Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aerobik, Jenis Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

Aerobik, Jenis Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil. Latihan aerobik umumnya menggabungkan latihan peregangan dan kekuatan. Jadi ini adalah cara yang aman untuk tetap aktif dalam kehamilan. Jika Anda melakukan aerobik sebelum hamil, maka tidak apa-apa untuk melanjutkannya sekarang. Karena aerobik sangat bagus untuk meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru, dan juga dapat meningkatkan kekuatan otot. Selain itu, aerobik adalah cara aman yang bisa membantu Anda memiliki kehamilan yang sehat.

Jika Anda baru mengenal aerobik, maka beri tahu instruktur Anda jika Anda hamil dan butuh penyesuaian. Mulailah dengan olahraga yang aman, dan lakukan terus menerus selama 15 menit tiga kali seminggu. Kemudian tingkatkan ini menjadi empat sesi 30 menit seminggu. Jika Anda rutin pada aktivitas berdampak rendah, maka Anda bisa meneruskannya sampai sembilan bulan asalkan Anda nyaman. Anda mungkin akan menemukan kekuatan Anda melambat secara alami, ketika mencapai beberapa bulan terakhir. Jadi ini bukanlah hal yang buruk.

olahraga sehat untuk ibu hamil

Yang Harus Anda Ketahui Tentang Aerobik dan Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil

Apa yang terjadi ketika saya melakukan aerobik dalam kehamilan?

Setiap jenis aerobik atau olahraga sehat untuk ibu hamil umumnya akan membuat Anda bernapas lebih keras dan jantung Anda berdetak lebih cepat. Karena jantung Anda berdetak lebih cepat, maka darah Anda akan berputar mengelilingi tubuh lebih cepat, yang berarti otot Anda akan menerima lebih banyak oksigen. Karena Anda juga bernapas lebih dalam, maka ada oksigen tambahan yang masuk ke tubuh Anda. Dengan begitu bayi Anda akan mendapatkan semua oksigen yang mereka butuhkan. Namun ketika Anda melakukan aerobik dalam kehamilan, maka pastikan itu tidak berlebihan.

Kiat untuk aerobik kehamilan yang aman

Beri tahu instruktur bahwa Anda sedang hamil atau sedang mencari kelas olahraga khusus bagi wanita hamil. Jika sudah, maka pastikan Anda melakukan sesuatu dengan lembut pada awalnya. Terutama jika Anda baru berolahraga, dan baru membangun aktivitas sehat ini secara bertahap. Pastikan juga Anda tidak kepanasan karena bisa memengaruhi bayi. Untuk itu hindari berolahraga di tempat yang sangat hangat, kenakan pakaian dingin dan banyak minum air. Jika Anda merasa terlalu panas, maka berhentilah dan istirahatlah.

Selalu jaga satu kaki Anda di lantai, dan hindari gerakan tiba-tiba atau perubahan arah di dalam olahraga sehat untuk ibu hamil yang Anda pilih. Jika Anda biasanya menggunakan langkah dalam rutinitas aerobik, maka Anda mungkin ingin menurunkannya atau tidak menggunakannya sama sekali. Pastikan Anda juga mengenakan sepatu dan bra olahraga yang mendukung dan pas. Sementara itu, tidak masalah meneruskan aerobik berdampak rendah selama kehamilan, asalkan Anda merasa nyaman.

Pastikan Anda melakukan pemanasan dan pendinginan

Penting untuk melakukan pemanasan sebelum Anda mulai berolahraga, sehingga tubuh Anda memiliki kesempatan untuk terbiasa menjadi lebih aktif. Saat Anda selesai berolahraga, maka dinginkan agar tubuh Anda kembali dengan tenang untuk beristirahat. Pemanasan dan pendinginan saat berolahraga akan membantu Anda untuk tidak menyakiti diri sendiri atau berlebihan saat berolahraga.

Para instrukstur akan menyarankan Anda untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebagai bagian dari sesi olahraga sehat untuk ibu hamil. Itu berlaku jika Anda mengikuti kelas olahraga bersama. Namun jika Anda berolahraga sendiri, maka pastika Anda melakukan pemanasan lima hingga sepuluh menit. Sesuatu seperti jalan kaki sedang, atau jalan di tempat adalah cara yang baik untuk meningkatkan detak jantung dan menghangatkan otot-otot Anda. Di akhir sesi, tenangkan diri Anda secara bertahap sampai pernapasan Anda kembali normal.

Aerobik adalah bentuk olahraga sehat untuk ibu hamil yang memiliki berbagai manfaat. Terutama untuk meningkatkan kardiovaskular dan juga kesehatan Anda secara keseluruhan. Aerobik juga dapat menyehatkan bayi yang ada di kandungan dengan memberikan suplai oksigen yang tepat. Namun jangan terlalu berlebihan, dan selalu ikuti petunjuk dari dokter atau instruktur kebugaran Anda.

Post a comment for "Aerobik, Jenis Olahraga Sehat Untuk Ibu Hamil"