Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa, Lakukan 5 Olahraga Sehat Puasa Ini!

Agar tubuh tetap bugar saat berpuasa, lakukan 5 olahraga sehat puasa ini! Saat berpuasa orang menjadi ragu untuk melakukan olahraga. Sebagian orang merasa khawatir, bukannya menjadi sehat tubuh malah menjadi capek dan lemas. Tetapi, berpuasa bukan berarti Anda tidak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Karena sebenarnya olahraga baik dilakukan meskipun sedang berpuasa.

Di samping menjaga pola makan, olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun, Anda harus memilih jenis olahraga ringan. Karena tidak semua olahraga bisa Anda lakukan ketika sedang berpuasa. Beberapa Jenis olahraga di bawah ini bisa Anda coba saat berpuasa. Olahraga mana yang paling kamu suka dan mudah dilakukan?

olahraga sehat puasa

Jenis Olahraga Saat Sedang Puasa

Yoga

Salah satu olahraga ringan yang bisa Anda terapkan yaitu olahraga yoga. Anda bisa melakukannya di atas matras atau karpet di halaman rumah ataupun di dalam kamar tidur Anda. Olahraga yoga bermanfaat untuk kesehatan jiwa dan raga saat bulan puasa. Nah, jenis olahraga sehat puasa satu ini adalah pilihan tepat untuk Anda. Tidak perlu lama-lama, cukup sekitar tiga puluh menit saja.

Jogging

Jogging merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa Anda lakukan saat berpuasa. Olahraga ini sangat mudah dilakukan dan tanpa membutuhkan biaya. Sehingga Anda bisa melakukannya kapanpun dan di tempat yang fleksibel. Cobalah lakukan jogging mengelilingi komplek atau dengan menggunakan treadmill selama 10 sampai 15 menit. Olahraga ini akan menambah kebugaran tubuh selama berpuasa.

 Bersepeda

Olahraga sehat puasa yang mudah dilakukan selanjutnya ialah bersepeda. Sama seperti jogging, bersepeda bisa Anda lakukan di jalan sekitar komplek atau rumah Anda. Olahraga ini paling asyik dilakukan saat sore hari sambil ngabuburit sebelum berbuka puasa. Pilih jalur yang aman dan nyaman, misalnya di jalur yang minim kendaraan bermotor.Olahraga bersepedaselain ringan juga menyenangkan.

Waktu yang Tepat Melakukan Olahraga Sehat Puasa

Olahraga pada saat berpuasa tentu harus memerhatikan waktu-waktu yang tepat. Jangan sampai Anda berolahraga dalam keadaan perut kosong dan haus, karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini akan membuat Anda merasa lemas, kelelahan, pusing, dan dehidrasi. Melakukan olahraga berat ketika berpuasa juga bisa menyebabkan kerusakan hormon serta meningkatkan hormon kortisol (hormon stres). Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, berolahragalah pada waktu-waktu yang tepat.

 Setelah Sahur

Anda bisa melakukan olahraga setelah sahur, karena tubuh telah mendapat energi dari makanan yang Anda makan ketika sahur. Namun, sebaiknya olahraga yang Anda pilih adalah olahraga yang ringan. Selain itu Anda juga tidak perlu berolahraga dalam waktu yang lama atau berlebihan, cukup 15-20 menit saja. Karena Anda masih memerlukan energi untuk sampai berbuka puasa. Olahraga sehat puasa yang dilakukan setelah sahur bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa.

 Sebelum Berbuka Puasa

Melakukan olahraga sebelum berbuka juga bisa Anda lakukan. Hal ini akan berguna untuk membakar lemak lebih banyak. Tentunya olahraga sebelum berbuka puasa cocok untuk Anda yang ingin diet. Melakukan olahraga saat perut sedang kosong dapat membantu menghilangkan lemak lebih banyak. Namun, tidak boleh melakukannya lebih dari 60 menit dan jangan sampai Anda kelelahan, lemas dan pusing.

Nah, itulah jenis olahraga sehat puasa yang bisa Anda terapkan. Selain itu penting juga Anda menentukan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga tersebut. Jadi, berpuasa tidak menghalangi Anda melalukan aktivitas olahraga. Justru berolahraga saat berpuasa dapat membuat tubuh sehat dan bugar selama Anda berpuasa.


Post a comment for "Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Berpuasa, Lakukan 5 Olahraga Sehat Puasa Ini!"