Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbahaya! Hindari Kebiasaan Ini Ketika Menjalankan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Berbahaya! Hindari kebiasaan ini ketika menjalankan olahraga sehat untuk ibu hamil muda. Selain menjaga pola makan, gaya hidup sehat biasanya dilakukan dengan rutin berolahraga. Ini karena banyak manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil dengan berolahraga. di antaranya adalah menjaga tubuh tetap dalam kondisi fit sepanjang hari dan dapat melatih pernapasan yang sangat dibutuhkan ketika nantinya ibu hamil melakukan persalinan.

Meski olahraga adalah kegiatan positif yang menyehatkan tubuh, tidak semua jenis olahraga boleh dilakukan untuk ibu hamil mudah. Hal ini karena olahraga yang umumnya dilakukan adalah olahraga ringan yang tidak menguras banyak energi. Sebab selama hamil, ibu memiliki tanggungan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan energi untuk si janin dalam kandungan pula.

 

olahraga sehat untuk ibu hamil muda

Hindari Kebiasaan ini Ketika Menjalankan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Pada dasarnya, beberapa jenis olahraga memang aman dilakukan bagi ibu hamil. akan tetapi, cara melakukannya yang tidak tepat juga dapat menimbulkan bahaya. Karena itulah, hindari kebiasaan ini ketika menjalankan olahraga sehat untuk ibu hamil muda.

Melakukan yoga di tempat yang panas

Siapa yang tidak kenal yoga? ya, yoga adalah olahraga yang sudah dikenal lias sebagai olahraga yang baik untuk ibu hamil. meski begitu, melakukan olahraga sebaiknya di tempat yang nyaman dan sejuk. Alih-alih mendapatkan relaksasi, melakukan yoga di tempat yang panas justru dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi.

Olahraga yang berkaitan dengan unsur ketinggian dan kedalaman

Jenis olahraga yang bukan olahraga sehat untuk ibu hamil muda adalah olahraga yang melibatkan unsur ketinggian dan kedalaman. Di antara jenis olahraga tersebut adalah naik gunung dan scuba diving. Ini karena naik gunung berisiko dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan, dehidrasi, dan napas terengah-engah. Olahraga ini juga berisiko menyebabkan ibu hamil terjatuh yang dapat berakibat buruk.

Olahraga yang melibatkan keseimbangan

Olahraga yang sebaiknya dihindari adalah jenis olahraga yang dilakukan dengan menggunakan fungsi keseimbangan tubuh. Beberapa jenis olahraga tersebut di antaranya yakni berkuda dan lain sebagainya. Olahraga jenis ini sebaiknya dihindari karena mengandung risiko jatuh yang tentunya dapat menimbulkan masalah bagi kehamilan yang lebih serius.

Olahraga yang dilakukan untuk menurunkan berat badan

Melakukan olahraga secara ekstra untuk menurunkan berat badan bukanlah olahraga sehat untuk ibu hamil muda. Ini karena kenaikan berat badan dalam masa kehamilan adalah hal yang lumrah. Sebaliknya, melakukan olahraga keras dengan tujuan ini dapat membahayakan kehamilan ibu di masa awal kehamilan.

Olahraga berat yang kontak dengan orang lain

Olahraga yang menggunakan bola seperti sepak bola, bola basket, maupun tenis adalah olahraga yang menyenangkan. Jika Anda adalah penggemar olahraga tersebut, maka sebaiknya hentikan dulu sementara waktu jika Anda sedang hamil di usia kandungan trimester pertama dan seterusnya.

Hal ini karena olahraga kontak dilarang untuk ibu hamil. sebab olahraga ini berpotensi dapat menimbulkan cedera maupun kecelakaan ketika sedang melakukan olahraga. Terjatuh misalnya, dapat berisiko tinggi menyebabkan cedera bagi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Sebaliknya, dianjurkan untuk Anda menggantinya dengan olahraga sehat untuk ibu hamil muda yang ringan dan aman bagi kehamilan.

Olahraga ringan biasanya dilakukan untuk merenggangkan otot-otot tubuh yang kaku. Selain itu, olahraga ini juga dilakukan untuk mengatasi rasa nyeri punggung dan nyeri pada tuang ekor yang sering dikeluhkan ibu hamil.  Di antara olahraga sehat untuk ibu hamil muda tersebut adalah yoga, pilates, dan berenang pada kedalaman yang normal.

Post a comment for "Berbahaya! Hindari Kebiasaan Ini Ketika Menjalankan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda"