Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Langkah Mudah untuk Merasakan Tidur Berkualitas

6 Langkah Mudah untuk Merasakan Tidur Berkualitas – Hal ini harus dipahami dengan baik. Pasalnya, tidur bukan hanya sebagai cara untuk mengembalikan energi saja. Lebih dari itu, tidur juga memengaruhi suasana hati, kesehatan, hinga berat badan. Sebab saat tidur, di dalam tubuh akan terjadi proses regenerasi, yaitu sel-sel yang sudah rusak digantikan dengan yang baru. Lantas, bagaimanakah cara untuk merasakan tidur yang kualitas?

tidur berkualitas

Langkah-langkah untuk Tidur Berkualitas

Tidur itu kesannya sangat mudah untuk dilakukan, tinggal pergi ke kasur dan memejamkan mata. Namun faktanya, tidak semua orang dapat merasakan tidur yang berkualitas. Ada orang yang setiap hari tidur selama 8 jam, tetapi saat bangun merasa kurang bugar. Jika dilihat dari segi kuantitas, jangka waktu tersebut sudah termasuk cukup. Lantas, kenapa ia masih merasa tidak bugar?

Penyebabnya adalah orang tersebut tidak mendapatkan tidur yang berkualitas. Setidaknya, ada tiga elemen penting dalam tidur berkualitas, yaitu durasi (lama tidur), kontinuitas (kelangsungan tidur), dan kedalaman. Cara paling mudah untuk melihat tidur sudah berkualitas atau belum adalah melalui mimpi. Sebab, orang yang bermimpi biasanya sudah mengalami 4x pergantian fase REM atau rapid eye movement. Jika hal ini belum dapat dirasakan, coba lakukan langkah-langkah mudah berikut ini :

Jadwal Tidur

Buatlah jadwal tidur yang rutin di setiap harinya, minimal 6 sampai 8 jam. Namun, jika hanya memiliki waktu tidur selama 3jam, maka pergilah tidur sebelum jam 12 malam. Karena saat itu, tubuh akan melakukan pengoptimalan metabolisme tubuh dan meregenerasi sel-sel. Jika fase ini terlewati begitu saja, bukan tidak mungkin akan menimbulkan dampak pada keseimbangan dan kesehatan tubuh.

Pemilihan Kasur

Jangan pernah pelit untuk membeli sebuah kasur. Meski hanya terlihat sebagai fasilitas, ternyata kasur juga memengaruhi tidur berkualitas. Saat tubuh dapat tidur dengan rileks dan nyaman, maka peredaran darah menjadi lebih lancar. Oleh karena itu, pilihlah kasur yang dapat menopang tubuh dengan baik. Jika dirasa tingkat kenyamanannya sudah berkurang, segera ganti kasur dengan yang baru.

Matikan Lampu

Selain membantu cepat terlelap, tidur dengan keadaan gelap juga memiliki banyak manfaat. Seperti jam biologis tubuh dapat berjalan dengan baik, meminimalisir risiko kanker, depresi, jantung, hingga berat badan. Selain itu, saat gelap tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang berfungsi sebagai anti penuaan. Oleh karena itu, biasakan untuk tidur dengan suasana gelap atau minimal remang-remang.

Hindari Perangkat Elektronik

Untuk menciptakan tidur berkualitas, berusahalah untuk membebaskan kamar dari perangkat elektronik, seperti televisi, komputer, laptop, maupun ponsel. Sebab, benda-benda tersebut akan menghasilkan cahaya biru yang dapat merangsang mata untuk tetap terjaga. Selain itu, blue light juga dapat mengurangi keintiman dengan keluarga, menimbulkan perasaan cemas, hingga gangguan pada sel otak.

Olahraga

Siapa bilang, olahraga hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan? Faktanya, selain memperlancar peredaran darah dan metabolisme tubuh, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas tidur, lho. Setelah melakukan olahraga, tubuh akan merasa lelah, sehingga butuh waktu untuk mengembalikan energi. Dalam keadaan inilah yang membuat tidur terasa menjadi lebih berkualitas.

Hindari Asupan Kafein

Bagi yang memiliki sensivitas terhadap kafein, lebih baik kurangi atau hindari untuk mengonsumsinya saat mendekati waktu tidur. Karena kafein termasuk dalam kategori stimulan yang dapat membuat tubuh lebih lama terjaga dan sulit terlelap. Tidak hanya kopi, minum teh pun tidak disarankan. Pasalnya, minuman ini juga dapat memicu hasrat buang air kecil lebih sering, sehingga tidur berkualitas pun terganggu.

Nah, demikianlah 6 langkah mudah untuk merasakan tidur berkualitas. Sudahkah merasakannya? Jika belum, maka segera praktikkan cara-cara di atas. Karena dalam tidur yang berkualitas, ada beragam manfaat yang dapat dirasakan. Semoga bermanfaat dan tetap terapkan pola hidup yang sehat.

Post a comment for "6 Langkah Mudah untuk Merasakan Tidur Berkualitas"