Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terapkan 7 Cara Diet Penyakit Hipertensi Ini Agar Gejala Tidak Muncul!

Qsehat.com - Diet penyakit hipertensi adalah diet ditujukan untuk para penderita yang menderita penyakit hipertensi .Dalam menjalankan diet ada beberapa pantangan yang harus dilakukan hal ini juga bertujuan untuk mengatur pola makan yang baik diharapkan bisa berguna untuk mencegah lonjakan darah sehingga darah tetap stabil.

Diet adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menyehatkan tubuh. Tidak hanya berfungsi untuk kecantikan namun diet juga berfungsi untuk membuat badan semakin sehat. Diet yang digunakan oleh para penderita penyakit tertentu juga bagus diterapkan untuk meminimalisir penyakit. Salah satu diet yang sangat banyak dilakukan adalah diet penyakit hipertensi.

Diet penyakit hipertensi
Diet penyakit hipertensi
 Inilah Diet Penyakit Hipertensi yang Perlu Anda Terapkan 

Dalam menerapkan diet penyakit hipertensi beberapa hal yang wajib dilakukan adalah :

1. Menghindari Garam

Tak dapat dipungkiri garam adalah musuh terbesar bagi penderita hipertensi. Mengkonsumsi garam bisa saja menyebabkan penderita mengalami kenaikan tekanan darah untuk itu dalam melakukan Diet Penyakit Hipertensi . Yang harus diperhatikan adalah pengkonsumsian garam.

2. Hindari Makanan Dalam Kemasan

Mengkonsumsi makanan dalam kemasan bagi kebanyakan orang adalah kebutuhan sehari-hari. Hal itu dikarenakan makanan dalam kemasan lebih mudah untuk dimasak dan sangat menghemat waktu. Namun bagi Anda yang ingin menjalani diet penyakit hipertensi maka harus memperhatikan hal ini.

Jangan mengkonsumsi makanan dalam kemasan hal ini dikarenakan makanan yang berada dalam kemasan mengandung natrium yang lebih tinggi dari pada makanan segar. Natrium bagi penderita darah tinggi hanya disarankan dikonsumsi sebanyak 1500 mg namun bagi orang normal jumlah yang disarankan adalah 2.300 mg.

3. Menambah Porsi Buah-buahan

Buah-buahan sangat baik bagi tubuh. Hal ini juga sangat membantu menurunkan darah disebabkan oleh kandungan kalium yang ada pada buah. Kalium pada buah berfungsi untuk mengurangi efek natrium hal ini sejalan dengan berbagai manfaat kalium lainnya seperti meredakan ketegangan dalam dinding pembuluh darah sehingga akan menurunkan tekanan darah.

Saran yang harus dilakukan saat mengkonsumsi buah pada Diet Penyakit Hipertensi adalah minimal Anda mengkonsumsi 4 – 5 porsi buah dalam setiap hari. Dan buah yang anda konsumsi dapat dalam berbagai olahan seperti buah segar yang dikupas, atau dijadikan jus namun tanpa gula. Buah-buahan pun bisa bebas untuk dipilih sesuai selera Anda menyukai atau mendapati buah apa yang ada.

4. Mengkonsumsi Daging, Ayam dan Ikan

Tidak hanya buah makanan sehat yang harus Anda lakukan selanjutnya saat ingin Diet Penyakit Hipertensi adalah rutin mengkonsumsi daging hewani yang berupa daging ayam, ataupun daging ikan dan daging sapi.

Mengapa penderita hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi banyak serat hewan hal ini dikarenakan pada daging hewan terdapat zat besi, seng, vitamin dan juga sumber protein dan daging dapat dimakan dengan aman asalkan tidak melebihi 6 ons.

Porsi yang disarankan adalah 2 porsi per hari, dalam memasak daging Anda hendak nya memasak daging dengan cara direbus ataupun dipanggang. Hindari masak menggunakan minyak sepeti digoreng hal ini karena kolestrol yang ada pada minyak. Selain dalam mengkonsumsi ikan pilihan yang tepat mencari ikan yang kaya akan omega-3 karena sangat bermanfaat menurunkan kolesterol.

5. Produk Susu Rendah Lemak

Pastikan jika anda ingin diet untuk mengkonsumsi produk susu rendah lemak maksimal 2 atau 3 porsi sehari hal ini membantu untuk menyehatkan tubuh serta kandungan protein, kalsium dan vitamin D sangat bagus bagi tubuh.

6. Kacang-kacangan dan Lemak

Diet Penyakit Hipertensi akan berhasil jika anda disiplin dalam menjalankan diet. Salah satu yang harus anda lakukan adalah mengkonsumsi kacang-kacangan yang mengandung omega-3. Setidaknya paling banyak 2 sampai 3 porsi per hari anda bisa mengkonsumi kacang-kacangan.

Selain itu mengkonsumsi lemak juga bagus  dalam diet. Namun perlu diingat adalah minyak tak jenuh yang bagus menurunkan kolesterol dalam darah. Lemak tak jenuh terdapat pada ikan salmon, tongkol,olahan kedelai, minyak zaitun,alpukat, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

7. Makanan Manis

Dalam mengkonsumsi makanan manis untuk Anda cukup dengan 5 porsi dalam seminggu dan pilihlah makanan manis seperti jeli, biskuit rendah lemak ataupun agar-agar.

Itulah sedikit Diet Penyakit Hipertensi yang bisa Anda terapkan di rumah. Dan pastikan untuk bisa mengontrol pola makan anda dan disiplin dalam memilih makanan yang harus anda makan. Sehingga hasil yang diinginkan untuk menurunkan tekanan darah bisa berhasil.

Post a comment for "Terapkan 7 Cara Diet Penyakit Hipertensi Ini Agar Gejala Tidak Muncul!"