Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini Cara Diet Aman untuk Penderita Asam Lambung, Jangan Salah Makan!

Qsehat.com - Diet aman untuk penderita asam lambung dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Mempunyai bentuk tubuh yang sehat dan berat badan yang ideal menjadi idaman setiap orang. Bagi penderita asam lambung mungkin akan bingung ketika ingin melakukan diet.

Karena jika terlambat untuk makan maka asam lambung akan naik dan membuat perut terasa perih. Padahal anda mungkin ingin melakukan program diet untuk alasan tertentu. Lalu, apakah penderita asam lambung boleh mengikuti program diet? Bagaimana cara diet yang aman untuk penderita asam lambung? Berikut ini pembahasannya.

diet aman untuk penderita asam lambung
diet aman untuk penderita asam lambung
Bolehkah Penderita Asam Lambung Melakukan Diet?

Diet merupakan salah satu metode yang dilakukan untuk mengukur jumlah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Diet aman untuk penderita asam lambung juga dapat dilakukan dengan memilih makanan untuk mendapatkan tujuan tertentu. Contohnya untuk mendapatkan berat badan ideal, mengatur kadar kolesterol, dan proses penyembuhan suatu penyakit.

Banyak orang yang salah mengartikan sistem diet yang sebenarnya. Anda mungkin menganggap bahwa diet adalah upaya yang dilakukan untuk membatasi jumlah makanan yang masuk menjadi sangat sedikit supaya berat badan cepat turun.

Bagi penderita asam lambung tentu tidak akan kuat jika harus membatasi porsi makanan dalam jumlah besar. Apalagi harus memaksakan diri untuk tidak makan sama sekali. Bukannya sehat yang anda dapatkan, penyakit yang lain pasti akan datang.

Sebenarnya, penderita asam lambung diperbolehkan untuk diet seperti orang normal. Tetapi terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan supaya asam lambung tidak naik. Caranya adalah dengan mengatur menu makanan untuk penderita asam lambung dan membuat jadwal makan penderita GERD.

Cara Diet Aman untuk Penderita Asam Lambung yang Aman

Jika penderita asam lambung berencana ingin diet, maka kuncinya adalah dengan menyeimbangkan antara asupan makanan dan energi yang dikeluarkan setiap hari. Berikut ini merupakan cara diet aman bagi penderita asam lambung.

Memilih makanan yang tepat

Bagi penderita asam lambung memang harus mengeluarkan usaha lebih banyak jika ingin melakukan program diet. Pilihlah jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi dan tidak membuat berat badan naik. Makanan yang dianjurkan mempunyai kandungan kalori dan lemak yang rendah tetapi memiliki protein yang tinggi.

Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan seperti ikan, dada ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, dan putih telur ayam. Anda juga dapat membuat menu diet penderita maag dan gangguan pencernaan sebagai solusinya.

Asupan karbohidrat juga diperhatikan karena jika berlebih akan membuat berat badan cepat naik dan memperparah asam lambung. Hindari asupan karbohidrat yang berasal dari tepung olahan seperti roti, donat, dan kue.

Ganti asupan karbohidrat menjadi buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jika anda tetap ingin mengkonsumsi karbohidrat dapat juga menggantinya menjadi karbohidrat kompleks. Contohnya yang memiliki kandungan serat tinggi seperti nasi merah dan roti gandum.

Mengatur porsi

Jika anda terbiasa mengikuti pola makan 3 kali sehari dengan porsi banyak, maka ketika diet aman untuk penderita asam lambung anda disarankan untuk makan 5-6 kali dalam porsi kecil. Dengan porsi lebih sedikit dan jenis makanan yang tepat sangat membantu dalam mengendalikan berat badan.

Dengan cara ini juga dapat digunakan untuk mengurangi resiko gejala asam lambung yang sering kambuh. Walaupun dengan porsi terbatas, jenis makanan didalamnya tetap harus makanan untuk maag yang aman dikonsumsi.

Lakukan Olahraga yang Tepat dan Teratur

Jika anda sedang melakukan program diet aman untuk penderita asam lambung maka sangat
dianjurkan untuk berolahraga. Sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter sebelum mulai olahraga karena beberapa jenis olahraga dapat menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan. Hal ini dapat menyebabkan asam lambung naik dan membuat perut terasa sakit.

Jika anda mau berolahraga dapat mencoba yang ringan terlebih dahulu seperti jalan, jogging, yoga, dan berenang. Lakukan secara rutin minimal 30 menit selama 3 kali dalam seminggu. Lalu anda lihat reaksi terhadap tubuh. Jika asam lambung tidak kambuh maka anda dapat mencoba jenis olahraga yang sedikit lebih berat.

Demikian adalah informasi mengenai diet aman untuk penderita asam lambung yang bisa anda coba. Dengan pembahasan di atas dapat menjawab kekhawatiran anda bahwa penderita asam lambung tetap diperbolehkan untuk melakukan program diet.

Asalkan diet yang dilakukan harus sesuai dengan prosedur yang tepat dengan tetap mengkonsumsi makanan supaya asam lambung tidak naik. Bahkan jika anda melakukan dengan benar, bukan hanya berat badan ideal yang didapat tetapi resiko asam lambung juga berkurang.

Post a comment for "Begini Cara Diet Aman untuk Penderita Asam Lambung, Jangan Salah Makan!"