Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Sebabkan Obesitas

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Sebabkan Obesitas. Saat ini, obesitas menjadi masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh semua jenjang usia. Bukan saja oleh lansia saja, namun juga oleh remaja bahkan anak-anak. Keluhan tersebut tidak hanya terkait dengan ketidakpercayaan diri pada penampilan, namun juga berhubungan dengan risiko masalah kesehatan lainnya.

Di antara masalah kesehatan yang berisiko tinggi diidap oleh orang dengan kegemukan adalah diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Mengingat salah satu sebab obesitas adalah gaya hidup yang tidak sehat, maka cara antisipasinya dapat dilakukan dengan perubahan gaya hidup jadi lebih sehat.

kebiasaan buruk yang dapat sebabkan obesitas

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Sebabkan Obesitas

Namun, tahukah anda jika ada berbagai hal yang dapat menjadi pemicu obesitas? Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat sebabkan obesitas.

Kebiasaan ngemil

Kebiasaan buruk yang pertama adalah ngemil. Barangkali penyebab kegemukan yang satu ini tidak anda sadari, padahal ngemil dapat menjadi pemicu obesitas. Selain itu, kebiasaan ngemil juga berisiko dapat menjadi sebab gagalnya program diet yang sedang anda jalankan. Maka dari itu, untuk mencegah kegemukan, anda wajib hilangkan kebiasaan buruk yang satu ini.

Suka makan dan minuman manis

Tidak dapat dipungkiri jika makanan dan minuman dalam kemasan menjadi alternatif jika tidak ingin repot menyiapkan makanan dan minuman sendiri. Namun tahukah anda jika jenis makanan dan minuman tersebut ternyata mengandung gula dan garam yang sangat tinggi? Dan bukan itu saja, mengonsumsi makanan-minuman manis ini merupakan kebiasaan buruk yang dapat sebabkan obesitas.

Ya, meski gula dan garam bermanfaat bagi tubuh, kadar yang berlebihan dalam tubuh justru dapat munculkan bahaya tersendiri. Salah satunya adalah sebabkan kegemukan. Maka dari itu, untuk mencegah, sekaligus untuk kurangi risiko gagalnya program diet, bisa anda lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan-minuman tersebut.

Jadwal makan tidak teratur

Selain jenis dan jumlah makanan yang anda konsumsi, jadwal makan yang tidak teratur rupanya merupakan kebiasaan buruk yang dapat sebabkan obesitas. Maka dari itu, untuk mencegah kemungkinan anda mengalami masalah kelebihan berat badan ini, bisa anda lakukan dengan mengatur jadwal makan.

Kurang minum air putih

Tubuh memerlukan sekitar 2 hingga 3 liter air minum dalam sehari. Ini karena air putih berguna bagi segala proses yang dilakukan oleh tubuh. Mengonsumsi air putih pun sangat dianjurkan bagi anda yang sedang jalankan diet sehat. Sebab segelas sebelum dan sesudah makan akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Sebaliknya, dehidrasi selain membahayakan tubuh juga dapat membuat lemak dalam tubuh tidak dapat dilarutkan.

Kebiasaan tidur larut malam

Selain air putih, tubuh juga memiliki kebutuhan tidur harian. Meski kebutuhan waktu tidur masing-masing orang berbeda, umumnya anda harus mencukupi 7 hingga 8 jam untuk beristirahat. Sebaliknya, tidak terpenuhinya jam tidur tersebut justru dapat membahayakan kesehatan tubuh. Salah satunya yakni menjadi kebiasaan buruk yang dapat sebabkan obesitas.

Konsumsi makanan tinggi kalori

Kebiasaan buruk yang sebabkan kegemukan berikutnya adalah mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Jika pola makan tersebut tidak dibarengi dengan cukup olahraga, maka tidak mustahil jika dari waktu ke waktu tubuh terus menumpuk-numpuk kalori. Solusinya, selain berolahraga, anda dapat konsumsi makanan yang rendah kalori.

Malas gerak / mager

Kebiasaan buruk yang dapat sebabkan obesitas berikutnya adalah mager alias malas gerak. Ketika sejatinya gerak aktif berguna untuk membakar kalori yang masuk, keengganan untuk gerak akan membuat kalori-kalori tersebut menumpuk dalam tubuh.

Banyak sebab yang bisa menjadikan kelebihan berat badan, namun sebagian besar diakibatkan karena kebiasaan-kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat. Maka dari itu, untuk mencegah kegemukan dapat dilakukan dengan menghindari kebiasaan kebiasaan buruk yang dapat sebabkan obesitas.

Post a comment for "7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Sebabkan Obesitas"