Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengobati Telinga Kemasukan Air, Cepat dan Efektif

qsehat.com - Cara mengobati telinga kemasukan air perlu Anda lakukan dengan hati-hati, biasanya seseorang cenderung gegabah dan melakukan cara yang bisa membahayakan. Apabila telinga kemasukan air, maka segeralah untuk mengobatinya dengan langkah yang aman.

Apabila telinga kemasukan air berhari-hari dan dalam kurun waktu yang lama bisa menimbulkan berbagai efek negatif. Contohnya seperti terjadinya infeksi di saluran telinga dan meningkatkan resiko peradangan. Nah, berikut ini cara menyedot air di telinga yang tepat dan mudah!

Cara mengobati telinga kemasukan air
Cara mengobati telinga kemasukan air
 Inilah Cara Menyedot Air di Telinga yang Cepat dan Mudah

Jangan sembarangan dalam mengambil tindakan, ketahui cara mengobati telinga kemasukan air yang aman untuk diterapkan:

1. Miringkan kepala

Mungkin cara menyedot air di telinga yang pertama adalah dengan memiringkan kepala. Langkah ini akan Anda lakukan secara spontan ketika baru mengetahui bahwa telinga kemasukan air. Hal ini sangat tepat dan aman untuk dilakukan sebab air mengalir menuju ke tempat yang lebih rendah karena adanya efek gaya gravitasi.

Dengan memiringkan kepala selama beberapa menit, maka cairan dalam telinga akan mudah keluar. Akan lebih baik jika melakukannya sambil melompat kecil dengan satu kaki dan menarik daun telinga supaya telinga terbuka lebih lebar.

2. Kompres dengan air panas

Cara mengobati telinga kemasukan air juga dapat Anda lakukan dengan mengompres telinga menggunakan air panas. Caranya yaitu siapkan air panas dan celupkan handuk kecil ke dalamnya. Setelah itu peras dengan kuat dan kompres pada salah satu bagian luar telinga dengan posisi kepala miring.

Diamkan selama 30 detik kemudian angkatlah kompress beberapa saat. Lalu kompres kembali dan lakukan secara berulang-ulang 4-5 kali. Hal ini dilakukan untuk merangsang keluarnya air dari telinga.

3. Menguap

Menguap dapat dijadikan salah satu cara menyedot air di telinga yang cukup mudah. Kegiatan menguap ini dapat membuka saluran telinga di bagian dalam. Sehingga sumbbatan yang disebabkan oleh cairan yang masuk ke dalam telinga dapat dihilangkan.

4. Mengunyah sesuatu

Selain menguap, mengunyah juga bisa dijadikan cara mengobati telinga kemasukan air. Untuk melakukannya Anda bisa mengunyah sambil memiringkan kepala agar air dalam telinga bisa dikeluarkan dengan mudah.

5. Dengan gerakan valsava

Apakah Anda pernah mendengar gerakan valsava? Gerakan ini bisa dijadikan salah satu cara menyedot air di telinga. Cara ini tidaklah sulit untuk dilakukan, dapat dilakukan sembari duduk ataupun berbaring. Untuk melakukannya perhatikan langkah-langkah berikut ini:
  • Pertama, tarik napas dalam-dalam lalu tutuplah mulut rapat-rapat. Setelah itu, tekan kedua lubang hidung Anda dengan jari.
  • Kedua, hembuskan napas secara perlahan supaya berhembus ke arah telinga sampai terdengar suara letupan.
  • Ketiga, jika Anda sudah mendengar suara letupan tersebut itu berarti saluran eustachius sudah membuka.
6. Garam

Ternyata garam bisa dijadikan salah satu cara mengobati telinga kemasukan air karena memiliki sifat mudah menyerap air. Untuk melakukannya yaitu memanaskan 1 seperempat cangkir garam dalam microwave.

Lalu, masukkan kain katun ke dalam garam tersebut dan bungkuslah dengan rapat.
Tempelkan kain katun tersebut di telinga dekat dengan bagian lubangnya selama 3 menit. Hal ini dilakukan agar air didalam telinga dapat menguap.

7. Menggunakan obat tetes telinga

Jika berbagai cara di atas untuk mengobati telinga kemasukan air berhari-hari  belum membuahkan hasil, maka bisa menggunakan obat tetes telinga. Apabila tidak memilikinya di rumah, segeralah untuk membelinya di apotek terdekat.

Perlu Anda perhatikan, jangan sampai memilih obat tetes yang mengandung hidrogen peroksida. Sebab, kandungan tersebut tidak akan menobati justru bisa membuat keadaan telinga menjadi semakin parah.

itulah beberapa cara mengobati telinga kemasukan air dengan mudah dan ampuh. Jangan terburu-buru mengorek telinga, lakukan cara di atas untuk mengatasinya. Apabila tidak kunjung berhasil, maka bisa segera periksakan diri ke dokter.

Post a comment for "7 Cara Mengobati Telinga Kemasukan Air, Cepat dan Efektif"

Berlangganan via Email