Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Sea Salt? Ayo Kenali Perbedaannya dengan Garam Dapur Biasa

Apa itu Sea Salt? Ayo Kenali Perbedaannya dengan Garam Dapur Biasa. Saat ini dikenal ada beraneka ragam jenis garam / salt yang beredar di pasaran. Selain garam dapur pada umumnya, dikenal pula sea salt atau garam laut, garam Himalaya atau Himalayan Salt, sel gris dan juga smoked salt. Aneka jenis garam ini dapat dengan mudah dijumpai di toko-toko online dengan harga yang cukup bervariasi. Sea salt merupakan garam laut alami yang tidak melalui proses kimia panjang untuk menghasilkannya sehingga kandungan mineral di dalam sea salt masih tetap terjaga.

Garam seolah tidak terpisahkan dari keseharian manusia saat ini. Garam digunakan dalam keseharian dalam masakan dan juga beberapa jenis minuman. Meski begitu, ada orang-orang yang menghindari konsumsi garam karena beberapa alasan. Kandungan utama pada garam adalah natrium (Na) dan Klorida (Cl) sehingga nama kimia garam adalah NaCl. Natrium dan klorida merupakan jenis elektrolit yang sangat dibutuhkan dalam cairan tubuh untuk membantu memberi impuls pada syaraf dan otak.

 

apa itu sea salt

Perbedaan Sea Salt dengan Garam Dapur

Bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah sea salt atau garam laut sehingga mereka akan mempertanyakan apa itu sea salt dan juga apa bedanya dengan garam dapur pada umunya. Meskipun sama-sama bernama garam, namun kedua jenis garam ini memiliki perbedaan. Mulai dari proses pembuatan hingga bentuknya, sea salt dan garam dapur memiliki perbedaan. Berikut adalah beberapa perbedaan antara sea salt dengan garam dapur biasa.

Sea Salt

Sesuai dengan namanya, sea salt atau garam laut dibuat dari penguapan air laut bukan dari hasil tambang. Garam laut dibuat dengan melalui proses kimia yang pendek sehingga zat-zat mineral penting yang ada di dalam air laut masih tetap terjaga ketika sudah menjadi garam. Warna garam laut cenderung tidak putih bahkan terlihat seperti kecoklatan atau bahkan seperti merah muda. Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral yang ada di dalamnya. Kandungan mineral serta nutrisi pada garam laut juga sangat dipengaruhi oleh kondisi laut dari mana garam itu berasal.

Bentuk dari garam laut juga lebih besar dan kasar jika dibandingkan dengan garam dapur. Mineral serta nutrisi yang ada dalam garam laut sangat baik untuk membantu proses metabolisme tubuh. Garam laut dapat dikonsumsi dengan cara mencampurkannya pada aneka jenis makanan dan minuman. Larutan garam laut dalam minuman akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Penjelasan sederhana tersebut dapat menjawab pertanyaan tentang apa itu sea salt.

Garam Dapur

Garam dapur merupakan jenis garam yang paling banyak dikenal dan digunakna oleh masyarakat di Indonesia. Pembuatan garam dapur melalui proses yang cukup panjang sehingga menyebabkan kandungan mineral dan nutrisi dalam garam dapur lebih sedikit dibanding dengan garam laut.  Untuk menghasilkan garam dapur yang lembut dan bersih ternyata air laut harus melalui tahapan panjang dan rumit. Seringkali produsen harus menambahkan zat-zat kimia tertentu untuk menjaga agar garam dapur tidak menggumpal.

Meskipun kandungan mineral dan nutrisi dari garam dapur terbilang sedikit, namun para produsen menambahkan iodin pada garam dapur sehingga dapat membantu mencegah kekurangan iodin pada tubuh. Kemudahan untuk mendapatkan dan juga harga yang terjangkau menjadikan jenis garam ini tetap menjadi andalan untuk penggunaan sehari-hari. Kandungan mineral, warna, bentuk dan juga tekstur garam dapur dapat menjadi pembeda dari sea salt sekaligus menjelaskan tentang apa itu sea salt.

Sea salt dikenal kaya akan mineral dan nutrisi. Oleh karena itu, jenis garam ini juga banyak digunakan dalam industri kecantikan selain dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh. Beberapa produk kosmetik saat ini sudah memanfaatkan sea salt sebagai bahan baku pembuatan kosmetik. Sayangnya sea salt kini belum bisa diakses dengan mudah oleh semua orang karena harganya yang cukup tinggi dibanding garam dapur biasa. Demikianlah penjelasan tentang apa itu sea salt dan perbedaannya dengan garam dapur biasa.

 

Post a comment for "Apa itu Sea Salt? Ayo Kenali Perbedaannya dengan Garam Dapur Biasa"