Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil Muda yang Aman bagi Kandungan

7 olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda yang aman bagi kandungan. Selain pola makan yang teratur, gaya hidup sehat selama kehamilan dapat dilakukan dengan menjalankan beberapa olahraga ringan. Olahraga ringan ini bertujuan supaya tubuh tetap bugar dan tidak kaku karena seringnya ibu hamil mengeluhkan kram dan nyeri.

Selain itu, banyak manfaat yang bisa didapatkan tubuh dengan olahraga. Karenanya, Amerikan College of Obstetrics and Gynecology menganjurkan Anda untuk melakukan sekurang-kurangnya 30 menit dalam seminggu untuk berolahraga. Meski begitu, tidak semua jenis olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda diperbolehkan untuk lakukan.

olahraga yang sehat bagi ibu hamil muda 

Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Berikut ini adalah olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda yang aman bagi kandungan:

Yoga

Yoga adalah senam yang dilakukan dengan gerakan-gerakan pelan. Namun yang harus Anda ketahui, yoga nyatanya dapat membakar kalori secara efektif. Kabar baiknya lagi, yoga merupakan olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda. Meski tampaknya olahraga ini dilakukan dengan gerakan pelan, yoga memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Di antara manfaat yoga yakni dapat membangun kekuatan dan keseimbangan. Selain itu, yoga juga dapat menjadi olahraga yang melatih ritme pernapasan. Manfaat inilah yang akan sangat berguna ketika ibu hamil muda melakukan proses persalinan.

Pilates

Pilates merupakan olahraga yang sehat bagi ibu hamil muda dalam mengatasi masalah nyeri punggung dan nyeri tulang ekor selama kehamilan. ini karena olahraga yang bisa dilakukan di rumah maupun bersama instruktur ini dapat memperbaiki otot dari serangkaian gerakan yang dilakukan. Meski begitu, ibu hamil muda sebaiknya menghindari beberapa gerakan. Diantaranya yakni bagian perut dan pinggang karena dapat menyebabkan diastatasis recti.

Jalan kaki

Olahraga ] bagi ibu hamil berikutnya adalah jalan kaki. Yup, olahraga ringan yang bisa dilakukan kapan saja ini merupakan olahraga yang direkomendasikan bagi ibu hamil muda. Ini karena jalan kaki memungkinkan Anda dapat membangun kekuatan tubuh bagian atas. Selain itu, olahraga yang dilakukan tanpa mengeluarkan biaya ini dapat meningkatka kesehatan jantung.

Jogging

Selain jalan kaki, lari adalah olahraga murah meriah yang dapat Anda lakukan selama kehamilan. Ini karena olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda ini tidak memerlukan biaya kecuali untuk membeli sepatu lari jika diperlukan. Olahraga yang cocok dilakukan pagi atau sore hari ini dapat meningkatkan kekuatan kaki dan tubuh bagian atas karena terus terayun ketika berlari.

Berenang

Olahraga air yang satu ini adalah olahraga yang aman dilakukan bagi ibu hamil. Sebab dengan berenang, otot-otot tubuh dapat direnggangkan sehingga tidak kaku dan menyebabkan kram. Tidak hanya itu, air kolam yang tenang tentunya juga akan membuat Anda merasa nyaman dan tidak tegang menghadapi hari.

Bersepeda

Bersepeda identik dianggap sebagai olahraga yang menenangkan dan menyenangkan. Ini tentu saja karena bersepeda memungkinkan Anda mendapat suasana yang rileks. Suasana inilah yang dibutuhkan oleh ibu hamil muda. Sebab selain perenggarangan otot, bersepeda bisa menghilangkan stress. Waktu yang paling menyenangkan untuk melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda ini adalah pagi atau pun sore hari.

Stretching

Olahraga yang satu ini adalah olahraga yang paling cocok Anda lakukan ketika kehasilan ada di trisemester pertama. Kemudahannya, Anda bisa melakukan olahraga ini kapan dan di mana saja. Olahraga ringan yang dapat mencegah otot kram ini bisa juga Anda lakukan sebelum menjalankan olahraga lainnya.

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan olahraga yang sehat untuk ibu hamil muda. Meski begitu, intensitas olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin setidak-tidaknya 3 kali seminggu. Namun jika Anda merasakan gejala seperti mual dan dehidrasi, Anda wajib untul sedikit mengistirahatkan tubuh Anda.

Post a comment for "7 Olahraga yang Sehat untuk Ibu Hamil Muda yang Aman bagi Kandungan"