Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Lakukan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda

5 hal yang harus diperhatikan saat lakukan olahraga sehat untuk ibu hamil muda. Banyak manfaat yang bisa didapatkan ibu hamil dengan melakukan olahraga. Inilah yang kemudian membuat aktivitas ini sangat dianjurkan selama masa kehamilan. Selain supaya tetap fit sepanjang hari, olahraga juga bisa mengatasi nyeri punggung dan nyeri tulang ekor yang sering dikeluhkan ibu hamil.

Akan tetapi yang perlu ibu hamil tahu, tidak semua jenis olahraga boleh dilakukan olah ibu hamil. Ini tentunya menimbang berbagai risiko yang mungkin muncul dengan melakukan olahraga tersebut. Umumnya, ibu hamil tidak disarankan untuk melakukan olahraga berat tapi boleh melakukan olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga.

olahraga sehat untuk ibu hamimuda 

Perhatikan 5 Hal ini Saat Lakukan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda

Berikut ini adalah 5 hal yang harus diperhatikan saat lakukan olahraga sehat untuk ibu hamil muda.

Pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter

Tidak hanya makanan, olahraga yang ibu hamil lakukan pun sebaiknya telah dikonsultasikan dengan dokter. Ini karena dokter kandunganlah yang tahu bagaimana kondisi anda dan janin. Dengan demikian, dokter akan menyarankan jenis olahraga dan apa-apa saja yang perlu ibu hamil perhatikan ketika melakukan olahraga. Hal ini tentunya disesuaikan dengan kemampuan ibu dan untuk kesehatan kandungan.

Pahami sinyal yang diberikan tubuh ketika olahraga

Olahraga sehat untuk ibu hamil muda merupakan kegiatan yang menyehatkan tubuh. Meski begitu, pada kondisi tertentu tubuh akan beri sinyal pada ibu hamil berhenti olahraga. Umumnya, kondisi ini muncul karena ketidakmampuan tubuh beradaptasi dengan olahraga yang dilakukan maupun respon yang diberikan si janin. Pusing dan pandangan kabur, misalnya, akan mengisyaratkan ibu hamil untuk beristirahat dan konsumsi air putih.

Hindari melakukan olahraga di tempat dan cuaca panas

Selain memperhatikan jenis olahraga yang dilakukan, ibu hamil juga harus memperhatikan suasana dan kondisi tempat ia melakukan olahraga. Yoga, misalnya, olahraga yang sangat baik untuk melatih pernafasan ini adalah olahraga yang baik untuk kesehatan janin. Meski begitu, melakukan yoga di tempat yang panas bisa membuat ibu hamil lebih cepat lelah dan dehidrasi. 

Hindari olahraga berat dan lakukan olahraga ringan sesuai kemampuan

Olahraga sehat untuk ibu hamil muda memang memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. di antaranya yakni karena tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang membuat ibu selalu menampilkan aura positif, dapat menghindari stress, dan dapat membuat ibu hamil bisa tidur nyenyak. Meski begitu, olahraga yang berat bagi ibu hamil dapat membawa dampak yang buruk bagi kehamilan.

Salah satu dampak melakukan olahraga berat yakni bisa menurunkan produksi hormon esterogen dan progesteron dalam tubuh. Sementara itu, ibu hamil disarankan untuk melakukan olahraga ringan saja seperti pilates, renang, maupun yoga khusus untuk ibu hamil. Rentang waktu olahraga pun dibatasi, tidak boleh lebih dari satu jam dalam sehari.

Olahraga dilakukan dengan pemanasan dan perenggangan cegah cedera

Pemanasan dan pendinginan seringkali dianggap sepele dan ditinggalkan ketika olahraga sehat untuk ibu hamil muda. Padahal pemanasan kedua langkah ini adalah langkah yang bertujuan untuk melemaskan ott dan mengembalikan ketegangan otot sesudah olahraga. Melakukan perenggangan dan relaksasi ini akan membuat ibu hamil terhindari dari cedera karena otot-otot yang kaku.

Pada dasarnya olahraga merupakan kegiatan positif yang banyak manfaatnya bagi ibu hamil dan kandungan. Meski begitu, 5 hal di atas harus diperhatikan ketika melakukan olahraga sehat untuk ibu hamil muda. sebab alih-alih mendapat manfaat dari berolahraga, kecerobohan dengan tidak memperhatikan 5 hal tersebut dapat membahayakan tubuh ibu hamil muda.

 

Post a comment for "5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Lakukan Olahraga Sehat untuk Ibu Hamil Muda"

Berlangganan via Email