sehat.

Post a comment for "4 Cara Aman Diet Untuk Penderita Vertigo Agar Tidak Mudah Kambuh"