Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi Sakit Pinggang saat Hamil 7 Bulan

qsehat.com - Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil 7 bulan banyak sekali dicari oleh kalangan ibu yang sedang mengandung. Ini semua dikarenakan hampir semua ibu yang mengandung merasakan gejala ini, dan sangat tidak nyaman apalagi ketika melakukan kegiatan sehari-hari.

Gejala sakit pinggang ini merupakan hal yang wajar karena bentuk tubuh ibu hamil akan berubah seiring dengan berkembangnya janin yang ada di rahim. Serta, ditambah dengan bertambahnya cairan ketuban yang ada di dalam rahim akan membuat titik gravitasi anda berubah dan menyebabkan sakit pinggang, lalu bagaimana cara mengatasinya?

Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil
Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil
Inilah Cara Mengatasi Sakit Pinggang saat Hamil 7 Bulan

Ada beberapa cara mengatasi sakit pinggang saat hamil 7 bulan yang bisa anda lakukan, diantaranya:

1. Jalan Kaki

Ibu hamil memang  disarankan mengurangi kegiatan yang berat, namun untuk jalan kaki yang tergolong olahraga ringan sangat dianjurkan. Aktivitas berjalan kaki di pagi hari merupakan salah satu cara mengatasi sakit pinggang saat hamil 7 bulan, selain itu jalan kaki juga bisa melancarkan peredaran darah dan aliran oksigen di dalam tubuh.

2. Senam Hamil

Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil 7 bulan salah satunya dengan mengikuti senam hamil. Aktivitas senam ini bisa mengurangi rasa kaku pada otot, melatih keseimbangan tubuh, merilekskan otot dan bisa melancarkan proses persalinan.

Anda bisa melakukan senam hamil di rumah atau mengikuti kelas senam hamil bersama instruktur yang sudah terlatih. Dianjurkan anda mengikuti senam hamil ini secara teratur, paling tidak 1 minggu sekali.

3. Berenang

Berenang merupakan olahraga yang sangat menyehatkan, selain dapat mengurangi nyeri pinggang, berenang juga dapat mengurangi nyeri punggung saat hamil 7 bulan. Berenang akan melatih kekuatan tulang  dan mereleksasi otot, berenang juga akan mengurangi resiko penyakit tertentu dan dapat memperlancar proses persalinan.

Beberapa penyakit yang bisa diatasi oleh berenang antara lain penyumbatan pembuluh darah, stroke, jantung dan diabetes. Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil 7 bulan dengan berenang harus diperhatikan, frekuensi berenang harus diatur dengan baik dan tidak terlalu sering karena ketika 7 bulan, perut sudah mulai membesar.

4. Meningkatkan Asupan Air Putih

Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil 7 bulan berikutnya adalah mengkonsumsi air putih yang banyak. Ibu hamil yang jarang kekurangan kadar air putih dalam tubuh dan kekurangan gerak akan lebih berisiko untuk terserang sakit pinggang bahkan jika tidak segera diatasi, akan memicu penyakit pada kandung kemih.

Idealnya, asupan air putih bagi seseorang yaitu 2 liter atau setara dengan 8 gelas perhari, namun untuk ibu hamil harus sedikit melebihi batas ideal seseorang..

5. Mengompres pinggang yang sakit

Cara mengatasi sakit pinggang saat hamil 7 bulan yang lain adalah dengan teknik kompres, bisa kompres air hangat ataupun kompres air dingin. Untuk pengompresan dengan air dingin dengan cara membungkus es batu dengan kain lalu mintalah bantuan untuk memijit bagian pinggang menggunakan bungkusan es tersebut.

Sedangkan cara mengompres dengan air hangat dengan memijit bagian pinggang menggunakan kain yang dicelupkan pada air hangat. Anda bisa memilih salah satu cara tersebut dan jangan dicampur, hal ini juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri punggung saat hamil 7 bulan.

Demikian beberapa cara mengatasi sakit pinggang saat hamil 7 bulan yang bisa anda gunakan ketika anda hamil. Semoga dengan adanya beberapa cara mengatasi sakit pinggang dan nyeri punggung saat hamil 7 bulan anda akan merasakan kenyamanan ketika beraktivitas.

Post a comment for "5 Cara Mengatasi Sakit Pinggang saat Hamil 7 Bulan"