Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda yang Paling Disarankan

7 olahraga sehat untuk ibu hamil muda yang paling disarankan. Tidak sedikit ibu hamil yang enggan dan merasa was-was untuk melakukan olahraga selama masa kehamilan. umumnya, keengganan ini muncul karena ibu hamil khawatir dapat membahayakan kandungannya. Padahal, olahraga yang dilakukan secara benar dapat memberikan manfaat bagi tubuh ibu hamil maupun si janin dalam kandungan.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh ibu hamil dengan melakukan olahraga. Mulai dari dapat mengontrol berat badan dan tekanan darah, olahraga yang dilakukan ibu hamil juga dapat bantu ibu hamil kurangi rasa sakit ketika nantinya melakukan persalinan. Selain itu, olahraga juga dapat membuat ibu hamil terhindar dari stres karena produksi hormon endorfin setelah olahraga.

olahraga sehat untuk ibu hamil muda

7 Olahraga Sehat bagi Ibu Hamil yang Paling Disarankan

Di bawah ini adalah 7 olahraga sehat untuk ibu hamil muda yang paling disarankan. 

Renang

Sejatinya olahraga dilakukan untuk mendapat tubuh yang bugar. Tujuan ini tidak terkecuali untuk ibu hamil muda. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan adalah renang. Olahraga air ini dapat dijadikan sebagai alternatif ibu hamil untuk mendapatkan relaksasi dari arus air yang tenang. Sehingga olahraga murah meriah ini dapat dijadikan solusi untuk masalah nyeri dan pegal pada panggul, maupun tulang ekor yang kerap dikeluhkan ibu hamil.

Jalan pagi

Jalan kaki di pagi hari adalah olahraga murah meriah yang bisa dilakukan ibu hamil. Selain manfaat dari berjalan kaki, udara dan suasana pagi yang segar dapat membuat ibu hamil meredakan stres atau pun otot-otot tubuh yang pegal. Selain itu, olahraga sehat untuk ibu hamil muda ini juga dapat membuat posisi tubuh bayi dalam kondisi nyaman saat dalam kandungan.

Pilates

Pilates menjadi olahraga berikutnya yang sangat disarankan bagi ibu hamil. Sebab olahraga yang dilakukan dengan gerakan tubuh menggunakan alat bantuan ini dapat mengatasi nyeri punggung dan tulang ekor yang sering dikeluhkan. Namun ketika melakukan olahraga ini, sangat disarankan supaya ibu hamil menghindari posisi terlentang dan emmutar tubuh bagian tengah. Sebab gerakan tersebut dapat menyebabkan diastasis recti yang mana panel otot-otot ibu hamil terpisah sementara.

Yoga

Olahraga yang paling disarankan bagi ibu hamil berikutnya adalah yoga. Meski yoga identik dianggap sebagai olahraga dengan gerakan yang pelan, olahraga sehat untuk ibu hamil muda ini kenyataannya dapat secara efektif membakar kalori tubuh. melalui yoga pula, ibu hamil tidak hanya dapat melatih keseimbangan dan otot tubuh, tapi yoga juga dapat melatih pernapasan yang sangat membantu ketika ibu hamil melakukan persalinan.

Bersepeda di dalam ruangan

Seperti yang sudah diketahui bersama, sangat banyak manfaat bagi tubuh yang dirasakan setelah bersepeda. Namun sering kali ibu hamil merasa waswas untuk melakukan olahraga murah meriah ini di luar rumah. Namun ibu hamil tidak perlu khawatir, karena olahraga ini pun bisa dilakukan di rumah dengan sepeda statis yang tentunya lebih sedikit mengandung risiko kecelakaan.

Aerobik

Aerobik adalah olahraga sehat untuk ibu hamil muda yang mencampurkan unsur musik dan gerakan yang lincah. Alasan mengapa aerobik dianjurkan untuk ibu hamil muda selain gerakan-gerakan aktifnya yang dapat merenggangkan otot-otot kaku, musik yang energik juga dapat melatih ibu hamil mengontrol pernapasan dan detak jantung. Meski begitu, ibu hamil sebaiknya menghindari beberapa gerakan yang dapat membahayakan kandungan seperti melompat atau gerakan cepat lainnya.

Olahraga sehat untuk ibu hamil muda memang bisa memberikan manfaat bagi tubuh, meski begitu sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan tips olahraga bagi ibu hamil. Di antaranya ialah dengan melakukan pemanasan lebih dahulu, dan memperhatikan asupan air putih yang cukup.

Post a comment for "7 Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda yang Paling Disarankan"