Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Alami, Ampuh dan Murah

qsehat.com - Cara mengatasi asam lambung naik tanpa obat sangat diminati masyarakat karena lebih mudah dan cepat daripada harus pergi ke dokter. Biasanya dikarenakan banyak pengidap penyakit asam lambung yang ketika penyakitnya kumat tidak bisa bergerak karena lambung akan terasa sangat perih sekali.

Banyak obat asam lambung naik alami antara lain mengkonsumsi buah dan sayuran yang bergizi dan sehat hingga melakukan pola hidup sehat. Beberapa terobosan untuk mengatasi asam lambung naik ini sering dipilih oleh sebagian orang dibanding dengan harus mengunjungi dokter.

cara mengatasi asam lambung naik
cara mengatasi asam lambung naik
 Inilah Obat Asam Lambung Naik Alami 

Beberapa cara mengatasi asam lambung naik tanpa menggunakan obat dan tanpa harus mengunjungi dokter diantaranya:

1. Hindari Makanan yang Tidak Sehat

Penyebab asam lambung biasanya dipicu oleh makanan makanan yang tidak begitu sehat seperti makanan terlalu pahit atau asam, makanan memiliki lemak tinggi dan beberapa minuman tak sehat. Biasanya pengidap asam lambung harus menghindari minuman berkafein, minuman bersoda dan minuman beralkohol.

Selain mengonsumsi obat asam lambung naik alami, Kunci utama untuk mengatasi asam lambung naik adalah menghindari penyebab asam lambung tersebut. Makanan-makanan tersebut akan mempengaruhi jumlah produksi asam lambung yang berlebih sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan dan menimbulkan rasa sakit dan begah.

2. Tidak Melakukan Hal yang Menekan Perut

Cara mengatasi asam lambung naik yang sangat mudah adalah dengan menghindari hal-hal yang bisa menekan bagian perut terutama area lambung. Contohnya yaitu memakan pakaian yang terlalu ketat, bahkan bagi wanita diharapkan untuk menggunakan bra yang tidak terlalu ketat, olahraga yang melompat atau bergoyang.

Jika lambung anda tertekan oleh hal-hal itu maka potensi asam lambung anda naik lebih besar. Hal ini karena lambung aka tertekan dan isi lambung bisa naik ke kerongkongan hingga anda akan muntah.

3. Buah Pisang

Selain menghindari hal hal yang menyebabkan asam lambung naik, anda juga bisa mengkonsumsi beberapa buah obat asam lambung. Salah satu buah yang bisa mengobati asam lambung yang naik yaitu buah pisang.

Buah pisang mengandung PH 5,6 yang memiliki sifat basa sehingga mampu melawan asam lambung yang sedang naik. Jika anda mengkonsumsi buah ini maka gejala gejala penyakit asam lambung naik akan terasa lebih baik dan tidak begitu menyakitkan.

Buah pisang merupakan sumber serat, vitamin C, kalium, antioksidan dan juga fitonutrien yang bermanfaat dalam mengurangi refluks pada asam lambung. Tak hanya itu cara mengatasi asam lambung naik menggunakan pisang ini juga digemari karena pisang memiliki rasa yang enak dan memiliki harga yang sangat terjangkau.

4. Buah Apel

Selain buah pisang, buah obat asam lambung lainnya adalah apel. Apel juga merupakan buah yang sangat mudah didapatkan dengan harga terjangkau dan memiliki khasiat yang sama dengan buah pisang.

Apel memiliki kandungan magnesium, kalsium dan kalium yang dipercaya bisa meredakan  gejala gejala penyakit asam lambung. Anda bisa mengkonsumsi buah apel terutama apel merah setelah selesai makan atau ketika anda ingin beranjak tidur.

Dalam pemilihan buah apel, selain memilih buah apel yang berwarna merah anda juga harus memilih buah apel yang memiliki rasa manis. Karena terkadang beberapa buah apel memiliki rasa yang asam.

Beberapa cara mengatasi asam lambung naik baik dengan pola hidup atau buah buahan tadi bisa anda coba ketika asam lambung anda naik. Namun jika gejala tak kunjung mereda anda harus tetap mengunjungi dokter.

Post a comment for "5 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Alami, Ampuh dan Murah"