Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikuti Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Ini, Agar Cepat Langsing!

Qsehat.com - Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dapat membuat tubuh anda menjadi langsing kembali. Setiap wanita ketika selesai menjalani proses melahirkan pasti mengalami kenaikan berat badan yang drastis. Hal ini sering membuat stres para ibu karena untuk menurunkan bobot hingga 10kg bukan hal yang mudah.

Anda harus tahu cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dan menyusui yang aman untuk dilakukan. Sehingga, tidak akan mengganggu peluang menyusui bayi dan menyebabkan komplikasi kesehatan. Berikut ini adalah tips aman menurunkan berat badan setelah melahirkan.

cara menurunkan berat badan setelah melahirkan
cara menurunkan berat badan setelah melahirkan
Inilah Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Ada beberapa cara langsing cepat setelah melahirkan, diantaranya:

1. Makan secara teratur

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang secara teratur. Jangan pernah mengurangi asupan makanan dalam jumlah besar karena ketika menyusui nutrisi pada bayi akan berkurang.

Disarankan untuk makan dengan porsi sedikit tetapi dalam intensitas yang sering. Biasakan untuk tidak makan 3 kali sehari dalam porsi besar dengan makan 6 kali dalam porsi kecil. Karena hal ini akan menekan rasa lapar anda dan menghindari untuk ngemil yang tidak perlu.

2. Pilih makanan yang rendah kalori

Ketika sedang masa menyusui, anda akan membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu mengubah tubuh anda kembali lebih sehat. Dengan makanan yang sehat dan bergizi tentu akan memberikan kualitas yang baik untuk air susu.

Coba untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3, protein, kalsium, dan serat. Contohnya, salmon, sarden, tuna, ayam, kacang-kacangan, yogurt, dan makanan yang mengandung gandum utuh. Dengan mengurangi makanan yang tinggi kalori dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Cukupi asupan cairan tubuh

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dapat juga dilakukan dengan mencukupi asupan cairan pada tubuh. Anda pastikan dalam sehari mengonsumsi 8-10 gelas air putih.

Dengan mencukupi asupan air dapat membantu mengeluarkan semua racun pada tubuh. Selain itu, minum air putih juga dapat mencegah dehidrasi dan meningkatkan metabolisme yang ampuh untuk mengontrol berat badan.

4. Istirahat yang cukup

Walaupun terdengar sulit, tetapi cara menurunkan berat badan setelah melahirkan harus diimbangin dengan istirahat yang cukup. Karena ketika masa menyusui pasti anda akan kurang istirahat tetapi anda harus menghindari kurang tidur. Karena kurangnya istirahat dapat mempengaruhi metabolisme tubuh.

Solusinya, anda dapat membagi tugas dengan suami atau asisten rumah tangga ketika dirasa tubuh sudah sangat lelah. Anda juga dapat memompa susu dan mengambil beberapa waktu tidur siang bersama si bayi.

5. Hindari stres

Bagi anda yang baru merasakan menjadi ibu pasti akan rentan terhadap stres. Stres dapat memperlambat proses penurunan berat badan. Ketika stress anda juga akan mengonsumsi makanan lebih banyak dan menurunkan semangat untuk beraktivitas.

Stres juga dapat memicu hormon kortisol yang menyebabkan tubuh sulit membakar lemak. Oleh sebab itu, ketika dirasa sudah lelah anda boleh meminta bantuan kepada orang sekitar yang dipercaya untuk menjaga anak. Anda gunakan waktu tersebut untuk me time supaya pikiran segar kembali.

6. Lakukan olahraga ringan

Cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dan menyusui yang terakhir adalah dengan melakukan olahraga ringan. Ketika masa menyusui, anda dapat membakar lemak sekitar 1 kali sesi olahraga. Tetapi ketika sudah tidak menyusui anda tetap dapat membakar lemak dengan cara berolahraga ringan.

Caranya adalah dengan berjalan keliling perumahan sambil mengajak anak keluar rumah dengan mendorong stroller. Jika punya waktu lebih, anda juga dapat mencoba senam aerobik, yoga, atau menari. Secara tidak langsung cara ini akan perlahan-lahan menurunkan berat badan.

Demikian informasi mengenai cara menurunkan berat badan setelah melahirkan yang bisa anda coba. Disarankan untuk konsultasi ke dokter sebelum mulai melakukan diet supaya hasilnya akan lebih maksimal.

Post a comment for "Ikuti Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Ini, Agar Cepat Langsing!"

Berlangganan via Email