Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 MANFAAT LIDAH BUAYA, TANAMAN OBAT-OBATAN POPULER DI INDONESIA

5 manfaat lidah buaya, tanaman obat-obatan populer di Indonesia - Aloe vera merupakan tanaman tanpa batang ataupun berbatang pendek, dengan besar sampai 50–90 centimeter serta bisa berkembang biak dengan tunas. Daunnya berdaging tebal, berwarna hijau, dan sebagian varietas memiliki bintik putih pada permukaan batangnya. Pinggir daunnya berbentuk serrata (seperti gergaji) dengan gerigi putih kecil. Setiap bunga lidah buaya berposisi menggantung, dan mahkotanya berbentuk menyerupai tabung sepanjang 1–3 cm. Seperti spesies-spesies lidah buaya lainnya, lidah buaya membentuk simbiosis mikoriza arbuskula dengan  jamur, sehingga meningkatkan ketersediaan mineral dari tanah.

Daun Aloe vera mengandung banyak senyawa dan molekul fitokimia yang sedang diteliti bioaktivitasnya, seperti senyawa manan terasetilasi, polimanan, dan senyawa antrakuinon lain seperti emodin dan senyawa lektin. Belakangan ini banyak kita jumpai obat-obat dengan bahan kimia yang justru memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Sedangkan, banyak tumbuhan alami yang ada disekitar lingkungan anda dan bisa dijadikan sebagai obat herbal. Salah satu diantaranya adalah aloe vera atau yang disebut lidah buaya.

tanaman obat-obatan populer di Indonesia

5 MANFAAT LIDAH BUAYA, TANAMAN OBAT-OBATAN POPULER DI INDONESIA

Mempercepat proses penyembuhan luka bakar

Kebanyakan orang sering memakai lidah buaya atau aloe vera sebagai obat yang langsung digosokkan ke kulit. Lidah buaya mempunyai sejarah panjang sebagai tanaman obat-obatan populer di Indonesia dalam mengobati luka, terlebih luka bakar. Benarkah? Studi menunjukkan bahwa lidah buaya memang bisa menjadi alternatif pengobatan yang efektif bagi luka bakar tingkat satu. Tanaman ini juga membantu mencegah kemerahan, gatal kuit, dan infeksi ringan.

Menurunkan kadar gula darah

mengkonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Sebuah kajian dari lima studi menemukan bahwa lidah buaya dapat memberi manfaat bagi orang-orang dengan prediabetes atau diabetes tipe 2 karena efeknya pada kontrol glikemik. Ini membuat lidah buaya punya kesempatan sebagai obat diabetes. walaupun demikian, konsumsi lidah buaya bersamaan dengan obat diabetes tidak dianjurkan karena dapat menurunkan gula darah pada level yang berbahaya.

Mengobati jerawat

Salah satu manfaat lidah buaya sebagai tanaman obat-obatan populer di Indonesia yang diperuntukkan untuk kulit wajah adalah mengobati jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi, sehingga baik untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang. Untuk mendapatkan kasiatnya, Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya ke bagian yang berjerawat, sebanyak tiga kali sehari menggunakan kapas atau cotton bud.

melembapkan badan

Kulit membutuhkan pelembap yang dapat menjaga kesehatan kulit. Dengan menggukan lidah buaya yang memiliki kandungan zat polisakarida dan sterol, anda bisa menjaga dan mempertahankan kelembapan kulit. Gel lidah buaya dapat diserap dengan mudah oleh kulit, sehingga baik untuk kulit yang berminyak. Namun, ternyata tanaman ini juga baik untuk kulit kering. Anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai pelembap, tepatnya setelah mandi

membantu menjaga dan merawat kesehatan rambut

dipasaran, ada banyak produk perawatan rambut yang menggunakan aloe vera sebagai bahan dasarnya. Hal ini disebabkan karena lidah buaya yang terkenal sebagai tanaman obat-obatan populer di Indonesia dapat membantu menjaga kehitaman rambut, menguatkan akar rambut, menghilangkan ketombe, memberikan kilau rambut, dan mencegah rambut rontok. Anda juga bisa mencoba khasiat tumbuhan aloe vera ini dengan cara mengolahnya sendiri. Caranya yaitu dengan mengambil getah atau gel dari lidah buaya, dan jadikan gel lidah buaya itu untuk masker pada rambut anda.

Sebagai tanaman obat-obatan populer di Indonesia lidah buaya menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin mencari obat tradisional. Selain mudah ditemui tanaman ini sangat berkhasiat bagi tubuh.

 

Post a comment for "5 MANFAAT LIDAH BUAYA, TANAMAN OBAT-OBATAN POPULER DI INDONESIA"

Berlangganan via Email