Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikuti Diet Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi ASI, Berat Turun ASi Lancar

Qsehat.com - Diet ibu menyusui tanpa mengurangi ASI bisa dilakukan dan ada cara khusus untuk itu. Keadaan setelah melahirkan memang menimbulkan bentuk tubuh yang tidak sesuai harapan bagi sebagian orang. Hal ini mungkin juga terjadi pada Anda yang baru melahirkan atau sedang menyusui.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bentuk tubuh yang ideal merupakan impian semua orang, termasuk Anda yang sedang menyusui, kan? Maka dari itu, simaklah tips dalam artikel ini yang membahas mengenai diet ibu menyusui tanpa mengurangi ASI agar dapat sukses untuk dilakukan. Diet itu sendiri adalah pola makan di mana seseorang akan mengkonsumsi makanan dengan teratur dan sumbernya sangat diperhatikan.

diet ibu menyusui tanpa mengurangi ASI
diet ibu menyusui tanpa mengurangi ASI
Inilah Cara Diet Busui yang Tepat

Di bawah ini merupakan langkah untuk diet ibu menyusui tanpa mengurangi ASI:

1. Jangan melakukan diet secara berlebihan

Meskipun tujuannya untuk menurunkan berat badan, tetapi Anda tidak disarankan untuk melakukannya secara berlebihan. Hal ini akan mempengaruhi ASI yang diproduksi untuk bayi Anda. Persediaan ASI pun dikhawatirkan akan berkuran jika program diet dilakukan secara berlebihan. Oleh karena itu, lakukanlah secara perlahan agar tidak ada yang dirugikan dalam proses dietnya.

2. Berkonsultasi dengan ahli gizi

Selanjutnya, untuk membuat prosesnya berjalan sukses, Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi. Hal ini bertujuan untuk membuat asupan makanannya terjaga dan terkontrol. Ahli gizi juga paham betul mengenai nutrisi dan gizi yang tepat sehingga nantinya Anda tidak akan salah dalam melangkah. Selain itu, dengan adanya ahli gizi, Anda bisa mengetahui asupan untuk bayi Anda.

3. Mengaplikasikan krim pengencang kulit

Tips diet ibu menyusui tanpa mengurangi ASI selanjutnya adalah dengan menggunakan krim pengencang kulit. Proses ini bertujuan untuk membuat kulit Anda kembali kencang. Pembentukkan kembali kontur tubuh setelah melahirkan dapat dilakukan dengan cara menerapkan produk-produk pengencang kulit secara khusus dengan bantuan kolagen.

Selain itu, produk ini dipercaya dapat memperkuat elastisitas kulit dan juga membuat kulit kencang luar dalam. Namun, Anda harus menggunakan krim pengencang kulit yang berasal dari bahan alami.

4. Seringlah untuk menyusui

Perkembangan bayi akan berjalan lancar dan baik jika ia diberikan ASI. Hal ini merupakan bentuk memenuhi kebutuhan dalam tubuhnya. Dengan menyusui, Anda berarti sedang melakukan proses pembakaran kalori. Anda juga dapat melakukan olahraga ringan secara rutin untuk membuat prosesnya berjalan lancar.

5. Memiliki waktu tidur yang cukup

Selanjutnya, tips diet ibu menyusui tanpa mengurangi ASI adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Seperti yang telah kita ketahui bahwa ibu menyusui membutuhkan istirahat yang cukup agar dapat mengembalikan kondisi tubuh ke kondisi yang lebih kuat. Anda dapat membuat otot menjadi rileks, detak jantung dan pernapasan menjadi stabil dan konsisten, juga membuat aliran darah menjadi lancar. Namun, Anda perlu mengingat bahwa tidak dianjurkan untuk tidur secara berlebihan.

6. Memakan makanan sehat

Menyusui dan berolahraga merupakan kegiatan yang membakar banyak kalori. Maka dari itu, Anda harus memastikan kalori yang cukup yang masuk ke dalam tubuh Anda. Anda disarankan untuk menambah sekitar 300-500 kalori setiap harinya agar kebutuhan kalorinya dapat terpenuhi. Namun, jangan lupakan panduan dan jenis kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

7. Perbanyak minum air putih

Tips diet ibu menyusui tanpa mengurangi ASI selanjutnya adalah dengan banyak minum air putih. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya, Anda dapat membuat tubuh tetap segar dan dapat menekan nafsu makan. Hal ini juga dilakukan karena menyusui bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

8. Membuat jadwal makan secara teratur

Anda dianjurkan untuk makan tiga kali sehari yaitu ketika pagi, siang, dan juga sore. Anda tidak boleh melewatkan satu jadwal tersebut karena dikhawatirkan akan menurunkan kualitas ASI. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus memperhatikan porsi dan jumlah makanannya. Ingatlah bahwa saat menjalani diet ketika menyusui, yang dikurangi itu porsinya, bukanlah jenis makanannya.

Demikianlah pembahasan mengenai tips diet ibu menyusui tanpa mengurangi ASI pada artikel kali ini. Dapat disimpulkan bahwa untuk menjalankan dietnya, Anda tidak memerlukan biaya yang banyak. Anda hanya perlu menaati aturan saat diet ketika sedang dalam masa menyusui.

Post a comment for "Ikuti Diet Ibu Menyusui Tanpa Mengurangi ASI, Berat Turun ASi Lancar"