Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Alami di Rumah

qsehat.com - Cara mengatasi tekanan darah rendah umumnya sangat banyak dan sangat mudah untuk dilakukan, mulai dari yang alami hingga menggunakan obat-obatan yang dijual bebas. Dengan mengetahui apa penyebab tekanan darah rendah yang anda alami, anda bisa memilih salah satu cara yang bisa anda gunakan.

Berikut ini ada beberapa cara mengatasi tekanan darah rendah bagi anda yang ingin menaikan tekanan darah dengan cepat tanpa menggunakan obat-obatan. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk menaikan tekanan darah rendah ini dengan cepat dan dirumah anda masing-masing.

Cara mengatasi tekanan darah rendah
Cara mengatasi tekanan darah rendah

Inilah Cara-cara Mengobati Tekanan Darah Rendah

Beberapa cara mengatasi tekanan darah rendah yang bisa anda coba untuk menaikan lagi tekanan darah anda dengan cepat antara lain:

1. Mengkonsumsi Makanan Mengandung Garam Tinggi

Garam merupakan makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi karena garam mengandung natrium yang dapat memicu naiknya tekanan darah. berbanding dengan itu, garam sangat dianjurkan bagi anda yang menderita tekanan darah rendah karena akan menaikan tekanan darah hingga batas tekanan darah yang normal.

Salah satu makanan untuk tekanan darah rendah ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Anda bisa mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung garam tinggi dan pastinya memiliki yodium.

2. Mengkonsumsi Cairan

Salah satu penyebab darah rendah yaitu kurangnya cairan di dalam tubuh atau dehidrasi. Jika tubuh anda dehidrasi, maka tekanan darah yang ada di dalam tubuh akan cepat turun karena volume darah juga menurun.

Cara mengatasi tekanan darah rendah jika penyebabnya adalah dehidrasi yaitu dengan mengkonsumsi banyak cairan. Anda bisa mengkonsumsi cairan yang memiliki rasa manis karena akan sedikit membantu agar tekanan darah anda cepat naik, atau anda juga bisa mengkonsumsi banyak air putih. Anda juga patut menghindari minuman yang mengandung alkohol karena alkohol akan memperparah penurunan tekanan darah dalam tubuh anda.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Memiliki Folat

Kurangnya folat dalam tubuh juga merupakan salah satu  penyebab darah rendah  tekanan darah menurun bahkan mengalami anemia atau kekurangan darah. dengan itu, jika anda memiliki riwayat penyakit darah rendah anda disarankan agar mengkonsumsi makanan yang mengandung folat tinggi.

Makanan untuk darah rendah yang memiliki kandungan folat tinggi diantaranya yaitu asparagus, hati ayam atau sapi hingga kacang-kacangan. Anda bisa mengolah bahan makanan tersebut menjadi makanan yang anda sukai.

4. Sering Makan Makanan Porsi Kecil

Cara mengatasi tekanan darah selanjutnya adalah dengan sering mengkonsumsi makanan yang memiliki porsi kecil. Jika anda mengkonsumsi makanan kecil atau makanan dengan porsi kecil sesering mungkin, ini akan membantu anda dalam mencegah penurunan tekanan darah rendah.

Akibatnya, tekanan darah rendah yang anda derita tidak akan lebih parah dan berkelanjutan. Sering mengkonsumsi makanan kecil juga lebih efektif daripada anda mengkonsumsi makanan berat dengan porsi yang besar di suatu waktu.

5. Hindari Hal-hal yang Terjadi Secara Tiba-tiba

Selain beberapa makanan untuk darah rendah yang bisa membantu anda menaikan tekanan lagi, ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan. Beberapa hal ini biasanya tidak ada sadari dan sering sekali anda lakukan dalam kegiatan sehari-hari.

Cara mengobati tekanan darah rendah selain mengkonsumsi dan menghindari beberapa jenis makanan yaitu dengan tidak merubah posisi atau bergerak secara tiba-tiba. Biasanya ini terjadi saat ingin merubah posisi duduk ke posisi berdiri atau posisi berbaring ke posisi berdiri.

Sebaiknya, anda bisa memiringkan badan dahulu sebelum berdiri setelah dalam posisi berbaring. Jika anda dalam posisi duduk, anda bisa berdiri secara perlahan dan jika memungkinkan, anda juga bisa berpegang pada tembok atau kursi untuk mengurangi rasa pusing ketika akan berdiri.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi tekanan darah rendah yang sangat mudah dan bisa anda lakukan dengan mudah di rumah masing-masing.

Post a comment for "5 Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Alami di Rumah"

Berlangganan via Email