Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Dengan Bahan Herbal yang Ampuh

qsehat.com - Cara mengatasi tenggorokan kering dengan bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan pastinya sangat membantu dan berguna sekali. Apalagi, bagi anda yang sering mengalami tenggorokan kering apalagi ketika anda sedang bangun tidur.

Umumnya, banyak orang yang mengatasi tenggorokan kering dengan mengkonsumsi obat tenggorokan kering dan flu yang bisa didapatkan dengan mudah di apotik. Namun, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi tenggorokan kering dengan bahan yang mudah didapatkan disekitar anda.


Cara mengatasi tenggorokan kering
Cara mengatasi tenggorokan kering
 Inilah Obat Tenggorokan Kering dan Flu

Beberapa cara mengatasi tenggorokan kering dengan bahan-bahan yang bisa mudah anda jumpai anata lain:

1. Mengkonsumsi Air Putih yang Cukup

Selain mengkonsumsi obat tenggorokan kering dan flu untuk menyembuhkan tenggorokan kering yang anda alami, anda bisa mengkonsumsi banyak air putih. Air putih yang anda konsumsi akan meringankan kekeringan yang terjadi pada tenggorokan anda.

Terkadang, jika anda mengalami tenggorokan kering, iu merupakan salah satu indikasi bahwa anda kekurangan air atau dehidrasi. Maka dari itu, anda diharuskan untuk memperbanyak air putih yang dikonsumsi.

Selain itu, anda juga harus menghindari minuman yang mengandung banyak kafein dan alkohol.karena kedua zat ini akan memperparah kondisi dehidrasi dan kekeringan yang terjadi di dalam tenggorokan anda.

2. Menghindari Asap Rokok dan Polutan

Cara mengatasi tenggorokan kering  selanjutnya yaitu dengan cara menghindari asap rokok dan polusi yang ada disekitar anda. Apalagi jika anda sendiri yang merokok, itu sangat dipastikan akan memperparah kekeringan yang terjadi di dalam tenggorokan anda.

Asap rokok dan polutan seperti debu dan polusi udara akan menjadikan tenggorokan anda terasa lebih kering bahkan bisa menjadi iritasi. Maka dari itu, anda harus membatasi berkegiatan di lingkungan yang memiliki banyak polutan, atau anda bisa menggunakan sebuah masker.

3. Menghindari Bernapas Lewat Mulut

Bernapas menggunakan mulut akan mengekspos bagian dalam tenggorokan pada udara luar yang masuk tanpa disaring. Maka, udara yang masuk ke dalam tenggorokan tidak akan tersaring dan pastinya udara tersebut mengandung banyak polutan dan kotoran sehingga tidak baik bagi kesehatan tenggorokan.

Nah cara mengatasi tenggorokan kering dengan menghindari bernafas lewat mulut sangat mudah sekali untuk anda lakukan. Tetaplah bernapas menggunakan hidung jika memungkinkan, karena udara yang masuk akan tersaring dengan baik dan tidak menimbulkan penyakit lain.

4. Berkumur dengan Air Hangat dan Garam

Garam sudah sangat terkenal dengan fungsinya yang bisa membunuh kuman baik di dalam mulut dan tenggorokan serta meringankan tenggorokan yang sedang kering. Anda bisa berkumur dua kali dalam satu hari menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam

Cara mengatasi tenggorokan kering ini anda cukup mencampurkan 1 sendok teh garam kedalam setengah gelas air hangat. Setelah itu kumurlah selama 30 hingga 60 detik dan buang kembali air tersebut serta ulangi hingga air dalam gelas habis.

5. Mengkonsumsi Teh Panas

Jika anda mengalami tenggorokan kering saat bangun tidur, anda bisa mengkonsumsi teh panas. Teh panas yang dicampur madu atau lemon akan memberikan efek menyejukan baik dalam lambung maupun tenggorokan sehingga tenggorokan kering akan berkurang.

Banyak teh yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat tenggorokan kering, diantaranya yaitu teh jahe, min, cengkeh, akar manis dan berbagai teh herbal lainnya. Agar tenggorokan kering saat bangun tidur cepat hilang anda bisa mencampurkan beberapa perasan lemon atau tetesan madu.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi tenggorokan kering tanpa obat-obatan dan menggunakan bahan yang sangat mudah didapat. Semoga dengan ini anda tidak lagi mengalami tenggorokan kering.

Post a comment for "5 Cara Mengatasi Tenggorokan Kering Dengan Bahan Herbal yang Ampuh"

Berlangganan via Email