Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami

7 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami. Menurunkan berat badan dengan diet sehat menjadi pilihan banyak orang yang memiliki masalah kegemukan.Cara ini dianggap lebih aman dan diklaim tidak menimbulkan efek samping sama sekali. Sebab umumnya dilakukan dengan perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat saja.

Hal ini bukan tanpa alasan. Karena seringkali, kegemukan yang dialami seseorang diakibatkan karena gaya hidupnya yang tidak sehat. Mulai dari pengonsumsian makanan, hingga keengganan melakukan berbagai aktivitas menyehatkan. Maka dari itu, upaya penurunan berat badan dapat dilakukan dengan perubahan menuju gaya hidup yang lebih sehat.

cara turunkan berat badan

Tips Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami Tanpa Efek Samping

Diet sehat dapat dilakukan dengan memperhatikan 3-J yakni jenis makanan, jumlah, dan jadwal makan. Selengkapnya, berikut adalah tips dan cara turunkan berat badan alami tanpa efek samping:

Perbanyak konsumsi protein

Protein menjadi nutrisi yang sangat dianjurkan untuk anda konsumsi dalam jumlah banyak. Terutama bagi anda yang sedang menjalankan diet sehat. Sebaliknya, anda dianjurkan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat. Ini karena ketika tubuh anda mengolah protein, saat itu juga tubuh anda juga membakar kalori. Asupan protein ini bisa anda dapatkan dari sumber protein hewani seperti dada ayam tanpa lemak, telur, dan berbagai jenis ikan.

Perbanyak minum air putih

Cara turunkan berat badan secara alami berikutnya yakni dengan perbanyak konsumsi air putih. Selain dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh, mengonsumsi air putih sebelum makan juga dapat membuat anda mudah kenyang. Dengan mengonsumsi banyak air putih, anda pun akan merasa kenyang lebih lama.

Perbanyak konsumsi serat

Selain protein, ketika menjalankan diet anda juga dianjurkan untuk konsumsi makanan yang kaya serat. Hal ini karena serat dapat berguna untuk melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Sumber serat alami ini bisa anda dapatkan dari berbagai macam sayur maupun buah, seperti apel, pear, dan lain sebagainya.

Kurangi konsumsi makanan dan minuman dengan gula tambahan

Makanan dan minuman dalam kemasan umumnya merupakan makanan yang tinggi garam dan tinggi gula. Karenanya, jenis makanan tersebut adalah makanan yang wajib anda hindari. Terutama bagi anda yang sedang menjalankan diet. Di antara makanan dan minuman tersebut adalah jus dan kopi dalam kemasan, donat, dan lain sebagainya. Sehingga cara turunkan berat badan berikutnya yakni dengan kurangi konsumsi makanan-minuman tersebut.

Kurangi kebiasaan ngemil

Untuk mempercepat proses penurunan berat badan, anda wajib untuk mengurangi kebiasaan ngemil. Sebab akan sia-sia saja berbagai usaha yang anda lakukan untuk diet jika anda tidak bisa menghilangkan kebiasaan yang satu ini. Alternatif cara yang bisa anda lakukan untuk hilangkan kebiasaan ngemil yakni dengan konsumsi air putih sebelum dan sesudah makan. Sebab cara ini diklaim sangat efektif untuk membuat anda kenyang lebih lama.

Ganti makanan berat ke makanan 0 kalori

Kebiasaan ngemil memang bisa menjadi salah satu sebab gagalnya program diet yang anda lakukan. Namun jangan khawatir, sebab ada alternatif yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kebiasaan tersebut. Cara turunkan berat badan tersebut yakni dengan mengganti camilan anda dengan makanan 0 kalori, seperti seledri, apel, dan lain sebagainya.

Gemarlah berolahraga

Dan cara menurunkan berat badan alami yang terakhir adalah dengan rutin berolahraga. Sebab selain dapat membakar kalori tubuh, hormon endorfin yang dihasilkan ketika anda berolahraga akan memberikan rasa bahagia. Tentu cara ini sangat bermanfaat bagi anda yang sering melampiaskan emosi dengan makan. Sebaliknya, kebiasaan anda yang baru ini akan membuat anda lebih sehat.

Masih banyak cara turunkan berat badan alami yang bisa anda lakukan. Namun, mengingat kunci keberhasilan diet adalah konsisten, maka usaha tersebut tidak akan menghasilkan jika dilakukan dalam tempo waktu tertentu saja.

Post a comment for "7 Cara Turunkan Berat Badan Secara Alami"

Berlangganan via Email