Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Susah Tidur Malam yang Ampuh untuk Dicoba

qsehat.com - Cara mengatasi susah tidur malam pun menjadi sesuatu yang paling banyak dicari. Tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia yang banyak manfaatnya. Sayangnya, sebagian orang mengalami kesulitan untuk tidur dengan baik. Penyebab susah tidur malam juga berbeda-beda bagi tiap orang.

Mata ngantuk tapi tidak bisa tidur, apakah Anda pernah mengalaminya? Atau, barangkali Anda bisa tidur, tapi sudah menjelang dini hari dan kurang nyenyak? Apapun penyebab susah tidur malam, semoga beberapa cara yang akan kami paparkan dapat membantu Anda.

Cara mengatasi susah tidur malam
Cara mengatasi susah tidur malam
Inilah Cara Mengatasi Susah Tidur Malam

Seseorang yang kesulitan tidur atau kurang tidur akan berdampak bagi kesehatan tubuh, cara mengatasi susah tidur malam di antaranya:

1. Mulailah dengan Menentukan Waktu Tidur Secara Teratur

Ketika waktu tidur Anda berantakan, maka tubuh akan selalu merasa siaga. Cara mengatasi susah tidur malam yang pertama adalah dengan menentukan waktu tidur secara teratur. Usahakan setiap hari rebahkan diri Anda pada jam yang sama.

Menentukan waktu tidur yang sama setiap harinya akan memudahkan tubuh kita untuk tidur. Namun yang perlu diingat, janganlah tidur terlalu larut malam. Anda dapat mempraktekkannya dengan menyalakan alarm pada jam 21.00 malam, kemudian rebahkan tubuh Anda di kasur.

2. Jangan Lakukan Tidur Siang

Jika sudah menentukan waktu tidur, cara mengatasi susah tidur malam hari yang kedua berkaitan dengan tidur siang. Ya, tidur siang akan membuat Anda mengurangi kebutuhan tidur malam hari. Tak heran kalau tubuh lebih mudah terjaga di malam hari dikarenakan Anda tidur siang.

3. Gunakanlah Kasur dengan Baik

Tempat tidur terkadang menjadi salah satu tempat multifungsi bagi sebagian orang. Seperti digunakan untuk menulis, menonton TV, dan lain sebagainya dan tidak digunakan untuk tidur. Berkaitan dengan hal itu, cara mengatasi susah tidur malam selanjutnya adalah dengan bijak memanfaatkan kasur.

Ketika Anda sering melakukan kegiatan selain tidur di atas kasur, mulailah untuk menghindarinya. Hal ini dikarenakan tubuh tidak bisa merespon dengan baik fungsi kasur yang notabene untuk tidur. Lakukan kegiatan selain tidur bukan di atas kasur, di meja belajar saja atau tempat lainnya.

4. Jangan Menggunakan HP Menjelang Tidur di Malam Hari

Sering sekali kita menggunakan atau memainkan HP di malam hari sebelum tidur. Padahal hal ini akan memberikan sinyal ke mata kita untuk selalu melihat sesuatu yang terang. Jadi, ditangkap oleh mata kita bahwa seolah-olah sedang berada pada situasi siang dan terang.

Jadi mata akan sulit terpejam dan terus saja asik memainkan HP hingga larut malam. Kebiasaan seperti ini sangat tidak dianjurkan, apalagi untuk Anda yang sering mengalami insomnia. Cara mengatasi susah tidur malam dikarenakan HP adalah dengan menghindari penggunaan HP sebelum tidur.

5. Manfaat Olahraga Sore untuk Membantu Mengatasi Kesulitan Tidur

Manfaatkan waktu sore Anda untuk berolahraga apa saja. Sesederhana jalan kaki di sekitar rumah atau bisa juga senam dan lain-lain. Seseorang yang berolahraga akan mengeluarkan keringat serta dilanda kelelahan.

Hal ini akan sangat membantu untuk mempermudah Anda untuk tidur ketika malam hari dengan baik. Lakukanlah olahraga 2-3 jam sebelum tidur atau bisa juga sebelum matahari terbenam. Jangan terlalu mepet dengan waktu tidur, karena justru akan membuat Anda sulit tidur.

Itulah beberapa cara mengatasi susah tidur malam hari yang cukup ampuh dan aman untuk dicoba.
Tidak harus semua cara Anda lakukan, mulailah dari salah satu cara yang paling memungkinkan.
Kemudian rutinkan melakukan cara tersebut setiap harinya, hingga Anda tidak lagi mengalami kesulitan tidur malam.

Post a comment for "Cara Mengatasi Susah Tidur Malam yang Ampuh untuk Dicoba"