Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Macam Senam Sebagai Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil

Berbagai Macam Senam Sebagai Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil - Akibat perubahan hormon dalam tubuh, sering kali ibu hamil gampang kelelahan dan mengalami mual muntah saat awal kehamilannya. Sehingga kondisi ini membuat ibu enggan melakukan aktivitas yang berlebihan seperti latihan olahraga. Padahal meski pun ibu merasa tidak nyaman, sebaiknya rasa malas ini haruslah dihentikan dan jangan dibiarkan terlalu lama. Tujuannya adalah supaya ibu  juga  menjaga kondisi tubuh menjadi lebih sehat dan bugar dengan berolahraga.

Anda tak perlu olahraga dengan kategori berat yang justru beresiko, tetapi lakukan jenis olahraga ringan. Salah satu jenisnya adalah latihan olahraga senam yang bisa dipilih untuk tingkatan ringan. Senam ini merupakan bagian dari olahraga ringan yang dapat menjaga kebugaran selama masa kehamilan, serta mempersiapkan persalinan agar lebih lancar. Nah, ingin tahu apa saja jenis latihan olahraga senam yang bisa Anda lakukan? Berikut ini akan dijelaskan beberapa jenis senam yang baik dilakukan pada masa kehamilan, terutama untuk ibu hamil trimester pertama.

 olahraga yang sehat untuk ibu hamil.

Latihan Senam sebagai Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil

Aerobik ringan

Sebelum usia kehamilan semakin membesar dan membuat Anda semakin malas bergerak, lebih baik segeralah memulai latihan olahraga yang sehat untuk ibu hamil. Tujuannya adalah agar masa kehamilan menjadi lebih sehat, serta terasa lebih menyenangkan tanpa keluhan yang berarti. Salah satu senam yang bisa dilakukan yaitu aerobik yang dalam tingkatan ringan dan tak terlalu menggunakan gerakan aktif. Anda bisa melakukannya setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk tahu apakah Anda bisa melakukan olahraga senam ini atau tidak.

Senam Kegel

Senam kegel merupakan salah satu senam yang masih terbilang aman untuk dilakukan selama masa kehamilan, yang berfungsi menguatkan otot daerah panggul. Latihan olahraga yang sehat untuk ibu hamil melalui senam kegel ini sangat direkomendasikan bagi calon ibu, lantaran sangat memberikan manfaat selama hamil dan memicu kelancaran persalinan. Saat persalinan, otot panggul yang kuat dan elastis akan mampu meminimalisir rasa nyeri akibat keluarnya bayi dari jalan lahir.

Senam pilates

Selain senam kegel, senam pilates juga dapat dilakukan para ibu hamil dengan memilih gerakan yang tepat. Sangat disarankan ibu hamil untuk menggunakan bantuan dari instruktur pilates yang berkualitas dan berlisensi, sehingga aman dalam melatih ibu hamil dan terhindar dari salah gerakan. Senam hamil dengan metode ini bisa dilakukan sejak kehamilan berusia 1 sampai 3 bulan di trimester pertama. Manfaat dari olahraga yang sehat untuk ibu hamil dengan pilates ini yaitu mampu memusatkan gerakan pada otot-otot berfungsi untuk memperlancar proses persalinan nantinya.

Yoga

Dengan olahraga yang sehat bagi ibu hamil melalui yoga, calon ibu akan dilatih pernafasannya selama kehamilan. Latihan yoga memiliki teknik relaksasi yang mempunyai manfaat baik untuk menghadapi persalinan normal, melancarkan nafas selama hamil tua, serta kemampuan nafas dalam mengejan saat bersalin. Namun ketahuilah bahwa tidak semua gerakan yoga dapat dilakukan oleh ibu hamil, sehingga selalu lakukan latihan menggunakan instruktur yoga yang tepat. Instruktur yoga yang berkualitas dan berlisensi akan memberikan Anda gerakan yang sesuai dengan kondisi kehamilan.

Ada banyak jenis senam yang bisa dijadikan latihan olahraga yang sehat untuk ibu hamil. Anda bisa memilih latihan tepat seperti penjelasan di atas, serta sesuaikan dengan minat, kemampuan, serta kondisi kehamilan. Masing-masing memiliki kelebihan yang bisa Anda konsultasikan dengan dokter kandungan, supaya memudahkan memilih senam yang tepat.


Post a comment for "Berbagai Macam Senam Sebagai Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil"