Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Obat, Wajib Dicoba di Rumah

qsehat.com - Cara mengatasi gigi berlubang tanpa obat dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah. Gigi berlubang seringkali disebabkan karena kebiasaan buruk yang dipertahankan seperti jarang menyikat gigi terutama seusai mengonsumsi makanan manis secara berlebihan.

Untuk mengatasi gigi berlubang, Anda dapat melakukan cara mengatasi gigi berlubang di depan dengan perawatan alami tanpa menggunakan obat. Karena perawatan alami juga dapat membuat enamel gigi menjadi lebih kuat dan membantu mencegah terbentuknya rongga.


Cara mengatasi gigi berlubang tanpa obat
Cara mengatasi gigi berlubang tanpa obat

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Obat

Sebelum membeli obat yang mengandung bahan kimia, akan lebih baik jika mencoba cara mengatasi gigi berlubang tanpa obat berikut ini:

1. Mengunyah cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu tanaman herbal alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.. Salah satu manfaatnya yaitu dapat membantu mengatasi rasa nyeri yang diakibatkan oleh gigi yang berlubang.

Lantas, bagaimana cara menggunakan cengkeh untuk gigi berlubang? Ada 2 cara yang bisa Anda terapkan. Cara pertama yaitu dengan mengunyah cengkeh sampai berubah menjadi minyak. Kemudian diamkan letakkan kunyahan cengkeh tersebut di bawah lidah dan biarkan selama beberapa menit.

Cara mengatasi gigi berlubang tanpa obat yang kedua yaitu larutkan 3 tetes minyak cengkeh dengan seperempat sendok teh minyak wijen. Jika sudah, ambillah kapas kemudian celupkan kepada larutan tersebut dan tepuk-tepukkan ke bagian gigi yang berlubang.

2. Air garam

Cara ini tentunya sudah sangat populer dilakukan karena biasanya dijadikan sebagai cara mengatasi sakit gigi tanpa obat. Namun, sebenarnya berkumur dengan garam juga dapat membantu mengatasi gigi yang berlubang. Jadi daripada membeli obat diluar alangkah baiknya jika mencoba cara ini.

Untuk melakukannya sebenarnya cukup sipple yaitu dengan melarutkan 1 sdm garam dalam segelas air hangat. Aduk-aduk lalu gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit saja. Lakukan cara mengatasi gigi berlubang tanpa obat ini 3 kali dalam sehari.

Selain itu, ada juga cara lainnya yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mencampurkan 1/2 sdt garam dengan air lemon. Lalu, gunakan air lemon dan garam tersebut untuk memijat bagian gusi gigi yang berlubang selama beberapa menit.jika sudah, bersihkanlah mulut Anda dengan air hangat.

3. Menggunakan pasta gigi khusus

Salah satu penyebab gigi berlubang ialah karena tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Nah, jika sudah terlanjur maka mulai sekarang gantilah pasta gigi Anda mulai sekarang dengan memakai pasta gigi dengan kandungan flouride.

Perlu Anda ketahui bahwa cara membantu mengatasi gigi berlubang ini bekerja dengan cara memperlambat laju perkembangannya. Bukanlah untuk menutup lubang pada gigi yang sudah terbentuk, jadi jangan salah paham.

4. Makan bawang putih

Kandungan anti bakteri yang dimiliki bawang putih berkhasiat untuk membantu mengatasi gigiberlubang sekaligus meredakan nyeri akibat gigi berlubang. Cara mengatasi gigi berlubang tanpa obat dengan bawang putih ini bisa dilakukan dengan memakan bawang putih mentah secara langsung.

Sementara cara untuk mengatasi sakit gigi tanpa obat akibat gigi berlubang dapat Anda lakukan dengan menggosok-gosokkan bawang putih pada gigi. Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan 3 siung bawang putih dengan 1/4 sdt garam. Kemudian dapat langsung mengoleskan pada gigi yang berlubang.

Demikian beberapa cara mengatasi gigi berlubang tanpa obat yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perlu diperhatikan juga bagi Anda yang menderita gigi berlubang untuk mengurangi konsumsi makanan yang terlalu manis. Selain itu, juga melakukan kebiasaan baik seperti sering gosok gigi.

Post a comment for "4 Cara Mengatasi Gigi Berlubang Tanpa Obat, Wajib Dicoba di Rumah"