Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menjaga kesehatan tulang sejak dini

Cara menjaga kesehatan tulang sejak dini. Memiliki tulang yang sehat merupakan keinginan setiap orang. Karena untuk dapat bergerak bebas dan beraktivitas membutuhkan tulang yang kuat dan sehat. Namun, seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang pun semakin menurun. Tulang menjadi mudah sakit dan keropos. Sehingga aktivitas menjadi terganggu dan sangat tidak nyaman.

Menjaga kesehatan tulang sejak dini sangatlah penting. Agar tulang kuat dan tidak mudah keropos. Susu identik sebagai nutrisi untuk menjaga kesehatan tulang. Padahal ada banyak jenis makanan lain sebagai penunjang kesehatan tulang. Selain itu pola hidup juga memengaruhi kesehatan tulang Anda.

menjaga kesehatan tulang

Makanan Sehat Sebagai Nutrisi Tulang

Untuk mendapatkan tulang yang sehat, pola makan harus di jaga. Memilih makanan sehat selain penting untuk kesehatan tubuh, juga sangat bermanfaat bagi ketahanan tulang. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Anda bisa mengganti menu harian Anda dengan makanan sehat ini. Agar tulang terjaga kepadatannya sejak dini.

Mengonsumsi Sayur-sayuran

Untuk mendapatkan tulang yang sehat, sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran secara rutin. Sayuran kaya vitamin C yang dapat membantu memproduksi sel-sel pembentuk tulang. Selain itu, antioksidan yang terdapat di dalam sayur juga berfungsi melindungi sel-sel tulang dari kerusakan akibat radikal bebas. Nah, maka jangan tinggalkan menu sayuran hijau dalam piring Anda. Mengonsumsi sayur secara rutin akan menjaga kesehatan tulang.

Mengonsumsi Makanan Mengandung Vitamin D

Vitamin D berfungsi dalam membantu penyerapan kalsium, pembentukan tulang dan melindungi tulang. Vitamin D bisa dibentuk sendiri oleh tubuh melalui paparan sinar matahari. Selain dari paparan sinar matahari, kebutuhan vitamin D juga bisa Anda penuhi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Salmon, ikan sarden, minyak ikan, tiram, ikan tuna, kuning telur, udang dan jamur merupakan pilihan makanan tepat sebagai penambah asupan vitamin D. Untuk menjaga kesehatan tulang, masukan pula jenis makanan tersebut ke dalam menu makanan Anda.

Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang. Maka, Anda juga harus penuhi asupan kalsium harian setiap hari. Biasanya orang dewasa butuh asupan kalsium sekitar 1000 mg per harinya. Pilih makanan harian Anda yang mengandung kalsium, seperti keju, susu, tahu, tempe, bayam, brokoli, ikan sarden, kale, kubis dan salmon. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan asupan kalsium melalui suplemen kalsium.

Kegiatan yang Mendukung Kesehatan Tulang

Selain melalui makanan, beberapa kegiatan harian kita juga memengaruhi kesehatan tulang. Perlu Anda kaji lagi apakah aktivitas Anda selama ini membuat tulang sehat atau malah sebaliknya. Berikut ini beberapa aktivitas atau kegiatan yang bisa memengaruhi kesehatan tulang. Anda perlu perhatikan kegiatan Anda demi menjaga kesehatan tulang. Rutinkan kegiatan baik dibawah ini.

Berolahraga

Olahraga bukan hanya untuk kebugaran tubuh, namun sangat penting untuk kesehatan tulang. Lakukan olahraga secara rutin. Dengan begitu, kekuatan otot, koordinasi dan keseimbangan tubuh akan terjaga dengan baik. Risiko Anda terkena osteoporosis juga akan berkurang. Yuk, mulai rutin berolahraga.

Hentikan Kebiasaan Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Hentikanlah kebiasaan merokok sejak sekarang, karena rokok dapat menyebabkan tulang rapuh. Selain rokok, alkohol juga sebaiknya ditinggalkan. Minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko osteoporois. Maka, sangat disarankan meninggalkan kedua aktivitas tersebut demi menjaga kesehatan tulangAnda. Perlahan ganti dengan kegiatan-kegiatan hidup sehat.

Demikianlah Cara menjaga kesehatan tulang. Selain melalui makanan, kesehatan tulang juga bisa didapat dengan kebiasaan-kebiasaan sehat seperti berolahraga. Ketika tulang telah rusak, tentu akan lebih sulit mengatasinya. Sebaikny menjaga kesehatan dan kepadatan tulang sejak dini. Agar tidak terkena risiko ostroporosis dan patah tulang.

 

 

Post a comment for "Cara menjaga kesehatan tulang sejak dini"