Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mengobati Puting Luka Karena Gigitan Bayi yang Ampuh dan Cepat

qsehat.com - Cara mengobati puting luka karena gigitan bayi dengan bahan bahan alami sangat diminati oleh ibu yang memiliki bayi di rumah. Hal ini karena menggunakan bahan alami lebih dirasa aman bagi bayi daripada menggunakan bahan bahan kimia yang bisa mengkontaminasi air susu ibu.

Gigitan bayi pada puting ibu pun akan memberikan efek sakit atau perih apalagi jika harus tetap memberikan susu ketika puting masih lecet. Maka dari itu banyak ibu segera mencari cara mengobati puting luka karena gigitan bayi agar tidak berlarut larut bahkan menjadi infeksi.

Cara mengobati puting luka karena gigitan bayi
Cara mengobati puting luka karena gigitan bayi
Inilah Cara Mengobati Puting Luka Karena Gigitan Bayi

Beberapa cara mengobati puting luka karena gigitan bayi menggunakan bahan bahan alami yang bisa anda lakukan diantaranya:

1. Membasuh dengan ASI

Cara mengobati puting luka karena gigitan bayi yang paling mudah dan aman yaitu menggunakan air susu ibu sendiri. Air susu ibu memiliki kandungan antibakteri yang tinggi sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pembasuh luka gigitan bayi pada puting ibu, asi juga terbukti aman dan tidak akan meracuni bayi.

Setelah anda membasuh puting menggunakan air susu ibu, anda sebaiknya membiarkan puting dalam keadaan terbuka dan terkena hembusan angin. Hal ini agar menghindari puting lembab dan agar luka pada puting segera mengering, anda juga disarankan tidak menggunakan bra yang terlalu ketat.

2. Menggunakan Daun Kemangi

Daun kemangi terkenal digunakan sebagai sayuran pelengkap makanan atau biasa disebut lalapan Namun, daun kemangi ini juga bisa digunakan untuk obat luka akibat gigitan bayi pada puting. Kandungan didalam daun kemangi dipercaya banyak orang dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan kulit puting yang digigit bayi. Cara pengobatannya pun cukup mudah dilakukan di rumah tanpa bantuan siapapun.

Langkah untuk membuat obat luka akibat gigitan bayi menggunakan daun kemangi ini yaitu pilihlah daun kemangi yang baik dan cuci daun hingga bersih. Kemudian oleskan minyak kelapa ke daun kemangi tersebut, setelah dirasa merata gosokan secara lembut pada bagian puting yang terluka secara rutin.

3. Mengolesi Madu

Menggunakan madu sebagai obat alami untuk luka di payudara akibat menyusui dan gigitan si bayi sudah terbukti dengan adanya penelitian di New Zealand. Anda bisa menggunakan madu yang sangat mudah ditemui di sekitar anda untuk mengobati luka pada puting.

Cara penggunaan madu sebagai obat alami untuk luka di payudara  akibat menyusui sangatlah mudah. Anda tinggal mengoleskan madu ke bagian puting yang terluka, lebih baik anda menggunakan madu alami tanpa campuran gula.

Basuhlah olesan madu di puting anda jika anda akan menyusui bayi, terlebih bayi yang belum genap berusia satu tahun. Karena bayi yang belum satu tahun masih belum boleh mengkonsumsi madu, lebih baik anda bersihan dahulu agar bayi tidak keracunan.

4. Olesan Gel Lidah Buaya

cara mengobati puting karena gigitan bayi yang terakhir yaitu dengan menggunakan olesan gel lidah buaya. Lidah buaya terkenal dengan bahan alami penyembuh berbagai luka termasuk luka yang disebabkan oleh gigitan bayi pada puting.

Caranya, anda harus membersihkan tanaman lidah buaya dan mengambil dagingnya saja. Lalu, remalah daging lidah buaya tersebut hingga berbentuk seperti gel, oleskan gel tersebut pada area puting yang terluka.

Tunggulah beberapa saat atu hingga gel sedikit mengering. Setelah itu jangan lupa untuk membersihkan puting anda dengan air hangat atau air mengalir hingga bersih agar si bayi tidak keracunan gel lidah buaya.

Beberapa cara mengobati puting karena gigitan bayi  itu tadi bisa anda praktekan sendiri di rumah tanpa anda harus pergi ke dokter. Namun, selalu ingat kebersihan dan jangan lupa bilas puting ketika akan menyusui.

Post a comment for "4 Cara Mengobati Puting Luka Karena Gigitan Bayi yang Ampuh dan Cepat"