Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara mengobati Gusi Bengkak disertai Nyeri Tanpa Dokter

qsehat.com - Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri sangat bermacam-macam dan banyak jenisnya mulai dari pengobatan dari dokter hingga pengobatan tradisional. Banyak orang yang memilih cara pengobatan tradisional karena dipercaya lebih efektif, manjur dan pastinya lebih murah dibanding harus pergi ke dokter gigi.

Gusi yang bengkak biasanya terlihat dari bentuknya yang sedikit membesar dan disertai nyeri bahkan hingga pipi kelihatan lebih besar pada bagian gusi yang bengkak. Banyak sekali cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri yang bisa anda lakukan dengan mudah tanpa harus pergi ke dokter.



cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri
cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri
Inilah Cara Mengatasi Gusi Bengkak disertai Nyeri

Beberapa cara cara mengatasi gusi bengkak disertai nyeri tanpa anda harus pergi kedokter antara lain:

1. Mengompres Menggunakan Air Hangat atau Es

Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri yang pertama yaitu mengompres bagian pipi yang terlihat bengkak dengan air hangat atau es batu.  Anda bisa memilih salah satu diantara air hangat dan es batu, janganlah melakukan pengompresan dengan cara pencampuran kedua bahan tersebut.

Rasa dingin dari es batu atau rasa hangat dari air tersebut akan mengurangi rasa nyeri yang terjadi ketika gusi bengkak. Anda bisa melakukan kompres ini ketika pagi hari dan sore hari, atau bisa juga ketika rasa nyeri pada gusi sedang terasa.

2. Berkumur dengan Garam

jika anda mengalami pembengkakan pada gusi, sebaiknya anda ingat-ingat dahulu apa yang menyebabkan gusi anda membengkak dan terasa nyeri. nah, dengan mengetahui apa penyebab gusi bengkak kalian bisa menindak lanjuti dengan memilih cara pengobatan yang benar.

Selain membeli obat gusi bengkak di apotik, anda juga bisa menggunakan air garam untuk berkumur jika gusi bengkak anda terjadi karena adanya kuman di dalam mulut. Larutan garam ini sangat terbukti dapat membunuh kuman kuman yang menyebabkan pembengkakan pada gusi anda.

Untuk cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri dari larutan garam ini sangatlah mudah. Anda hanya tinggal melarutkan beberapa sendok garam pada air putih dan selanjutnya anda harus berkumur dengan air garam yang sudah larut kedalam air itu, lakukan ini secara teratur hingga gusi anda sembuh dan tidak nyeri.

Air garam ini juga disebut sebut sebagai antibiotik yang mirip dengan obat gusi bengkak di apotik. Meskipun tidak mengeluarkan uang banyak namun bisa merasakan manfaat setara dengan obat yang ada di apotik.

3. Mengoleskan Merica

Banyak orang tidak mengetahui bahwa merica dapat mengobati gusi bengkak, nyatanya merica ini memiliki zat anti inflamasi dan zat anti bakteri. Kedua zat ini akan membantu membunuh kuman dan bakteri penyebab gusi yang bengkak dan nyeri.

Caranya tidak begitu rumit, anda tinggal mencampurkan merica dan sedikit air dengan garam hingga berbentuk pasta dan oleskan pada gusi anda.

4. Banyak Minum Air Putih

Selain air garam, anda juga bisa menggunakan air putih untuk mengatasi penyebab gusi bengkak akibat bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut. Ketika anda mengkonsumsi banyak air putih, maka air yang anda minum akan menstimulasi air liur di dalam mulut.

Nah, air liur inilah yang akan mematikan bakteri bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut penyebab gusi bengkak dan nyeri tersebut. Anda bisa banyak mengkonsumsi air putih baik dingin maupun panas karena air putih juga berguna bagi kesehatan tubuh lainnya.

5. Berkumur Air Lemon

Selain menggunakan air garam, anda juga bisa berkumur menggunakan air lemon. Air lemon yang memiliki kadar ph rendah ini akan mematikan bakteri yang menjadi penyebab gusi bengkak.

Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri dengan air lemon ini sangatlah mudah. Anda cukup berkumur dengan air perasan lemon yang dicampurkan dengan air hangat, lakukan kegiatan ini 3 kali dalam sehari.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi cara mengobati gusi bengkak tanpa anda harus pergi kedokter. Anda bisa memanfaatkan bahan bahan dan barang barang yang ada di sekitar anda.

Post a comment for "5 Cara mengobati Gusi Bengkak disertai Nyeri Tanpa Dokter"