Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mengatasi Gatal pada Miss V yang Ampuh dan Cepat

qsehat.com - Cara mengatasi gatal pada miss v ada beragam, mulai dari yang alami hingga menggunakan obat-obatan. Kondisi ini bukan merupakan penyakit, tetapi keluhan normal yang disebabkan oleh berbagai hal, terutama saat faktor kebersihan disepelekan.

Ketika tiba-tiba miss V terasa gatal tak tertahankan, bisa jadi penyebabnya adalah alergi penggunaan pembalut atau sabun pembersih, infeksi jamur, infeksi cacing, penyakit menular seksual, kurangnya kebersihan, stres, hingga kurangnya hormon estrogen saat menopause sehingga menimbulkan iritasi.

cara mengatasi gatal pada miss v
cara mengatasi gatal pada miss v
 Inilah Cara Mengatasi Gatal pada Miss V

Berikut ini beberapa cara mudah yang bisa Anda ikuti menghilangkan gatal pada miss V:

1. Kompres Air Dingin

Rasa gatal pada miss V memang merepotkan apalagi bila sampai mengganggu aktivitas Anda. Akibatnya, Anda menjadi tidak bisa fokus dan lelah karena harus menahan gatal. Mengompres miss V menggunakan air dingin dipercaya mampu menghentikan rasa gatal. Anda juga bisa menggunakan es batu yang dibungkus dengan kain bersih.

2. Cuka Sari Apel

Kandungan antijamur serta antibakteri pada cuka sari apel dapat mengatasi rasa gatal pada miss V terutama yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Cuka sari apel akan bekerja membuat miss V asam sehingga menghentikan pertumbuhan bakteri.

Caranya sangat mudah, cuci miss V menggunakan campuran air hangat dan dua sendok makan cuka sari apel. Lakukan secara rutin minimal dua kali sehari.

3. Jagalah Kebersihan Miss V

Ini adalah cara mengatasi gatal pada miss v yang paling penting. Pastikan untuk mengganti pakaian dalam paling tidak dua kali dalam sehari. Pilihlah pakaian dalam dari bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun. Bila sedang haid, rajinlah mengganti pembalut sesuai kebutuhan. Selain itu, perhatikan cara mencuci miss V yang benar, yakni dari arah depan ke belakang.

4. Konsumsi Yogurt

Yogurt tidak hanya enak dan segar rasanya, tetapi dengan zat aktif antibakteri yang dikandungnya, bisa menjadi cara mengatasi gatal pada miss V. Bakteri jahat di miss V akan mati, dan bakteri baik akan bertambah.

Caranya, Anda hanya harus mengkonsumsi yogurt alami tanpa pemanis secara rutin. Untuk hasil lebih baik dan cepat, Anda juga bisa memanfaatkan yogurt dengan cara dioles langsung ke area miss V yang gatal.

5. Obat Mengatasi Vagina Gatal akibat Jamur

Miss V terasa gatal tak tertahankan yang disebabkan oleh jamur dapat diobati dengan obat tertentu, seperti:

  • Krim anti jamur

Tablet suppositoria seperti miconazole dan clotrimazole. Cara memakainya adalah dengan memasukkannya ke dalam lubang miss V. Obat ini akan melunak, meleleh, serta larut dalam suhu tubuh.

Obat minum anti jamur seperti fluconazole (Diflucan). Obat ini diminum satu kali sehari dan hanya akan diresepkan oleh dokter untuk infeksi yang sudah parah. Ingat, obat mengatasi vagina gatal akibat jamur di atas harus selalu melalui konsultasi dengan dokter ahli, ya.

6. Hindari Penggunaan Sabun

Cara terbaik membersihkan miss V adalah menggunakan air bersih. Hindari mencuci miss V menggunakan sabun antiseptik ataupun cairan pembersih lainnya, kecuali diresepkan oleh dokter ahli. Penggunaan yang sembarangan dapat mengakibatkan kuman baik di area miss V mati dan justru menyuburkan pertumbuhan kuman yang merugikan.

7. Konsultasi Dokter

Gatal pada miss V yang disebabkan oleh bakteri, infeksi cacing, ataupun penyakit lainnya, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan Dokter Spesialis terdekat agar penanganannya tepat dan tidak terlambat.

Sedangkan cara mengatasi gatal pada miss V yang disebabkan oleh alergi, langsung hentikan sumber alerginya dan kunjungi Dokter agar diobati lebih lanjut. Selain itu, pastikan Anda istirahat cukup, hindari stres, serta terapkan pola hidup sehat dan makan makanan bergizi.

Post a comment for "7 Cara Mengatasi Gatal pada Miss V yang Ampuh dan Cepat"

Berlangganan via Email