Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengatasi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil yang Ampuh

qsehat.com - Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil sebenarnya tidak sulit, hanya saja dibutuhkan cara yang aman dan tidak punya efek samping negatif. Kondisi kaki yang membengkak saat hamil, terutama pada trimester terakhir terlihat sepele namun nyatanya membuat ibu hamil tak nyaman karena merasakan nyeri sehingga tidak kuat berdiri terlalu lama.

Kondisi tersebut disebabkan oleh banyak faktor, seperti konsumsi sodium berlebihan, berdiri atau duduk terlalu lama, ataupun penyebab lainnya. Ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan sendiri di rumah, termasuk cara membuat ramuan untuk kaki bengkak saat hamil. Apa saja? Simak ulasan singkatnya berikut.

Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil
Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil
 Inilah Cara Mengobati Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil yang Ampuh 

Adapun cara atasi kaki bengkak pada ibu hamil adalah:

1. Cari Posisi Ternyaman

Saat hamil, pastinya gerak tubuh menjadi terbatas. Ketika kaki bengkak dan terasa nyeri, segera cari posisi ternyaman. Misalnya, gunakan bantal untuk mengganjal kaki ketika Anda tidur ataupun duduk. Tujuannya adalah agar sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

2. Olahraga Ringan

Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil yang juga mudah dilakukan adalah melakukan olahraga rutin. Tidak perlu yang berat, olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berenang selama 15-30 menit sudah cukup membantu melancarkan peredaran darah. Anda juga bisa beristirahat setiap lima menit agar tak mudah lelah.

3. Hindari Suhu Terlalu Panas

Meski terasa nyaman, mandi menggunakan air hangat ketika hamil bisa memperburuk kondisi kaki bengkak. Selain itu, sebaik mungkin hindarilah suhu yang terlalu panas seperti paparan sinar matahari terik.

4. Kurangi Konsumsi Garam

Makanan yang terlalu banyak mengandung garam bisa memperparah edema. Untuk itu, kurangilah menggunakan garam pada masakan Anda.

5. Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Pakailah alas kaki yang nyaman saat bepergian. Lebih baik tidak memakai sandal atau sepatu hak tinggi terutama ketika kehamilan telah memasuki trimester ketiga.


Siapkan air dingin dan handuk kecil untuk mengompres, lalu kompreslah area kaki yang mengalami bengkak. Bila bengkaknya merata dari telapak kaki ke pergelangan kaki, merendam kaki dalam air hangat akan sangat membantu.

6. Pijat Kaki Bengkak saat Hamil

Cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil yang satu ini harus dilakukan oleh praktisi terlatih. Ada beberapa titik pada tubuh ibu hamil yang sebaiknya tidak ikut dipijat, salah satunya adalah area yang berhubungan langsung ke ovarium dan rahim, yakni tepat di area bawah tulang pergelangan kaki.

Bila sembarangan pijat kaki bengkak saat hamil, kontraksi rahim bisa terjadi sewaktu-waktu dan menyebabkan risiko persalinan prematur.

7. Ramuan untuk Kaki Bengkak saat Hamil

Selain 7 cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil  di atas, Anda juga bisa membuat ramuan alami berbahan rempah-rempah khas Indonesia. Caranya:

  • Siapkan bahan-bahan berikut: cengkeh, beras, kencur, dan jahe.
  • Kupas jahe dan kencur, cuci bersih dengan air mengalir.
  • Tumbuk semua bahan hingga halus sambil sedikit demi sedikit dituangi air.
  • Peras ramuan tersebut dan saring.
  • Oleskan air perasannya pada area kaki yang membengkak.
Ramuan ini merupakan obat luar, khasiatnya adalah menghangatkan serta melebarkan pembuluh darah sehingga membantu melancarkan aliran darah serta meringankan gejala bengkak.

Yang tidak kalah penting, tetap terhidrasi dengan rajin minum air putih adalah cara mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil teraman dan paling mudah yang bisa Anda lakukan. Selain itu, pakailah celana yang mendukung kesehatan dan pergerakan ibu hamil.

Pilih yang tidak sesak terutama di area pergelangan tangan dan kaki. Bila bengkak tak kunjung hilang dan semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter ahli.

Post a comment for "7 Cara Mengatasi Kaki Bengkak pada Ibu Hamil yang Ampuh"