Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Obat Sakit Gigi Alami yang Bantu Kurangi Nyeri

5 Obat Sakit Gigi Alami yang Bantu Kurangi Nyeri. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit gigi. tentu salah satunya adalah dengan merawat kesehatan gigi dan mulut. Perawatan bukan hanya dengan rajin menyikat gigi, namun juga dengan hindari makanan penyebab sakit gigi dan rutin memeriksakan gigi.

Namun, tidak jarang dengan perawatan tersebut tidak dapat menghindarkan Anda dari sakit gigi. Ini karena bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gigi berlubang, gigi patah, hingga tumbuhnya gigi baru. Jika sudah demikian, maka yang bisa Anda lakukan adalah memberikan penanganan terbaik. Sementara itu, yang umum dilakukan untuk menangani sakit gigi adalah memberikan obat-obatan.

obat sakit gigi alami

5 Obat Sakit Gigi Alami yang Bantu Kurangi Nyeri

Akan tetapi, sebelum memberikan obat nyeri yang bisa anda beli di apotek maupun obat yang diberikan dokter, anda bisa melakukan penangan pertama dari rumah. Penanganan ini dengan mengandalkan obat sakit gigi alami yang bisa dengan mudah Anda temukan. Berikut ini adalah beberapa obat alami yang bisa anda gunakan sebagai pertolongan pertama:

Bawang putih

Jika selama ini anda hanya mengenal bawang putih sebagai bumbu penyedap masakan, maka anda salah besar. Ini karena turun temurun bawang putih sudah dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi yang ampuh redakan nyeri. Manfaat bawang putih ini bukan lain berasal dari kandungan allicin yang dikeluarkan dengan mengunyah dan meletakkannya pada gigi yang sakit.

Jahe

Penanganan sakit gigi secara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan jahe. Jika jahe seringkali digunakan sebagai obat untuk ketika masuk angin, ramuan jahe pun dapat anda gunakan untuk redakan nyeri sakit gigi. Ini karena jahe memiliki sifat sebagai obat antiinflamasi nonsteroid alami. Maka dari itu, jika mengalami sakit gigi tiba-tiba, anda dapat memanfaatkan jahe sebagai obat sakit gigi alami tanpa efek samping.

Kompres dengan air dingin

Obat sakit gigi berikutnya adalah mengompres air dingin. Caranya yakni dengan meletakkan air dingin dalam botol ke pipi Anda. Meski begitu, seringkali efek reda nyerinya hanya bertahan sebentar. Maka dari itu, pengompresan dengan air dingin sifatnya hanya meredakan nyeri untuk sementara waktu saja. Sedang jika nyeri sakit gigi tak kunjung membaik, wajib bagi anda segera kunjungi dokter gigi terdekat.

Kumur dengan air hangat

Tidak saja mengompres dengan air dingin, nyeri akibat sakit gigi juga dapat diredakan dengan berkumur menggunakan air hangat. Cara ini dianggap efektif untuk membunuh kuman-kuman penyakit yang sebabkan sakit gigi. Dan bukan itu saja, berkumur dengan air hangat juga dapat membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi. Sehingga jika anda tidak menemukan obat sakit gigi yang siap dikonsumsi, anda dapat memanaskan air dan menjadikannya sebagai obat sakit gigi alami.

Kumur dengan air garam

Dan penanganan pertama pada sakit gigi yang paling efektif adalah berkumur dengan air garam. Cara ini adalah cara yang paling banyak digunakan untuk hilangkan nyeri sakit gigi. Selain karena sangat mudah dicari, garam juga diklaim efektif untuk membunuh kuman-kuman penyakit. Karenanya, tidak sedikit orang mengandalkan air garam untuk redakan bahkan hilangkan riyeri sakit gigi.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, obat sakit gigi alami ini bisa anda buat dengan menggunakan air hangat. Caranya yakni dengan melarutkan setengah sendok garam dapur pada 250 ml air hangat. Sangat mudah, bukan?

Umumnya, obat sakit gigi alami sebagai penanganan pertama ini bertujuan untuk meredakan nyerinya. Jika dengan memberikan penangan pertama tersebut tidak memberikan hasil apa-apa, maka segera konsultasikan gigi anda pada ahlinya.

Post a comment for "5 Obat Sakit Gigi Alami yang Bantu Kurangi Nyeri"

Berlangganan via Email