Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengobati Kutu Air di Tangan yang Ampuh dan Mudah Dilakukan

qsehat.com - Banyak orang bingung mencari cara mengobati kutu air di tangan, apalagi jika sudah parah. Telapak tangan merupakan bagian yang paling pertama terkena kutu air. Infeksi akan menyebar ke jari dan punggung tangan jika tidak segera diatasi. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengobati kutu air di tangan.

Kulit gatal, merah, bersisik hingga mengelupas dan ditumbuhi lenting-lenting berisi cairan bening merupakan beberapa gejala seseorang terkena kutu air. Kutu air yang menyerang seseorang disebabkan karena banyak faktor. Penyebab kutu air di antaranya yaitu dikarenakan iklim yang panas dan lembab.

cara mengobati kutu air di tangan
cara mengobati kutu air di tangan

Inilah Cara Ampuh Mengobati Kutu Air di Tangan

Ketika kutu air di tangan tak kunjung sembuh, beberapa solusi yang dapat Anda lakukan di antaranya:

1. Mengoleskan Terbinafine

Cara mengobati kutu air di tangan yang pertama adalah dengan menggunakan terbinafine. Umumnya, terbinafine dijual bebas jadi Anda dapat membelinya dengan mudah di manapun berada. Membunuh dan mencegah pertumbuhan jamur merupakan fungsi dari terbinafine. Untuk mengoleskan terbinafine dengan benar, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya!

2. Clotrimazole yang Berbentuk Krim Maupun Obat Semprot

Clotrimazole dapat digunakan untuk mengobati kutu air di tangan dengan ampuh. Fungsi dari clotrimazole adalah untuk mengurangi gejala infeksi dengan cara membunuh jamur penyebab infeksi tersebut. Tidak hanya berupa krim, clotrimazole juga tersedia dalam bentuk obat semprot.

3. Miconazole untuk Membasmi Infeksi Jamur

Miconazole tidak hanya membasmi kutu air di tangan, melainkan juga di kuku, mulut hingga vagina. Pertumbuhan jamur dapat dihentikan dengan menggunakan obat yang satu ini. Miconazole menjadi salah satu cara mengobati kutu air di tangan yang cukup ampuh untuk dilakukan.

4. Sifat Antijamur pada Bawang Putih untuk Mengobati Kutu Air

Salah satu penyebab kutu air di tangan adalah adanya jamur Candida albicans. Berdasarkan penelitian Journal of Applied Microbiology tahun 2002, jamur tersebut dapat dilawan dengan bawang putih. Sifat antijamur yang terdapat di dalam bawang putih sangat berguna untuk melawan jamur Candida albicans.

Cara mengobati kutu air di tangan menggunakan bawang putih sangat mudah. Cukup siapkan 4-5 siung bawang putih, lalu tumbuk hingga hancur kemudian oleskan pada area yang terkena kutu air. Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah kegiatan ini minimal 2 kali dalam sehari agar gatal berkurang.

5. Tea Tree Oil/Minyak Pohon Teh sebagai Antijamur Bertahun-tahun

Cara mengobati kutu air di tangan menggunakan minyak pohon teh bukan lagi hal yang baru. Bertahun-tahun lamanya, orang-orang menggunakan minyak tersebut sebagai obat antijamur. Sifat antiseptik, antibakteri sekaligus antijamur tersedia lengkap di dalamnya. Sehingga sangat cocok jika banyak orang menggunakan minyak ini sebagai obat kutu air.

Salah satu obat kutu air yang paling banyak digunakan sebagai obat kutu air adalah tolnaftate. Di dalam sebuah studi pada tahun 2002, minyak pohon teh sama efektifnya dengan tolnaftate. Cara menggunakan minyak pohon teh sangat mudah, yaitu cukup dengan mengoleskannya di bagian kulit yang terkena kutu air. Gatal, bengkak, hingga sensasi kulit terbakar karena kutu air dapat diatasi dengan mengoleskan minyak tersebut.

Demikianlah beberapa cara mengobati kutu air di tangan yang cukup ampuh untuk dilakukan. Selain menggunakan cara-cara di atas, tentunya ada hal yang lebih penting lagi. Hal penting tersebut di antaranya adalah menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan. Ketika dari bepergian, sebelum maupun setelah makan, maupun setelah memegang benda wajib cuci tangan.

Post a comment for "5 Cara Mengobati Kutu Air di Tangan yang Ampuh dan Mudah Dilakukan"

Berlangganan via Email