Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Alasan Mengapa Sebaiknya Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Rutin Dilakukan

Berbagai alasan sebaiknya olahraga sehat untuk ibu hamil rutin dilakukan. Olahraga adalah aktivitas positif yang banyak manfaatnya bagi tubuh. Meski begitu, tidak sedikit ibu hamil yang enggan berolahraga karena mager dengan dalih “bawaan bayi”. Padahal, aktivitas fisik yang dilakukan ini bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan ibu dan si janin dalam kandungan.

Pada dasarnya, olahraga adalah kegiatan yang menyehatkan bagi tubuh. Meski begitu, dalam kondisi hamil, disarankan supaya ibu memilih olahraga yang ringan saja. Olahraga ringan seperti yoga, pilates, renang, dan lari pagi, misalnya, merupakan jenis olahraga yang aman bagi ibu hamil dan kandungannya.

olahraga sehat untuk ibu hamil muda

5 Alasan Mengapa Sebaiknya Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Rutin Dilakukan

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa olahraga sehat untuk ibu hamil muda sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Supaya tetap fit sepanjang hari

Tubuh yang fit selama masa kehamilan tentunya akan mencerminkan aura positif yang muncul pada ibu hamil. Kondisi ini bisa didapatkan ibu hamil dengan rutin melakukan olahraga. Sebab hormon endorphin dalam tubuh yang berfungsi sebagai pereda stres, dapat meningkatkan suasana hati yang baik.

Dapat meringankan rasa sakit dan nyeri

Rasa sakit dan nyeri terutama nyeri punggung dan tulang ekor merupakan kondisi yang wajar bagi ibu hamil. Kendati demikian, rupanya keadaan tersebut dapat diminimalisir dengan kebiasaan olahraga sehat untuk ibu hamil muda. Hal ini karena olahraga dapat meringankan morning sickness, pembengkakan, skait punggung, maupun gangguan-gangguan yang umum dikeluhkan ibu hamil muda.

Kurangi risiko komplikasi selama masa kehamilan

Komplikasi selama proses kehamilan bukan hal yang mustahil. Ini karena ketika hamil, kadar gula darah dalam tubuh akan meningkat. Kondisi ini berpotensi membuat ibu hamil rentan terserang diabetes gentasional. Salah satu alasan mengaoa sebaiknya olahraga sehat untuk ibu hamil dilakukan adalah untuk mengurangi risiko komplikasi tersebut.

Dapat kurangi stress dan bisa tidur nyenyak

Studi di AS menemukan bahwa kebiasaan berolahraga ketika hamil cenderung diteruskan hingga masa setelah kelahiran. Ini tentu dilakukan karena olahraga benar-benar memberikan manfaat yang nyata bagi kesehatan dan kebugaran. Namun tidak hanya itu saja, olahraga sehat untuk ibu hamil muda yang rutin juga dapat meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. hormon inilah yang dapat memberikan ketenangan dan menghindarkan tubuh dari stress yang berlebihan.

Dapat bantu permudah proses persalinan

Lisa westlake, penulis buku Exercising for Two yang juga seorang fisioterapis mengatakan bahwa dengan aktif berolahraga dapat memperlancar nantinya proses persalinan. Tidak hanya itu, bahkan olahraga sehat untuk ibu hamil muda ini juga dapat dengan cepat memulihkan kondisi ibu setelah persalinan dilakukan.

Bisa kurangi risiko keharusan menjalankan persalinan caesar

Selain mempermudah proses persalinan normal, olahraga sehat untuk ibu hamil muda yang dilakukan selama kehamilan cenderung membuat ibu hamil dapat melalui persalinan tanpa risiko. Salah satunya adalah kemungkinan harus melakukan operasi caesar karena tulang panggul yang tidak kuat melakukan kelahiran normal. Di antara olahraga yang berperan adalah pilates antenatal dan yoga yang rutin.

Berbagai manfaat tersebut tentunya dapat menjadi alasan mengapa olahraga sehat untuk ibu hamil muda sebaiknya rutin dilakukan. Karena tidak ada ruginya sama sekali untuk ibu hamil melakukan aktivitas menyehatkan yang satu ini. Selain itu, berbagai jenis olahraga seperti jogging, bersepeda, maupun olahraga ringan lainnya bisa dijadikan penghilang penat dari aktivitas rumah tangga lainnya.

Post a comment for "Berbagai Alasan Mengapa Sebaiknya Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Rutin Dilakukan"