Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Manfaat Olahraga Sehat Bagi Ibu Hamil

5 Manfaat Olahraga SehatBagi Ibu Hamil. Olahraga memang merupakan suatu kebutuhan yang hampir semua dari Anda wajib melakukannya. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dianjurkan minimal seminggu 2x Anda melakukan gerak tubuh. Apalagi bagi Anda yang sedang mengandung sangat wajib untuk berolahraga. Olahraga juga banyak macamnya, apalagi bagi ibu hamil tidak semua olahraga dapat dilakukan mengingat kondisi tubuh yang tidak mungkin untuk menjalankan olahraga keras, Anda harus pintar memilih jenis olahraga apa saja yang dapat dijadikan kegiatan.

Banyak sekarang aplikasi bahkan tutorial di youtube tentang bagaimana seseorang yang sedang hamil melakukan olahraga dengan baik dan benar. Ini juga akan memberikan manfaat yang positif jika kegiatan olahraga ini dilakukan sesuai dengan aturan. Tidak hanya aturan Anda juga harus mengerti dan paham apa saja yang boleh dan apa saja yang tidak boleh dilakukan pada saat seseorang sedang hamil namun tetap melakukan olahraga. Tentunya hal ini perlu di konsultasikan kepada dokter kandungan Anda yang lebih tahu kondisi kesehatan tubuh.

olahraga sehat untuk ibu hamil

Manfaat Segudang Dengan Olahraga Sehat Bagi Ibu Hamil

Dengan tetap memperhatikan kesehatan pada tubuh Anda dan berkonsulatasi tentang olahraga yang baik digunakan dan cocok untuk dilakukan bagi Anda. berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga sehat untuk ibu hamil, simak ulasanya sebagai berikut.

Mengurangi Resiko Komplikasi Kehamilan

Menurut beberapa penelitaian menyebutkan jika ibu hamil yang dengan rutin melakukan atau mengikuti senam kehamilan akan cenderung lebih rendah mengalami diabetes gestasional dan resiko yang sangat kecil untuk operasi Caesar yang tidak diencanakan. Dari pada beberapa kasus yang memang ibu hamil tidak pernah atau sama sekali jarang melakukan gerak tubuh.

Komplikasi Persalinan Lebih Rendah

Pada ibu hamil yang melakukan olahraga sehat untuk ibu hamil selama minimal 3 kali dalam seminggu ini juga dapat menekan angka kenaikan badan, bukan berarti tidak sehat jika tidak terjadi kenaikan berat badan namun berat badan yang naik masih tetap terkontrol. Ini juga sangat membantu untuk mengurangi obesitas atau kelebihan berat badan yang nantinya juga akan berdampak pada kesehatan calon buah hati. Untuk itu bagi ibu hamil tetap disarankan untuk tetap melakukan gerak tubuh meskipun intensitas kecil.

Menurunkan Tekanan Darah

Kenaikan tekanan darah ini juga harus diwaspadai bagi ibu hamil. Namun jangan khawatir dengan berolahraga secara rutin dapat juga membantu tekanan darah untuk tetap stabil. Karena seperti yang kita tahu jika tekanan darah naik dan jika parah dapat menyebabkan preeklampsia. Untuk itu sangat dianjurkan bagi ibu hamil meskipun hanya dengan berjalan kaki saja dapat dijadwalkan dengan rutin, karena dengan berjalan kaki dapat membantu menekan tekanan darah dan membuat fungsi kerja jantung lebih sehat.

Meringankan Sakit Pinggang dan Panggul

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan ini akan membuat bentuk perut dan tubuh semakin tidak terkontrol. Dan pastinya dengan perut yang semakin membesar ini menekan bagian bawah panggul, jika Anda ibu hamil yang jarang melakukan gerak tubuh nyeri pinggang dan panggul akan semakin nyeri, namun hal ini diatasi dengan melakukan olahraga sehat untuk ibu hamil.

Meringankan Sembelit

Masalah sembelit kadang menghampiri bagi ibu hamil namun jika Anda aktif bergerak hal ini juga akan membantu melancarkan sitem pencernaan. Karena dengan aktif bergerak juga akan membantu mendorong pergerakan usus besar hal ini yang menyebabkan Anda akan terhindar dari sembelit.

Dari berbagai manfaat yang didapat dengan rajin dan rutin olahraga sehat untuk ibu hamil ini juga akan membuat Anda dapat menikmati hari -hari selama kehamilan dengan enjoy dan pastinya juga calon buah hati juga akan merasakan rasa sama seperti apa yang dirasakan ibunya. Jadi tidak ada mager bagi ibu hamil, tetap jaga kesehatan dan jangan lupa olahraga.

 

 

Post a comment for "5 Manfaat Olahraga Sehat Bagi Ibu Hamil"