Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek Apa Saja Olahraga Yang Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Cek Apa Saja Olahraga Yang Sehat Untuk Ibu Hamil Muda - Kondisi tubuh saat hamil yang sering merasakan mual, pegal, dan gangguan emosi serta mood sering berubah-ubah. Olahraga saat hamil sangat diperlukan. Olahraga membuat peredaran darah lebih lancar. Pernafasan lebih teratur. Otot-otot menjadi lebih lentur. Semua itu dapat mengurangi keluhan-keluhan saat hamil. Masa-masa kehamilan akan terasa lebih nyaman bila ibu hamil membiasakan diri berolahraga. Jadi olahraga apa saja yang aman bagi ibu hamil muda, berikut paparan singkatnya.

olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda

Beberapa Olahraga Yang Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Renang

Renang merupakan best friend bagi ibu hamil. Selain karena banyak manfaatnya, renang juga merupakan olahraga yang cenderung minim resiko. Dengan berenang bobot tubuh yang berat disebabkan kehamilan menjadi tidak terasa karena massa tubuh terasa lebih ringan saat di air. Selain itu dengan berenang maka sekaligus menjadi latihan pernafasan. Kestabilan pernafasan sangat penting bagi ibu hamil karena kunci sukses melahirkan nantinya adalah pernafasan yang terlatih dengan baik. Banyak wanita kehabisan nafas saat melahirkan akibatnya dokter melakukan tindakan operasi.

Yoga

Yoga pun menjadi salah satu olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda. Banyak alasannya . selain karena mudah dilakukan, olahraga ini juga memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil muda. Perbaikan postur tubuh, pernafasan yang ideal, juga stamina tubuh bisa didapatkan saat ibu hamil rutin melakukan yoga. Dengan yoga, stress dapat dihindari dan relaksasi mudah dididapatkan karena yoga membuat aliran oksigen di dalam tubuh menjadi lebih lancar. Lancarnya asupan oksigen mengakibatkan pikiran menjadi rileks.

Jogging Ringan

Pada dasarnya lebih banyak olahraga yang aman bagi ibu hamil. Untuk ibu hamil muda tampaknya bobot tubuh belum menjadi masalah. Itulah sebabnya bila sebelum hamil memang biasa melakukan olahraga jogging, tidak perlu khawatir bila dilanjutkan. Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu memaksakan diri. Bila memang sudah lelah dan nafas ngos-ngosan maka kurangi kecepatan dan hentikan sesaat untuk beristirahat.

Jalan Kaki

Olahrga satu ini merupakan olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda dan sangat dianjurkan oleh para dokter. Meskipun olahraga ini tergolong olahraga yang ringan tapi dengan berjalan kaki, otot-otot di seluruh tubuh akan bergerak dan bekerja dengan aktif. Setidaknya lakukan 30 menit setiap kalinya. Bisa dilakukan pagi atau sore. Usahakan 3 atau 4 kali berjalan kaki dalam seminggu. Dengan rutin digerakkan, maka otot di sekitar panggul akan terlatih dan menjadi lebih lentur. Lenturnya otot-otot seputar panggul amat diperlukan saat proses melahirkan nanti.

Itulah berapa olahraga yang aman untuk ibu hamil muda. Saat hamil muda, ketika perut belum terasa berat, terkadang membuat sebagian wanita penggila olahraga lupa bahwa dirinya sedang hamil muda. Memang untuk mereka yang sehat olahraga apapun tidak mejadi masalah. Namun bagi sebagian orang yang kehamilannya mengalami sedikit kesulitan karena kondisi tertentu, maka sangat perlu diperhatikan jenis olahraga, intensitas, serta durasinya. Konsultasikan pada dokter sebelum memutuskan akan melakukan olahraga apa saat hamil muda.

Jangan pernah paksakan diri dan merasa semua tetap seperti saat sebelum hamil. Bagaimanapun perubahan hormon seringkali mempengaruhi kondisi ibu hamil. Jadi diperlukan pertimbangan yang cukup matang serta saran dari dokter tentang olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda. Dengan kehati-hatian maka diharapkan kondisi ibu dan janin yang dikandung akan lebih sehat dan aman. Jangan sampai karena keteledoran sedikit menjadikan sesal di kemudian hari. Libatkan juga pasangan anda sebagai calon ayah agar pengalaman kehamilan menjadi lebih menyenangkan. Happy pregnancy.

 

Post a comment for "Cek Apa Saja Olahraga Yang Sehat Untuk Ibu Hamil Muda"