Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Awas Ancaman Stroke Pada Usia Remaja

Awas Ancaman Stroke Pada Usia Remaja – Zaman dulu, penyakit stroke identik dengan usia dewasa atau lansia. Namun, pada zaman sekarang, ternyata usia remaja bahkan pada anak-anak pun sudah dijumpai. Ngerinya lagi, penyakit ini hampir tanpa gejala dan tahu-tahu menyerang begitu saja. Akan tetapi, banyaknya kasus serangan stroke pada usia remaja ini membuat orang tua juga harus mulai waspada dalam menjaga kesehatan anak.

Untuk itu, orang tua pun harus memahami bagaimana penyakit stroke ini ada, agar tidak panic dan bisa mencegah sedari dini. Terutama, mengenai gaya hidup, faktor-faktor pemicunya harus segera ditangani dan dikelola agar tidak berisiko tinggi. Sehingga, perlu juga mengetahu informasi seputar penyakit stroke itu sendiri agar paham dan tidak sembarangan ketika menanganinya. Jadi, mari simak dalam ulasan berikut ini.

Stroke pada usia remaja
Stroke pada usia remaja

Pengertian Penyakit Stroke Pada Usia Remaja

Stroke pada usia remaja sebenarnya sama saja dengan usia berapa saja. Karena stroke sendiri merupakan salah satu penyakit degenerative yang menakutkan. Terlebih lagi, penyakit ini  hampir tidak memiliki tanda-tanda menyakitkan sebelum serangannya melumpuhkan tubuh terjadi. Ini terjadi karena stroke merupakan gangguan fungsi otak, baik secara keseluruhan maupun parsial saja.

Meski hampir tanpa gejala, stroke memiliki beberapa indikasi yang bisa diamati sejak dini dan ditangani lebih cepat. Karena jika telat penangangan, bisa saja serangan semakin memburuk. Ini terjadi akibat otak yang bertugas mengontrol seluruh fungsi tubuh, tiba-tiba fungsinya terganggu akan stroke ini. tentu saja, akibatnya tubuh pun kehilangan control pusat dan  beberapa fungsi tubuh tidak bisa normal seperti biasanya.

Stroke pada usia remaja bisa terjadi dengan serangan ringan maupun berat. Misalnya saja, wajah yang tampak gak miring sebelah, kemudian tangan atau kaki dari separuh badan tidak berfungsi lagi. Ngerinya lagi, ini tidak bisa disembuhkan jika sudah parah. Hanya saja, bisa distimulus dengan berbagai macam perawatan agar tidak terlalu parah.  Menakutkan sekali bukan? Untuk itu mari pahami arti dan bagaimana bisa terjadi.

Stroke Iskemik

Stroke ini biasa disebut dengan stroke ringan, yang dalam bahasa medis dikenal dengan nama stroke iskemik. Stroke jenis ini terjadi lantaran adanya sumbatan di pembuluh darah yang membawa darah menuju otak . Ngerinya, sumbatan yang ada itu, tidaklah menimbulkan rasa sakit sama sekali tahu-tahu, ketika sumbatan itu menutup jalan atau aliran darah, maka serangan pun terjadi.

Stroke pada usia remaja ini sangat mengerikan karena dampaknya pada tubuh sangat terlihat dan bisa melumpuhkan fungsi organ. Ini terjadi karena darah dari jantung membawa banyak fungsi, misalnya untuk membawa oksigen dari paru-paru, membawa makanan dari vili-vili usus, dan juga membawa hasil metabolism berupa glukosa untuk menjadi bahan bakar tubuh. Ketika jalannya tersumbat, atau buntu. Maka, otak yang merupakan organ yang  tidak pernah istirahat tersebut akan kolaps.

Stroke Hemoragik

Stroke pada usia remaja jenis hemoragik ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di dalam otak dan mengakibatkan pendarahan di dalamnya. Jika ini terjadi, maka bayangkan saja, dampaknya semengerikan apa. Serangan yang ringan saja bisa membuat tubuh lumpuh, apalagi jika ini pecahnya di dalam otak. Tentu saja bagian otak lain akan ikut terganggu dan akibatnya tubuh bagian lain pun akan terganggu fungsinya. Sehingga tidak heran, jika serangan ini terjadi, banyak kasus kematian menjadi akhirnya.

Demikianla ulasan mengenai stroke pada usia remaja, hendaknya orang tua lebih perhatian dan juga wasada pada kesehatan buah hati. Karena penyakit ini tanpa gejala, maka cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat lagi. Baik dari pola makan, pola pergaulan, pola pengelolaan stress dan lainnya. Salam sehat.

 

Post a comment for "Awas Ancaman Stroke Pada Usia Remaja"