Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Olahraga Sehat Saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar

5 Jenis Olahraga Sehat Saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar - Jangan jadikan puasa sebagai penghalang olahraga ya, karena ada yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar.  Saat puasa rata-rata orang cenderung takut untuk melakukan olahraga karena berkurangnya karbohidrat yang masuk pada siang hari. Padahal saat berbuka puasa makanan yag masuk ke dalam perut melebihi porsi biasanya. Sehingga membuat timbangan bergeser ke kanan. Puasa, kok makin gendut? Pertanyaan yang terasa menohok, ya. Nah, di sini penulis akan berbagi tips olahraga yang aman saat puasa.

Sebenarnya apa sih olahraga yang tetap aman saat puasa itu? Barangkali hal tersebut juga terlintas di kepala Anda, bingung mau olahraga apa yang tetap aman dan tidak membuat dehidrasi. Olahraga merupakan salah satu usaha agar tubuh tetap sehat. Selain itu, olahraga juga bisa membantu menjaga kestabilan berat badan saat puasa. Lantas bagaimana saat puasa? Apakah jadi penghalang? Sebaiknya jangan. Meskipun puasa tubuh tetap harus kita jaga. Dengan melakukan olahraga ringan saat puasa.  Untuk mengetahui apa saja olahraga yang sehat dan aman saat puasa silakan baca penjelasan di bawah ini:

olahraga sehat saat puasa

5 Jenis Olaharaga yang Aman Dan Sehat Saat Puasa

Jogging

Jogging merupakan salah satu olahraga sehat saat puasa yang cukup ringan dan digemari banyak orang. Selain mudah, jenis olahraga ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesahatan jantung. Saat jogging maka kerja sistem jantung pun dapat optimal, sirkulasi darah meningkat serta mampu mencegah serangan jantung dan stroke. Lakukan kegiatan ini selama 10-20 menit. Mengitari lapangan atau komplek setelah sahur atau sore hari sebelum berbuka puasa. Cukup tiga kali dalam seminggu.

Jalan Santai

Olahraga ringan selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat puasa adalah jalan santai. Jalan santai terlihat sepele, namun jangan diremehkan. Jalan santai bisa mengurangi stres lho. Mengurangi penyakit asma serta dapat meningkatkan kreativitas. Melakukan jalan santai saat puasa dapat mengurangi penyakit kronis dan sekaligus dapat menurunkan berat badan. Manfaat lain dari jalan santai yaitu untuk menjaga kesehatan jantun dan otot tulang belakang. Jalan santai bisa Anda lakukan 15-30 menit menjelang berbuka puasa. Agar nantinya setelah tubuh merasa lelah tidak menunggu waktu lama untuk mengisi energi.

Bersepeda

Olahraga paling asyik adalah bersepeda. Selain santai namun juga menyenangkan, manfaat olahraga sehat saat puasa jenis ini mempunyai manfaat utama menyehatkan organ jantung dan mengencangkan otot tubuh. Selain itu, bersepeda saat puasa dapat menghindarkan tubuh dari kondisi lemas, membantu melancarkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh serta dapat mengurangi stres tentunya. Olahraga ini bisa Anda lakukan ketika waktu luang menjelang berbuka puasa selama 30 menit.

Naik Turun Tangga

Olahraga yang satu ini lebih simpel dari olahraga sebelumnya karena cukup naik turun tangga dan hal tersebut bisa Anda lakukan di dalam rumah. Olahraga naik turun tangga  bisa diterapkan saat melakukan ibadah puasa. Dengan melakukan aktivitas ini, mampu menurunkan kalori dalam tubuh. Lakukan selama kurang lebih 10 menit menjelang berbuka puasa.

Yoga

Yang terakhir olahraga ringan yang bisa Anda lakukan saat puasa adalah yoga. Yoga adalah salah satu cabang olahraga yang memberikan kesehatan tubuh dan ketenangan pikiran. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan yoga sebanyak dua kali dalam seminggu dapat meringankan bengkak dan gejala penyakit sendi. Selama menjalankan ibadah puasa yoga dapat dilakukan setiap pagi dan menjelang berbuka puasa selama 45 menit. Nah, olaharga sehat saat puasa yang satu ini bisa menjadi solusi olahraga saat menjalankan ibadah puasa.

Untuk menjaga tubuh tetap stamina saat berpuasa pilihlah olahraga yang ringan. Di atas sudah disebutkan beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan saat berpuasa. Namun perlu diingat bahwa olahraga sehat saat puasa dapat Anda lakukan dengan catatan lakukan sesuai intensitas dan berhati-hati supaya tidak bepotensi menimbulkan dehidrasi.

 


Post a comment for "5 Jenis Olahraga Sehat Saat Puasa Agar Tubuh Tetap Bugar"