Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anti Mager Club! Ini 6 Olahraga Sehat Puasa

Anti Mager Club! Ini 6 Olahraga Sehat Puasa – Ketika menjalani puasa, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman dari luar. Tapi, puasa bukanlah hambatan untuk tetap berolahraga. Karena olahraga membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Simak jenis olahraga yang dapat anda lakukan saat puasa berikut.

Olahraga sehat puasa

6 Jenis Olahraga Sehat Puasa

Sebelum membahas jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa, anda perlu mengetahui bahwa olahraga fisik ketahanan, plyometrics, kecepatan, dan kelincahan harus dihindari sepenuhnya. Pilihlah jenis olahraga yang ringan dan berintensitas rendah. Tenang, olahraga jenis ini tetap memiliki dampak baik untuk kesehatan tubuh anda. Nah, jenis olahraga saat puasa yang bisa anda lakukan adalah:

Jalan kaki

Jenis Olahraga sehat puasa pertama adalah jalan kaki. Ya, jalan kaki dianggap sebagai olahraga ringan yang boleh dilakukan saat puasa. Sebab, jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Diantaranya adalah menjaga kebugaran jantung dan paru-paru, menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Jalan kaki juga bermanfaat untuk memperkuat tulang dan menstabilkan tubuh, meningkatkan kekuatan serta ketahanan otot.

Yoga

Olahraga yang sudah dilakukan sejak zaman dulu kala ini bisa anda coba dengan santai di rumah. Anda bisa mencari video yoga di Youtube, dan melakukan yoga sambil mengikuti sang instruktur. Pilihlah gerakan yoga dengan tingkat intensitas rendah. Anda bisa mencoba gerakan menaruh kedua tangan di lutut sambil duduk bersila (Sukhsana), hingga pose berdiri tegak sambil menaruh kedua tangan di sisi badan (Tadasana).

Bersepeda

Bersepeda adalah jenis olahraga sehat puasa yang memiliki banyak manfaat. Bersepeda selama 30 menit saja sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas otot, meningkatkan mobilitas sendi, hingga meredakan stres. Anda bisa bersepeda dengan santai saat sore hari sambil menunggu waktu berbuka

Naik-turun tangga

Naik-turun tangga memang kerap dianggap sepele. Padahal, olahraga berintensitas rendah ini memiliki banyak manfaat. Diantara manfaat naik-turun tangga meliputi membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan ketahanan tubuh dalam berolahraga, hingga menambah kekuatan tubuh. Naik turun tangan selama kurang lebih 10 menit, sudah dapat membakar 178 kalori dalam tubuh.

Jogging

Jogging atau lari pelan adalah jenis olahraga sehat puasa yang juga bisa jadi pilihan. Tidak perlu jauh ke luar rumah untuk melakukan joging. Di halaman depan rumah saja, anda juga bisa melakukan joging. Bahkan sambil menunggu berbuka puasa sekalipun. Joging memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan kekuatan tulang, menguatkan otot, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan tubuh.

Bowling

Bowling termasuk olahraga ringan yang tidak membutuhkan banyak energi. Dengan bermain bowling, Anda dapat berolahraga sembari menunggu waktu berbuka puasa. Bowling setara dengan angkat beban, karenanya olahraga ini juga bagus untuk menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan badan. Anda bisa bermain bowling bersama teman, keluarga, maupun pasangan. Namun, Anda juga harus memperhatikan asupan saat sahur dan berbuka ketika akan melakukan olahraga satu ini.

Olahraga saat puasa memang sangat direkomendasikan untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun perlu diingat juga, untuk memilih olahraga dengan intensitas rendah, agar puasa tetap lancar. Jika perlu, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai olahraga sehat puasa. Dengan demikian, dokter dapat memeriksa ketahanan juga kesiapan tubuh anda untuk berolahraga di bulan puasa.


Post a comment for "Anti Mager Club! Ini 6 Olahraga Sehat Puasa"