Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Olahraga Sehat Bagi Ibu Hamil Beri Efek Menyehatkan

Daftar Olahraga Sehat Bagi Ibu Hamil Beri Efek Menyehatkan – Kondisi ibu hamil membutuhkan berbagai macam gerakan tubuh secara konsisten. Jadwal olahraga harus dibuat untuk memberi efek baik pada janin dan juga mempertahankan kesehatan ibu hamil. Karena itulah menjaga kesehatan ibu hamil butuh beberapa tahapan. Sehingga bukan hanya dari komposisi makanan saja. Tetapi pemilihan kegiatan olahraga juga dirasa penting.

Ketika kita menentukan jenis olahraga terbaik untuk seorang ibu hamil akan ada beberapa faktor yang beri pengaruh. Salah satunya dari segi usia kehamilan dan usia ibu hamil sendiri. Masih cukup rentan jika melakukan kegiatan olahraga tanpa melihat unsur kesehatan dan beberapa komponen lainnya.

olahraga sehat bagi ibu hamil

Daftar Olahraga Sehat Bagi Ibu Hamil

Pilates

Pada pilihan pertama ada jenis olahraga pilates yang mana dampaknya bisa lebih baik terhadap bagian punggung belakang. Keseimbangan latihan pilates ini cukup menguntungkan karena bisa membuat bagian punggung terbebas dari rasa nyeri. Karena itu, olahraga sehat bagi ibu hamil satu ini kerap dipilih karena memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Frekuensi latihan pilates ini bisa dilakukan satu kali dalam satu minggu. Kemudian gerakannya terbilang sederhana yakni menghindari gerakan memutar tubuh di bagian perut dan pinggang saja. Sehingga mudah melakukan kegiatan olahraga ini dan tidak butuh banyak tenaga untuk melakukannya.

Yoga

Berikutnya satu olahraga sehat bagi ibu hamil juga bisa dilakukan dengan kegiatan yoga. Karena itu, ada sekian banyak manfaat dari gerakan yoga yang kemudian bisa membuat ritme pernapasan, tekanan darah, hingga menjaga keseimbangan sekaligus kekuatan otot lebih baik.

Kegiatan yoga ini cocok untuk semua usia kehamilan. Kemudian ada beberapa paket yoga berdasarkan usia kehamilan dan untuk melakukannya minimal 30 menit per minggu. Bila Anda masih belum punya pengalaman soal kegiatan olahraga yoga ini bisa mengikuti kelas yoga bersama pemandu profesional.

Berenang

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di rumah adalah berenang. Manfaat dari olahraga sehat bagi ibu hamil satu ini adalah meregangkan otot di tubuh. Cukup penting ketika beberapa bagian tubuh ibu hamil mengalami kondisi kaku dan seringkali tegang kemudian bisa dihilangkan dengan kegiatan berenang.

Bahkan ada beberapa gerakan khusus untuk aktivitas berenang bagi ibu hamil. Karena itu Anda pun bisa mencoba kembali bagaimana frekuensi kegiatan berenang ini bisa dilakukan selama tiga kali dalam satu minggu. Sedangkan durasinya bisa sampai 15-30 menit saja untuk sekali kegiatan.

Senam Aerobik

Senam aerobik bagi ibu hamil juga menjadi bagian upaya menjaga kesehatan tubuh ibu hamil beserta janin. Untuk itu, kegiatan senam ini berguna untuk memperkuat kekuatan otot tubuh ibu hamil serta membuat pernapasan lebih normal. Jenis olahraga sehat bagi ibu hamil ini kerap memberi hasil maksimal karena mudah dilakukan.

Sedangkan senam aerobik ini juga berguna untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Akan tetapi, ada gerakan yang harus dihindari oleh ibu hamil yakni gerakan melompat karena masih dianggap berbahaya bagi janin. Lakukan senam aerobik setidaknya 2 kali seminggu untuk menjaga kesehatan janin dan menjaga stamina ibu hamil.

Memilih beberapa jenis olahraga sehat bagi ibu hamil terkadang butuh referensi. Karena itu banyak kalangan ibu hamil kerap mencari informasi seputar jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Kemudian tambahkan pula komponen asupan nutrisi agar kualitas kesehatan janin benar-benar sempurna dan tidak bermasalah.

 

 

Post a comment for "Daftar Olahraga Sehat Bagi Ibu Hamil Beri Efek Menyehatkan"