Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Makanan Diet Batu Ginjal, Bisa Mengurangi Gejala yang Anda Derita

Qsehat.com - Makanan diet batu ginjal adalah pola hidup yang paling tepat bagi penderita batu ginjal. Penyakit batu ginjal disebabkan oleh asupan gizi makanan yang salah dan tidak seimbang. Makanan yang dikonsumsi oleh penderita sebagian besar mengandung banyak purin sehingga timbul penyakit tersebut. Karena itu, pengidap batu ginjal harus mengikuti pola makan diet batu ginjal.

Tidak semua makanan dapat dikonsumsi oleh pasien penderita batu ginjal. Mereka harus menyeimbankan gii yang masuk kedalam tubuhknya.terlebih makanan yang mengandung purin. Nah, kali ini saya akan membahas terkait dengan makanan yang diperbolehkan untuk penderita batu ginjal.
diet batu ginjal
diet batu ginjal
Inilah 6 Makanan yang Cocok untuk Diet Penderita Batu Ginjal

Beberapa makanan yang cocok dikonsumsi penderita batu ginjal sebagai makanan diet batu ginjal diantaranya adalah:

Kubis

Salah satu makanan yang diperbolehkan untuk penderita batu ginjal adalah kobis. Kobis dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit di ginjal terutama batu ginjal. Selain itu, kubis juga dapat mencegah penyakit lain seperti kanker. Namun, kobis tidak cocok bagi orang yang memiliki penyakit asam lambung.

Hal ini dikarenakan kubis memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin c, vitamin k sehingga serat yang tinggi sehingga baik bagi diet batu ginjal. Pengolahan sayur kubis juga harus diperhatikan karena kubis sebaiknya hanya dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Pengolahan kubis dengan digoreng tidak dianjurkan.

Kembang kol

Selain kubis, kembang kol juga merupakan makanan yang diperbolehkan untuk penderita batu ginjal. Sayuran kembang kol ini akan mengurangi dan menegak oksidasi serta peradangan pada batu ginjal. Sehingga, ginjal pada tubuh akan berfungsi dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit termasuk batu ginjal.

Kembangkon cook bagi makanan diet pasien batu ginjal karena kembangkol memiliki berbagai kandungan baik di dalamnya. Kandungan senyawa baik dalam kembang kol diantaranya yaitu vitamin k, vitamin c, vitamin b6 dan berbagai senyawa lain seperti potassium dan asam folat. Kembang kol juga kaya akan serat.

Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan zat antioksidan yang tinggi, sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama pada ginjal karena akan mencegah peradangan ginjal. Bawang putih termasuk dalam makanan yang diperbolehkan untuk penderita batu ginjal karena dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan.

Anda bisa mengolah bawang putih sebagai makanan diet batu ginjal dengan cara mencampurkannya ke dalam makanan yang akan dikonsumsi. Selain itu, jika anda tahan dengan rasa dan bau bawang putih, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung. Jenis bawang putih yang baik bagi kesehatan adalah bawang lanang.

Wortel

Wortel mengandung nutrisi yang sangat baik dalam pengontrolan gula darah didalam tubuh. Maka dari itu, wortel masuk kedalam makanan yang diperbolehkan untuk penderita batu ginjal karena penyakit diabet yang disebabkan oleh tingginya kadar gula darah adalah penyebab utama penyakit ginjal.

Makanan diet pasien batu ginjal yang berbahan dasar wortel  bisa diolah menjadi sup yang dicampurkan dengan sayuran lainnya. Selain itu, jus wortel juga bisa dijadikan alternatif lain. Jangan lupa tambahkan sedikit gula rendah kalori agar terasa lebih enak dan nikmat ketika diminum. Wortel juga baik bagi kesehatan mata kita.

Bawang bombay

Selain bawang putih, jenis bawang lainnya yang masuk dalam makanan yang diperbolehkan untuk penderita batu ginjal adalah bawang bombay. Bawang bombay berkhasiat sebagai mengurangi zat yang dapat mengurangi kekentalan darah. Sehingga bisa memudahkan kinerja ginjal kita.

Bawang bombay baik bagi makanan diet batu ginjal karena memiliki antioksidan yang tinggi di dalamnya. Nantinya, antioksidan yang terdapat di dalam bawang bombay ini yang akan membantu mencegah pengkristalan dalam ginjal yang dapat menyebabkan penyakit batu ginjal.

Lobak

Lobak merupakan sayuran jenis umbi umbian yang sangat mirip dengan wortel. Makanan yang diperbolehkan untuk penderita batu ginjal  ini memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya seperti kalsium, natrium, zat besi, vitamin c, vitamin k hingga vitamin b yang juga akan sangat bermanfaat bagi bagian tubuh lain.

Kandungan yang terdapat dalam lobak dapat membantu penderita penyakit ginjal untuk membersihkan racun racun yang terdapat di dalam ginjal. Tak hanya itu, mengkonsumsi makanan diet pasien batu ginjal dari lobak juga akan menghambat infeksi pada ginjal.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa digunakan sebagai bahan makanan diet batu ginjal. Anda bisa mencari beberapa rekomendasi makanan lain yang dapat dipadukan dengan makanan tersebut.

Post a comment for "6 Makanan Diet Batu Ginjal, Bisa Mengurangi Gejala yang Anda Derita"

Berlangganan via Email