Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Diet Keseimbangan untuk Badan Langsing Cepat dan Sehat

Qsehat.com - Diet keseimbangan dapat Salah satu pemikiran yang keliru dari diet adalah hanya fokus kepada turun berat badannya saja. Sementara, faktor kesehatan terkadang terabaikan begitu saja. Padahal sejatinya, diet yang benar dilakukan dengan memperhatikan pola hidup sehat.

Jadi diet yang dilakukan bukanlah sembarangan ataupun tidak memperdulikan faktor kesehatan.
Maka, diet gizi seimbang menjadi solusi bagi Anda untuk turun badan sekaligus tetap menjaga kesehatan. Diet kali ini tidak hanya berfokus pada turunnya berat badan, akan tetapi juga memperhatikan faktor kesehatan.

diet keseimbangan
diet keseimbangan
Cara Melakukan Diet Keseimbangan untuk Menurunkan Berat Badan

Berikut ini adalah cara diet keseimbangan yang perlu Anda lakukan:

Pilihlah makanan bertepung untuk dikonsumsi

Cara diet gizi seimbang yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan bertepung. Kadar konsumsi perharinya adalah sebanyak sepertiga dari total makanan yang dikonsumsi dalam sehari.
Sereal, pasta, roti, nasi dan kentang merupakan deretan contoh makanan bertepung. Untuk nasi, bukan nasi putih yang direkomendasikan, melainkan nasi merah.

Sementara untuk kentang, alangkah baiknya dikonsumsi dengan kulitnya juga. Jika Anda masih berpikir bahwa makanan bertepung dapat menggemukkan, maka pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Karena sesungguhnya, kandungan pada makanan tersebut kurang dari setengah kalori pada lemak.

Perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran setiap harinya

Buah dan sayur merupakan menu diet keseimbangan yang tidak boleh Anda lewatkan. Untuk porsinya, dianjurkan setidaknya mengonsumsi lima porsi dari berbagai jenis buah dan sayur dalam sehari. Tidak harus dimakan secara langsung, banyak cara untuk mengolah buah dan sayur namun tetap menyehatkan.

Salah satunya yaitu dengan dibuat jus, namun dengan catatan tanpa menggunakan gula. Jika Anda suka jus yang manis, maka dapat ditambahkan madu. Kandungan serat yang tinggi di dalam buah dan sayur merupakan alasan mengapa ini menjadi menu diet seimbang yang penting. Contohnya saja, buah pisang (yang dapat dihitung satu porsi) yang kaya akan manfaat.

Mulailah mengonsumsi lebih banyak ikan

Sumber protein, vitamin dan mineral merupakan nutrisi yang ada pada ikan. Itulah mengapa, ikan menjadi menu diet keseimbangan yang wajib ada di piring Anda. Untuk ukuran porsinya, cukup makan setidaknya dua porsi setiap minggunya.

Sebaiknya, konsumsilah ikan segar yang mengandung omega-3 yang membantu mencegah berbagai penyakit. Beberapa ikan yang direkomendasikan meliputi ikan tongkol, ikan bandeng dan ikan tuna.

Mulailah mengurangi lemak jenuh

Diet gizi seimbang selanjutnya yaitu dengan mulai mengurangi lemak jenuh. Memang, lemak dibutuhkan oleh tubuh kita, akan tetapi penting untuk menghitung kadar lemak yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan/kelebihan lemak dalam tubuh. Hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah kandungan lemak jenuh di dalam tubuh.

Jika terdapat lemak jenuh yang berlebih dalam tubuh, maka akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam darah. Sosis, kue, biskuit, mentega, keripik kentang dan makanan kemasan lainnya merupakan pemicu tingginya lemak jenuh. Maka, mulailah kurangi mengonsumsi makanan tersebut dan menggantinya dengan yang lebih sehat.

Sangat mudah bukan melakukan diet keseimbangan seperti di atas? Menurunkan berat badan sekaligus tetap memperhatikan kesehatan sangat bisa dilakukan. Karena bagaimanapun, tubuh yang sehat dan fit adalah aset dari Tuhan yang patut kita jaga.

Jangan sampai, diet yang kita lakukan hanyalah berfokus pada satu sisi tanpa memperhatikan kesehatan tubuh. Memiliki tubuh ideal dan  langsing memang dambaan setiap orang, tapi kesehatan juga hal yang utama untuk diperhatikan.

Post a comment for "Diet Keseimbangan untuk Badan Langsing Cepat dan Sehat"