Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Mengobati Tremor Secara Alami dengan Hidup Sehat Ini!

qsehat.com - Cara mengobati tremor banyak dicari para pengidap tremor, terutama jika pengobatan tanpa memerlukan operasi dan pembelian obat yang mahal. Tremor merupakan sebuah penyakit yang sangat mengganggu aktivitas karena menyebabkan tubuh bergetar mulai dari tangan, bahu bahkan seluruh tubuh.

Dalam beberapa kasus, cara mengatasi tremor di usia muda bisa dilakukan dengan cara mengubah pola hidup menjadi yang lebih baik dan sehat. Pengubahan pola hidup ini sangat mempengaruhi bagaimana penyembuhan tremor selain dengan konsumsi obat yang diberikan dokter syaraf kepada anda.

Cara mengobati tremor
Cara mengobati tremor
Inilah Cara Mengatasi Tremor Secara Alami yang Ampuh

Beberapa cara mengobati tremor dengan pengubahan pola hidup anda diantaranya yaitu:

1. Relaksasi 

Relaksasi merupakan sebuah kegiatan yang akan mengistirahatkan dan menenangkan otot otot syaraf pada tubuh sehingga otot tidak tegang lagi. Cara mengatasi tremor dengan relaksasi bisa sedikit membantu untuk mengurangi  getaran pada anggota tubuh anda.

Anda bisa melakukan relaksasi dengan mengambil napas dalam-dalam melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut. Pernapasan akan membuat saraf parasimpatetik terstimulasi dan anda akan mengalami rilex.

2. Pemijatan Tubuh

Jika anda tidak mau atau ingin mengurangi mengkonsumsi obat tremor di apotik, cobalah anda melakukan pemijatan pada beberapa bagian tubuh anda. pemijatan ini dilakukan dengan tujuan agar syaraf syaraf dalam tubuh anak tidak tegang. Teknik pemijatan bisa menjadi cara mengobati tremor asalkan dilakukan dengan tepat.

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa pemijatan beberapa bagian tubuh dapat mengurangi getaran yang disebabkan oleh tremor parkinson. Dalam sebuah penelitian tersebut getaran akan berkurang dengan pemijatan yang dilakukan di beberapa area seperti tangan, kaki dan kepala.

3. Kurangi Nikotin

Cara mengatasi tremor berikutnya adalah dengan mengurangi nikotin atau mengurangi rokok. Nikotin sudah sangat terkenal dengan pemicu berbagai macam penyakit di dalam tubuh termasuk tremor parkinson. Nikotin yang biasanya terkandung didalam rokok akan meningkatkan intensitas getaran dalam tubuh karena nikotin merupakan zat stimulan.

Anda bisa sedikit demi sedikit mengurangi asupan nikotin ke dalam tubuh anda, agar tidak terjadi tremor yang lebih parah lagi. Ketika anda menghentikan konsumsi nikotin, biasanya tubuh akan mengalami getaran getaran kecil, namun ini tidak lama hanya sekitar 2 hingga 3 hari karena tubuh sedang penyesuaian.

4. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Berikutnya, cara mengobati tremor adalah dengan meningkatkan kadar gula darah jika rendah. Beberapa orang mengalami tremor dikarenakan tingkatan gula darah yang rendah. Padahal jika gula darah rendah tubuh akan lemas dan bergetar sehingga muncul tremor. Kabar baiknya, anda tidak perlu mengkonsumsi obat tremor di apotik untuk meningkatkan gula darah dalam tubuh.

Anda bisa mencoba memakan sebuah permen padat atau minum minuman yang mengandung gula tinggi seperti sari buah agar gula darah meningkat. Atau anda juga bisa mengkonsumsi makanan ringan seperti biskuit, roti gandum, roti isi selai, coklat dan beberapa makanan ringan lainnya 1 jam sebelum jadwal makan anda.

5. Batasi Konsumsi Kafein

Cara mengobati tremor yang terakhir yaitu dengan cara membatasi konsumsi kafein dari kopi, minuman energi, minuman bersoda dan beberapa minuman berkafein lain. Mengkonsumsi minuman yang memiliki kadar kafein akan menyebabkan getaran pada tubuh anda akan semakin sering.

Maka dari itu, pembatasan konsumsi kafein ini harus dilakukan dengan baik agar intensitas getaran berkurang dan tremor sembuh. Anda bisa mengkonsumsi kopi yang bebas kafein atau mengganti kopi dengan teh, anda juga harus mengurangi minuman berenergi da yang mengandung soda tinggi.

Itulah beberapa cara mengobati tremor, sebaiknya anda menanyakan kepada dokter apa penyebab tremor yang anda alami terlebih dahulu. hal ini bertujuan agar pengobatan tremor bisa terpusat dan langsung terasa.

Post a comment for "5 Cara Mengobati Tremor Secara Alami dengan Hidup Sehat Ini!"