Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mengobati Polip Hidung yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

qsehat.com - Cara mengobati polip hidung tanpa menggunakan operasi sangat banyak dicari dan digunakan oleh masyarakat pengidap penyakit polip. Polip merupakan suatu peradangan yang terjadi di saluran hidung bagian dalam yang akan menyebabkan penderita mengalami gangguan seperti hidung tersumbat, pilek, hingga mimisan.

Semakin berkembangnya zaman, cara mengobati polip hidung tanpa melakukan operasi saat ini digemari oleh penderita karena lebih mudah dan murah. Nah, apa saja sih cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengobati polip hidung yang anda derita tanpa melakukan sebuah operasi?


Cara mengobati polip hidung
Cara mengobati polip hidung
 Inilah Obat Polip Hidung di Apotik dan Alami

Beberapa cara mengobati polip hidung tanpa melakukan operasi dan dipastikan sangat mudah adalah:

1. Menggunakan Obat Tetes Kortikosteroid

Salah satu cara mengobati polip hidung yang sudah sangat familiar dengan penderita polip yaitu dengan menggunakan obat tetes katisteroid. Obat ini digadang gadang bisa meringankan peradangan pada polip hingga mengecilkan ukuran polip bahkan menghilangkan polip tanpa adanya bekas dan tanpa melakukan operasi.

Sama seperti beberapa obat lain, obat ini juga akan menimbulkan beberapa efek samping ringan seperti mimisan, iritasi hingga sakit tenggorokan. Biasanya, obat ini akan bekerja secara maksimal dan terasa setelah pengidap polip menggunakan secara rutin selama 2 minggu.

Untuk menggunakan obat ini caranya cukup gampang sekali, anda cukup berbaring di kasur dan teteskan atau semprotkan obat kortikosteroid tersebut di hidung. Diamkan obat selama 3 hingga 4 menit hingga obat benar benar masuk ke dalam hidung.

Selain obat tetes, kortikosteroid juga tersedia juga di dalam bentuk tablet dan juga suntikan. Anda bisa konsultasi dulu dengan dokter THT anda untuk menggunakan obat polip hidung di apotik ini.

2. Menggunakan Daun Sirih

Selain menggunakan obat polip hidung di apotik, anda juga bisa menggunakan berbagai manfaat tumbuhan herbal yang ada disekitar kita. Dengan menggunakan bahan-bahan herbal pastinya akan lebih murah dibandingkan dengan menggunakan obat yang harus membelinya di apotik.

Salah satu tanaman obat polip hidung adalah daun sirih yang sangat mudah dijumpai dan ditemukan disekitar tempat tinggal anda. Daun sirih yang sudah sangat terkenal bisa menyembuhkan mimisan dan pendarahan dalam hidung ternyata dapat menyembuhkan polip di dalam hidung juga.

Cara mengobati polip hidung dengan daun sirih ini cukup mudah sekali. Hal Pertama yang harus anda lakukan yaitu siapkan daun sirih, kunyit, serta daun cemara, lalu rebus bahan hingga mendidih dengan panci tertutup dan hirup uap yang keluar dari air rebusan itu.

Lakukanlah secara rutin cara tersebut agar anda mendapatkan hasil yang maksimal dalam menggunakan manfaat daun sirih sebagai obat polip.

3. Menggunakan Campuran Jeruk Nipis dan Jahe

Selain daun sirih, tanaman obat polip hidung lainnya yaitu campuran jeruk nipis dan jahe. Jeruk nipis merupakan buah yang memiliki kandungan banyak vitamin C, nah jika jahe adalah rempah rempah yang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh.

Perpaduan kedua bahan ini sudah dipastikan sangat baik dalam mengobati polip yang ada di hidung pastinya tanpa anda melakukan operasi. Cara mengobati polip hidung dengan campuran jeruk nipis dan jahe ini sangatlah mudah.

Pertama, anda harus menyiapkan jeruk nipis yang sudah diperas dan masukan tumbukan beberapa uas jahe ke dalam perasan jeruk itu. rebus campuran tersebut hingga mendidih dan tunggu hingga dingin, setelah dingin anda bisa minum rebusan jeruk dan jahe tersebut.

Beberapa cara mengobati polip hidung tanpa operasi tersebut bisa nada gunakan agar anda segera terbebas dari penyakit polip. Namun, jika anda masih meragukannya and abisa mengkonsultasikan pada dokter.

Post a comment for "3 Cara Mengobati Polip Hidung yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah"