Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Mengatasi Perut Kembung saat Hamil, Jangan Sembarangan!

Qsehat.com - Meski cara mengatasi perut kembung saat hamil terbilang cukup mudah, namun faktor keamanan harus diperhatikan. Kondisi perut kembung ketika hamil, terutama pada trimester pertama merupakan hal yang wajar tetapi tentu membuat Anda tak nyaman karena perut terasa begah.

Meningkatnya hormon progesteron adalah penyebab utama munculnya kembung ataupun perut terasa penuh saat hamil muda. Bila tak ditangani dan semakin parah, bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti metabolisme tubuh yang jadi melambat.

cara mengatasi perut kembung saat hamil
cara mengatasi perut kembung saat hamil
 Cara Mengatasi Perut Kembung saat Hamil

Langkah pertama mengatasi kembung saat hamil adalah mengurangi atau menghindari mengkonsumsi minuman dan makanan yang bisa memicu timbulnya gas dalam perut. Minuman bersoda, kembang kol, bawang Bombay, gorengan, brokoli, kacang-kacangan, dan kubis adalah beberapa jenis makanan dan minuman penyebab gas. Selain itu, berikut ini cara lain yang bisa Anda lakukan:

1. Hindari makanan yang mengandung lemak jahat

Makanan berlemak akan menimbulkan gangguan pencernaan terutama mengganggu kerja metabolisme tubuh. Ini akan membuat pencernaan bekerja melambat dan menimbulkan kembung.

2. Hindari makanan mengandung fruktosa tinggi

Biji-bijian utuh, pir, apel, makanan olahan, dan daun bawang merupakan beberapa makanan yang punya kandungan tinggi gula fruktosa. Pada sebagian orang, apalagi ibu hamil, konsumsi makanan ini bisa menimbulkan kembung.

3. Jauhi minuman soda serta pemanis buatan

Pemanis buatan dan minuman berkarbonasi sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Sebaliknya, konsumsilah lebih banyak kalsium. Susu kedelai dan susu bebas laktosa adalah minuman terbaik sebagai cara mengatasi perut kembung saat hamil.

4. Makanlah dalam porsi kecil namun sering

Ibu hamil butuh tenaga ekstra, tetapi bila makan dengan porsi banyak sekali waktu akan membuat kembung. Hal ini juga yang membuat perut terasa penuh saat hamil muda. Untuk mengatasinya, cobalah untuk makan dalam porsi kecil dan beri waktu lebih lama bagi pencernaan untuk bekerja sempurna.

5. Tambah asupan serat

Menambah asupan serat merupakan salah satu cara mengatasi perut kembung saat hamil. Buah dan sayur adalah sumber makanan terbaik dengan serat tinggi. Kandungan serat akan menyediakan cukup cairan dalam saluran pencernaan sehingga tinja lebih lunak. Selain itu, konsumsi makanan tinggi serat ini juga dikenal efektif sebagai cara mengatasi susah kentut saat hamil.

6. Biasakan minum banyak air putih

Kebutuhan cairan ketika hamil menjadi meningkat. Bila kekurangan cairan, ibu hamil akan mudah merasa lemas, pusing, serta merasakan kembung dan begah. Meski cairan juga dapat didapat dari konsumsi buah dan sayur, air putih adalah sumber cairan terbaik.

Anda disarankan untuk minum 8 hingga 10 gelas air untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap hari. Ini diperlukan demi lancarnya kerja pencernaan sehingga kembung dan sembelit dapat dihindari.

7. Bergerak aktif dan olahraga rutin

Ibu hamil juga butuh aktif bergerak untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Selalu sempatkan juga melakukan olahraga rutin ringan setiap hari. Tak harus yang berat, olahraga mudah dan ringan seperti berjalan kaki 30 menit per hari sudah cukup.

8. Hindari stress

Perubahan hormon pada ibu hamil kerap memicu stress dan rasa cemas berlebihan. Hal ini secara tak langsung membuat Anda menelan udara lebih banyak sehingga menumpuk terlalu banyak gas dalam pencernaan. Setiap kali Anda merasa lelah dan stress, berhentilah sejenak untuk beristirahat. Lakukan hal-hal yang dapat membuat Anda tenang dan rileks.

Nah, cara mengatasi perut kembung saat hamil di atas adalah cara teraman yang bisa Anda lakukan. Beberapa diantaranya pun bisa Anda terapkan sebagai cara mengatasi susah kentut saat hamil.

Post a comment for "8 Cara Mengatasi Perut Kembung saat Hamil, Jangan Sembarangan!"