Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Tanaman Obat-obatan Populer Di Indonesia

Daftar tanaman obat-obatan populer di Inonesia. Bukan rahasia lagi Indonesia memiliki beragam tanaman obat yang dijadikan obat tradisional, pastinya dapat mengobati berbagai macam penyakit ringan sampai berat loh. Kebanyakan tanaman obat juga mudah tumbuh sendiri dan bisa ditemukan di dapur.

Daftar Tanaman Obat Yang Populer Di Indonesia

Walaupun zaman sudah serba canggih, mayoritas masyarakat masih mengandalkan tanaman obat untuk pengobatan penyakit. Alasannya karena harganya terjangkau dan tanpa efek samping, bahkan terbukti mujarab karena menjadi warisan turun temurun dan sudah diteliti kandungan khasiatnya. Berikut ada 5 tanaman obat yang populer, antara lain:

tanaman obat-obatan populer di Indonesia

1.      Jahe

Jahe termasuk bumbu dapur sebagai pelengkap bumbu masakan, khasiat jahe adalah mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti muntah-muntah atau mual, sakit kepala, meringankan nyeri haid, rematik, osteoarthritis dan beragam penyakit lainnya. Jahe termasuk tanaman obat-obatan populer di Indonesia karena banyak manfaatnya. Anda bisa mengolahnya sendiri untuk di buat minuman atau membeli. Dijamin badan hangat dan stamina tinggi.

2.      Lengkuas

Kebanyakan orang menggunakan laos sebagai bahan pelengkap bumbu masakan, padahal lengkuas atau laos termasuk tanaman obat loh. Sejatinya, lengkuas memiliki kandungan beta-sitosterol, galangin dan flavonold yang baik untuk kesehatan. Passtinya mengandung vitamin C, zat besi, vitamin A, karbohidrat dan serat.

Sementara khasiatnya adalah meningkatkan kesuburan pria, sebagai antikanker, mengatasi peradangan dan melawan infeksi. Walaupun sebagian orang belum mengetahui khasiat tanaman obat-obatan populer di Indonesia ini, anda wajib mencobanya sesuai penyakit yang dianjurkan.

3.      Temulawak

Bukan rahasia lagi temulawak menjadi obat tradisional, apalagi temulawak dijadikan bahan utama salah satu obat-obatan atau suplemen makanan. Temulawak ampuh mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung sesudah makan, gangguan lambung, penambah nafsu makan.

4.      Lidah Buaya

Tanaman obat-obatan populer di Indonesia selanjutnya adalah lidah buaya, bahkan lidah buaya termasuk multifungsi loh. Alasannya karena menjadi tanaman obat sekaligus perawatan kecantikan. Hebatnya lagi, tanaman tersebut mudah ditaman walaupun tak setiap hari ditanam.

Cara menggunakannya pun mudah, anda cukup mengambil membelah lidah buaya dan diambil gelnya untuk di rebus untuk kesehatan. Sebaliknya, untuk perawatan kecantikan cukup oleskan gel ke rambut atau wajah sebagai masker.

5.      Daun Kumis Kucing

Untuk daun kumis kucing in disebut sebagai obat herbal yang mujarab. Kumis kucing sering dijadikan obat radang kandung kemih, diabetes, asam urat dan penyakit ginjal. Bahkan ampuh untuk mengatasi kencing batu dan melancarkan air seni. Bahkan menurut penelitian, tanaman obat-obatan populer di Indonesia ini ampuh jika rutin dikonsumsi loh.

6.      Kemangi

Daun kemangi kerap dijadikan pelengkap lalapan, apalagi rasanya mint dan menyegarkan. Siapa sangka, kemangi termasuk tanaman obat loh. Kemangi mengandung banyak vitamin dan kandungan lain yang berguna meningkatkan nafsu makan, mengobati luka goresan di kulit dan mengatasi perut kembung.

7.      Daun Sirih

Daun sirih juga tanaman obat-obatan populer di Indonesia karena selalu dijual di pasar setiap hari. Daun sirih ampuh mengatasi berbagai penyakit karena mengandung vitamin A, kalium, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotonat, yodium dan berbagai kandungan lain.

Selain itu daun sirih mengandung antioksidan tannin yang dapat mempercepat tubuh pulih dari penyakit. Jika anda enggan membuat ramuan sirih sendiri, cukup membelinya di tukang jamu.

Sebenarnya masih banyak tamanam obat-obatan populer di Indonesia yang kaya manfaat. Tetapi ke 7 tanaman diatas dapat dijadikan acuan mengobati penyakit, anda tinggal memilihnya sesuai penyakit yang diderita.

 

 

 

Post a comment for "Daftar Tanaman Obat-obatan Populer Di Indonesia"