Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Jenis dan Manfaat Vitamin bagi Tubuh yang Harus Tercukupi

Berbagai Jenis dan Manfaat Vitamin bagi Tubuh yang Harus Tercukupi - Kebutuhan akan nutrisi sangatlah penting bagi tubuh, mulai dari karbohidrat, zink, zat besi, serat, mineral, omega 3, lemak baik, hingga kebutuhan akan vitamin. Jika membicarakan vitamin, ada 13 jenis vitamin yang diketahui memiliki manfaat berbeda dan penting bagi tubuh. Berikut ini adalah ke 13 jenis vitamin beserta manfaatnya yang harus mencukupi kebutuhan harian tubuh.

manfaat vitamin

Jenis dan Manfaat Vitamin

Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, seperti membantu mata untuk melihat dalam cahaya yang redup dan membedakan warna benda. Bukan itu saja, tetapi vitamin A juga mampu menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit rabun senja, serta mengalami keratomalasia atau kekeringan pada kornea mata.

Vitamin B

Vitamin B memiliki jenis dan manfaat vitamin yang berbeda-beda dan perlu diperhatikan kebutuhannya. Jika sampai kekurangan, seseorang beresiko mengalami banyak penyakit, salah satunya yaitu beri beri. Ada banyak jenis dari vitamin B yang masing-masingnya harus terpenuhi, di antaranya seperti berikut ini.

·         Vitamin B1 dapat membantu tubuh dalam proses pengolahan makanan menjadi energi, serta menjaga kesehatan kulit agar lebih cerah, lembab, dan ternutrisi.

·         Vitamin B2 membantu tubuh menghasilkan energi dari makanan, pembakaran lemak, dan juga menjaga kesehatan kulit.

·         Vitamin B3 dapat membantu sel tubuh dalam pengolahan makanan menjadi energi, dan menjaga kesehatan kulit.

·         Vitamin B5 bermanfaat membantu sel sel tubuh dalam meningkatkan produksi asam lemak dan hormon yang dibutuhkan.

·         Vitamin B6 akan memproses cadangan gula menjadi energi, dan membantu tubuh dalam produksi sel darah merah.

·         Vitamin B7 dapat meningkatkan produksi asam lemak dan asam amino.

·         Vitamin B9 (asam folat) membantu proses pembelahan sel terutama saat tubuh dalam kondisi sedang hamil.

·         Vitamin B12 dapat membentuk sel darah merah dan memelihara fungsi saraf tubuh.

Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen yang merupakan salah satu serat protein. Manfaat dari serat ini adalah untuk menjaga kekenyalan kulit, mempercepat penyembuhan luka, memperkuat pembuluh darah, serta produksi norepinefrin dan serotonin. Defisit vitamin C berakibat anemia, gusi berdarah, gangguan sistem saraf, massa otot berkurang, sariawan, luka lama sembuh, hingga menurunnya imunitas.

Vitamin D

Manfaat vitamin D berperan dalam penyerapan kalsium guna pertumbuhan tulang pada anak-anak, serta membantu sistem imun dalam melawan infeksi. Kekurangan vitamin D dapat berakibat terjadinya pelunakan tulang atau osteomalaia, rakhitis, dan mudah sakit.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang berperan dalam melindungi sel-sel dari kerusakan, memperkuat sistem kekebalan, membantu pembentukan sel darah merah, dll. Selain itu, vitamin E juga memiliki manfaat dalam memperlambat penuaan, mengurangi risiko penyakit katarak dan radang sendi, serta menyehatkan kulit.

Vitamin K

Manfaat Vitamin K penting dalam proses pembekuan darah, dan menjaga kesehatan maupun kekuatan tulang. Kekurangan vitamin K dapat meningkatkan resiko terjadinya perdarahan dan patah tulang, kerapuhan tulang, serta masalah tulang lainnya.

Itulah tadi macam-macam jenis dan manfaat vitamin bagi kesehatan tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin, konsumsilah makanan kaya nutrisi agar kebutuhan hariannya tetap terpenuhi. Anda pun perlu mempertimbangkan jumlah vitamin, takaran, serta sumber makanannya. Jika perlu, konsultasikan kebutuhan nutrisi dari masing masing vitamin dengan kondisi kesehatan tubuh anda.

Post a comment for "Berbagai Jenis dan Manfaat Vitamin bagi Tubuh yang Harus Tercukupi"